Masuk Musim Pancaroba: Waspada Flu dan Demam


Sekarang, sudah masuk musim pancaroba. Perubahan cuaca berganti sangat ekstrim. Maka emak-emak harus waspada flu dan demam yang terjadi pada anak. Apalagi jika si anak sekolah sedang pada Ulangan Semester Ganjil (UAS).

Tubuh yang sebelum-sebelumnya sudah terbiasa dengan udara panas, perlu penyesuaian saat memasuki musim penghujan ini. Orang dewasa yang daya tahan tubuhnya sedang turun aja bisa juga langsung terserang flu, demam, dan juga batuk, apalagi anak-anak.

Waspadai Musim Pancaroba Terhadap Anak

Kena Gejala Flu Karena Kelelahan (Kurang Istirahat)

Kemaren, saya sempat agak merepet pada junior, badannya panas dengan sedikit agak batuk. Saya sebagai emak merasa gemes sendiri karena seharusnya badan anaknya ga perlu panas, kalau dia nurut kata emaknya.

Selasa sore, saat pulang sekolah, kepala dan baju si junior basah oleh hujan. Saya memintanya untuk langsung mandi, mengguyur seluruh tubuhnya dengan air hangat, kemudian ganti baju dengan yang bersih.

Dia hanya melepas baju atasannya saja, singlet dan lainnya tetap. Ia melakukan itu dengan alasan, ‘ntar aja’. Dia pun langsung main game.

Secara saya sebagai emak lagi *sok sibuk* juga dengan beberapa kegiatan, saya hanya merepet sebentar, tapi ga memaksa si anak untuk melakukannya.

Malam harinya, posisi tidur si junior langsung dengan badan meringkuk.

Emak yang memperhatikan, sedikit membathin, “ini anak, badannya kurang beres sepertinya nih”.

Tapi, lagi-lagi saya tidak mengambil tindakan dengan membangunkan si junior untuk minum madu. Biasanya, saya langsung akan membangunkan anak kalau posisi tidur dalam kondisi seperti itu, untuk minum madu yang dicampur air hangat.

Benar saja kejadian, pagi harinya, Junior bangun, mengeluh kepalanya pusing.

Saya raba badannya hangat.

Ga sekolah dong kemaren. Tapi, ga bisa main game juga, ga bisa nonton tv juga. Secara badan ga enak buat ngapa-ngapain. Wong tidur aja juga ga nyaman.

Karena sebagai emak saya tau penyebab demamnya, diantarnya masih menggunakan pakaian yang sudah basah oleh keringat bercampur air hujan, kemudian langsung main. Itu hanya salah satu pemicunya.

Sebelumnya, malam minggu dia juga begadang.
Hari Minggu dia berenang sampai capek, trus juga ga istirahat siang.

Maka tak heran kalau badannya Rabu pagi itu hangat.

Maka, tindakan yang saya lakukan adalah hampir sama dengan yang ditulisan sebelumnya di blog ini: cara mengatasi anak demam *monggo dibaca juga*.

  • Meminumkan air putih.
  • Meminumkan kapsul minyak zaitun dan habatussaudah @ 1 kapsul.
  • Memberi sarapan kesukaannya *pagi itu minta nasi goreng*, secukupnya. Tidak sampai kekenyangan.
  • Istirahat, dia tertidur lagi.
  • Dua jam setelahnya (sekitar pkl 8,30 WIB), kasih minuman agar-agar hangat *masaknya hanya dikasih sedikit gula dan garam*. Bisa diganti minuman kayak wedang jahe gitu, kalau anaknya suka.
  • Sekitar pukul 11 WIB, dikasih minum air jeruk *perasan dari 2 buah jeruk manis*.
  • Suhu badannya bertambah naik. Saya kompres dengan air hangat suam-suam kuku pada bagian kening, leher, dan ketiak.
  • Tawarin makan siang, anaknya ga mau. Tawarin apel yang diblender, dia mau. Blender 2 buah apel manalagi, dengan sedikit gula, garam dan air mineral dingin,  minumkan.
  • Istirahat, tertidur lagi. Sore sekitar pukul 15 sudah tidak mengeluh pusing.
    Setelah magrib, suhu badannya kembali normal. Makan sudah seperti biasa.
  • Esok paginya, sekitar pukul 4 sudah bangun. Subuhan. Sempat saya suruh jalan juga sebentar di depan rumah.
  • Kemudian dia mempersiapkan keperluan sekolah.
  • Berangkat ke sekolah seperti biasa.

Sebenarnya, untuk kasus anak demam yang disebabkan oleh kecapekan, pengaruh iklim pancaroba atau gejala flu, kalau segera ditangani dengan baik, suhu badan anak yang sempat naik akan turun kurang dari 24 jam.

Kalau mau batuk, tinggal batuknya. Jika mau pilek, pileknya akan keluar.

Caranya, para emak perlu meningkatkan daya tahan tubuh si anak dengan istirahat dan asupan makanan.

Masuk musim pancaroba begini ga perlu takut yang berlebihan atau merasa dihantui penyakit seperti demam, batuk, pilek, dan gejala flu.

Siap siaga dengan imun tubuh yang baik.
Seorang ibu adalah dokter pertama bagi anak dan keluarganya 🙂 .

27 comments

  1. bukan anak-anak aja, yang dewasa juga bisa kena. ibu saya kemaren sakit, lalu nenek minyu dan saya kena pilek. alhamdulillah, sekarang semuanya sudah sembuh

    Suka

    • Uni boleh 🙂

      Agar-agar putih powder biasa, kalau dimasak hanya air, gula dan sedikit garam, diminum saat angat *bukan didiamkan, dingin* rasanya mirip air tajin *air nasi itu*. Kalau lagi meriang, anak-anak bakal males ngunyah. Kalau itu kan tinggal kasih sedotan, seruput, beres 🙂

      Disukai oleh 1 orang

  2. Seminggu ini kena demam juga.
    Emang bener minum banyak air putih yg utama, minimal kalau lagi demam tambah 20% dari biasanya. Ditambah air kelapa lebih bagus. Kalau saya biasa pakainya kapsul sambiloto pas demam.
    Demamnya yg sekarang susah sembuh soalnya lagi PKL di kelurahan yg kantornya sebelahan sama sekolahan, jadi banyak jajanan yg kurang sehat namun bikin lapar mata.

    Suka

    • Iya, air kelapa muda sangat membantu tuh.
      Baru dengar sambilato di kemas dalam kapsul Rip, paitnya ga berasa ya.
      Jajan sembarangan itu yg bikin radang tenggorokan, akhirnya meriang.

      Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.