Nama Makanan Aneh: Teri Main Bola


Nama Makanan Aneh? Awalnya tidak pernah terlintas di dalam pikiran saya kalau nama makanan tersebut membuat sebagian orang bingung. Saya pikir,’teri main bola‘ itu istilah yang sudah sangat populer bagi mereka yang pernah menjadi anak kos :mrgreen: *nasib mantan anak kos*.

Teri main bola adalah istilah yang disematkan untuk makanan ‘kering kacang tanah dan teri balado’ sewaktu saya jadi anak kos dari awal SMA.

Lauk ini adalah lauk favorit yang dimasak atau bekal yang dibawa dari kampung.

Kenapa bisa begitu?

Cara masaknya gampang, bahan bakunya murah, ada gizinya juga, tahan lama *ini point pentingnya* dan tentunya enak di lidah. Cocok sebagai makanan anak kos.

Sampai sekarang, kalau lagi kangen dan fakir ide masak, saya suka bikin olahan teri main bola ini. Apalagi kalau sudah masuk musim pancaroba dan tanggal tua 😳 .

Teri main bolaFoto milik http://ahsanfile.com/

Saat melihat foto diatas, di postingan ahsanfile blog yang membahas menu makan siang akibat kenaikan harga BBM. Saya spontan berkomentar seperti berikut:

Teri main bola komen di AhsanfileTernyata komen saya disitu, membuat bingung dan dianggap istilah aneh. Saya akhirnya juga ‘ketularan’ bingung, “jangan-jangan yang mengenal istilah teri main bola untuk nama makanan teri balado kacang tanah itu memang saya aja“. Apa saya se aneh itu?*tepok jidat*.

Setelah saya tanya mbah google, yang kenal istilah itu bukan hanya saya. Banyak yang lainnya juga. Aneh saya berkurang sedikit 😆 .

Bagaimana cara mengolah dan resep dari teri main bola alias kering kacang tanah dan teri balado ini? Yuks mari.

Bahan :

Ikan teri *seringnya pakai teri Medan* 1 ons
Kacang tanah 1 ons
Lengkuas 1 ruas jari *keprek*
Daun salam 1 lembar
Asam Jawa atau jeruk nipis 1 sdt *ambil airnya*
Minyak Sayur secukupnya

Bumbu Halus :

Cabe merah keriting 8 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 2 siung
Gula pasir 1 sdm
Garam seujung sdt *sesuai selera*
Minyak sayur 2 sdm *untuk menumis*

Cara Membuatnya atau cara memasak :

  • Goreng ikan teri dan kacang tanah lalu tiris dan sisihkan.
  • Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam sampai wangi *sampai air pada cabe kering, tambahkan air asam jawa atau jeruk nipis, aduk rata, matikan api.
  • Tunggu sampai suhu tumisan bumbu dalam kondisi suhu ruang. Baru masukkan teri dan kacang tanah *biar ga cepat melempem*.
  • Setelah dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup rapat. Bisa awet untuk beberapa hari ❤ .

Tips untuk membuat teri main bola : Jangan pernah menambahkan tomat sebagai pengganti asam jawa atau jeruk nipis. Tomat juga membuat teri dan kacang cepat melempem.

Selamat makan. Yummy.

Iklan