Portofolio


Portofolio YSalma

YSalma mulai nge-blog dari April 2010 dan bolak balik hiatus. Tetap aktif nge-blog hingga saat ini, bagi saya pribadi itu sudah merupakan sebuah pencapaian. Sebab, menjaga konsistensi itu memerlukan sebuah komitmen.

Akan tetapi,  sekarang ini yang diperhatikan itu bukan hanya sekedar mempunyai blog yang tetap update. Semua dituntut untuk memperlihatkan profesionalitas dalam menggeluti sesuatu. Termasuk dalam menekuni sebuah hobi. Tentu saja didalamnya salah satunya hobi menulis pada sebuah blog. Apalagi, jika blognya boleh dikatakan sudah mempunyai “nilai jual”.

Hal ini, mungkin juga sejalan dengan ungkapan, “Harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama“.

Maka dari itu, saya pun mulai mengumpulkan rekam jejak dalam menulis yang belum seberapa.

Rekam jejak itulah yang dirangkum menjadi ‘portofolio’ ala-ala 😳 .

Data Personal

Nama           : YSalma
Pendidikan : Elektronika, Poltek UNAND (1996)
Pekerjaan    : Blogger di https://ysalma.com/ (April 2010 – Sekarang).
: Supervisor di PT. LG Philips Display Indonesia (2004-2005).
: Foreman di PT. LG Electronic Indonesia (1997-2004).
: Engineer di PT. MAG Indonesia Citra (1996-1997).
Kontak         :  atau, ke : ysalma99@gmail.com

Melihat data personalnya, tidak dapat dipungkiri bahwa yang punya blog merupakan seorang emak-emak.
Jangan kuatir, admin blog ini seorang emak-emak yang bersahabat dengan perubahan kok 😉 . Tentunya dalam batasan yang tidak melanggar etika apapun ❤ .

Media Online

Tulisan yang bersifat simbiosis mutualisme, dengan imbalan trafik ke blog. Tulisan yang sudah pernah diposting pada personal blog ini, kemudian ringkasan dan URL-nya  itu yang diregistrasi ulang ke media online. Jika tulisan memenuhi kriteria yang ditentukan, maka akan ‘ditayangkan’.

1. Diawal nge-blog, saya lumayan rajin mengirim link tulisan pada salah satu portal berita. Itu sebelum terpikir untuk memonetisasi blog. Hanya dengan niat berbagi informasi berdasarkan cerita pengalaman. Saat ini, portal ini ‘kurang bersahabat’ dengan blog gratisan yang domainnya masih numpang di WordPress, karena sarat keanggotaannya harus memajang banner yang kodenya tidak diijinkan oleh platform blog ini 😦 .

2. Ada juga beberapa pihak media online,  yang menghubungi lewat email untuk ijin memposting resume tulisan dengan memberikan link balik.

Media Cetak/Koran

Beberapa tahun lalu, saya juga penasaran dengan tulisan yang dimuat di media cetak. Saya pun mencoba dengan mengirimkan tulisan dan diterbitkan di koran Leasure Republika edisi 2 Desember 2014, dalam rubrik Buah Hati, dengan judul Wanita Salihah. *Setelahnya, belum sempat mencoba lagi *.

Buku (Antalogi Blogger)

Dalam rangka memperingati Hari Ibu, saya juga pernah ambil bagian dalam buku antalogi blogger yang berjudul “Hati Ibu Seluas Samudra” yang diterbitkan Sixmidad, Bogor. Tulisan yang dibukukan adalah tulisan peserta yang ikut lomba blog saat itu.
· ” https://ysalma.com/2014/11/23/kesabaran-adalah-perisai-hidupmu-ibu/

Tulisan Bersinergi & Kolaborasi

Tulisan yang merupakan bagian dari monetisasi blog. Mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi menulis di blog, bagi saya pribadi itu merupakan sebuah berkah.

Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa membangun blog itu membutuhkan maintenance, perpanjangan domain. Dan yang paling penting adalah menjaga kreativitas kepala adminnya tetap produtif, tentunya sembari ditemani minuman dan camilan favorit 😳 .

· Ada yang tulisan mendapatkan benefit setelah menuliskannya menjadi sebuah postingan blog, berdasarkan keyword dan ketentuan lain yang harus dipenuhi.

· Ada juga tulisan yang berupa content placement. Merupakan tulisan yang sudah disediakan dan tinggal posting. Akan tetapi, saya lebih memilih meminta ijin untuk mengeditnya dengan memberikan sentuhan personal.

· Tulisan yang diposting karena menerima sebuah produk, buku, atau lainnya. Kemudian dituliskan pengalaman setelah menggunakannya.

Kok ga ada tulisan tentang riwayat lomba blog?

Saya agak kurang rajin mengikuti lomba blog. Ikutan give away blog teman-teman hanya untuk penggembira. Mungkin ini akan menjadi PR saya selanjutnya.

Semoga, kedepannya portofolio ini tetap bisa di update sesuai dengan perubahan yang menyertainya.

Salam.

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.