Cara Terbaik untuk Merawat Diri Sendiri dari Rumah


Merawat diri sendiri merupakan sebuah keharusan. Nggak harus ke tempat khusus, tapi ada cara terbaik yang bisa dilakukan sebagai sebuah kebiasaan baik yang dapat dilakukan dari rumah. Tujuannya demi membuat nyaman diri sendiri yang sedang kurang sehat, dan kondisi tubuh cepat membaik.

Apalagi pada situasi sekarang ini, masa penuh pergulatan emosi yang hampir dirasakan oleh setiap kita di masa pandemi. Oleh karena itu, meskipun masa-masa sulit, menjaga diri kita secara mental dan fisik menjadi lebih penting daripada biasanya.

Cara terbaik untuk merawat di sendiri dari rumah saat karantina

Misalnya selama masa karantina atau isolasi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga diri sendiri selama di rumah.

Apalagi sekarang banyak diberitakan kasus baru virus Omicron. Sehingga nggak boleh abai dengan protokol kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta kurangi interaksi yang tidak perlu.

Jika kondisi badan mulai terasa kurang fit, lebih baik beraktivitas di rumah saja. Semua dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Merawat diri sendiri di rumah saat merasakan gejala, lebih baik dilakukan sebelum benar-benar jatuh sakit. Apalagi jika tau cara mengatur pola hidup dengan tips sehat untuk jiwa dan juga raga. Mudah dilakukan dan tidak perlu budget khusus.

Kembangkan Rutinitas

Meskipun terus-menerus sibuk oleh aktivitas harian di rumah, tapi itu bukanlah sesuatu yang bisa menjadi halangan dan menimbulkan rasa suntuk dan malas memberikan perhatian pada diri dengan alasan ‘ntar bakal kucel juga, nggak ada yang ngelihat ini’.

Menjaga jadwal atau rutinitas diperlukan agar memiliki waktu lebih untuk Merawat Diri Sendiri di rumah. Kuncinya adalah membuatnya realistis dan dapat dikelola. Bisa disiasati dengan membuat jurnal harian.

Bangun boleh saja pada waktu yang sama, tapi luangkan waktu untuk bergerak terlebih dulu barang sejenak. Lalu juga menyisihkan waktu untuk menikmati saat makan, serta mematuhi waktu tidur. Usahakan lakukan sesuai jadwal, tapi jangan kaku.

Dengan kata lain, semua dapat dikondisikan, menyesuaikan berbagai hal sesuai situasi dan bersikap fleksibel.

Rutinitas selama di rumah kalau diatur dengan baik, itu akan membantu menghilangkan stres dan membuat segalanya tampak lebih menarik seperti kondisi normal.

Jaga Diri Agar Tetap Aktif

Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah berarti harus menemukan cara seru untuk mendapatkan aktivitas fisik yang cukup. Ini harus dilakukan, lebih menjadi perhatian dari sebelumnya.

Sebab di rumah saja membuat kita mudah untuk masuk ke dalam kebiasaan tidak banyak bergerak. Kita merasa sudah cukup dengan kesibukan beberes di rumah. Padahal olahraga sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental selama di rumah.

Karena aktivitas hanya seputar rumah, tidak keluar, maka beraktivitas di siang hari, mengeluarkan energi itu sangat penting. Ada banyak cara untuk tetap aktif selama social distancing. Konsultasikan dengan tenaga medis jika akan memulai rutinitas olahraga baru, terutama jika sedang hamil.

Tetapkan Tujuan Kecil

Jangan bebani pikiran dengan ‘goal besar’. Tidak perlu menulis novel, membuat karya yang hebat selama karantina. Tidak salah jika waktu di rumah tetap produktif, atau ingin menetapkan tujuan untuk menyelesaikan sesuatu, maka Anda bisa menurunkan ukuran tujuan. Bagi tugas-tugas besar menjadi langkah-langkah kecil yang lebih mudah dikelola.

Jangan menyalahkan diri sendiri jika tidak mencapai sesuatu yang besar. Nikmati melakukan apa yang Anda butuhkan untuk kesehatan mental dan fisik, sederhana tapi membuat Anda bahagia melakukannya, itu jauh lebih penting.

Bagaimana Cara Terbaik untuk Merawat Diri Sendiri dari Rumah?

Dalam kondisi dan situasi seperti sekarang ini, jika badan menunjukkan gejala kurang sehat dan direkomendasikan oleh tenaga kesehatan untuk isolasi di rumah beberapa hari. Semua ditujukan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain, maka patuhi dan jangan ‘bandel’. Lakukan hal berikut agar kondisi cepat pulih.

Masak Makanan Sehat

Cara yang bagus untuk menjaga diri sendiri saat Anda berada di rumah selama isolasi diri adalah dengan menyiapkan dan makan makanan serta camilan sehat.

Makanan utuh (whole foods), makanan bergizi akan membantu Anda merasa lebih baik secara mental dan fisik. Bicaralah dengan dokter tentang jenis nutrisi yang Anda butuhkan dan ikuti panduan tersebut, terutama jika Anda sedang hamil atau mempunyai penyakit bawaan (komorbid).

Istirahat

Sebagian besar perawatan diri di rumah adalah istirahat. Istirahat dari pekerjaan, media sosial, berita, dan layar ponsel secara umum. Istirahat di sini bukan berarti nggak ngapa-ngapain. Jika kondisi tubuh memang bisa untuk menyelesaikan pekerjaan selama di rumah, kenapa tidak?

Saat Anda bekerja dari rumah, tetap jadwalkan waktu untuk minum teh atau makan siang. Serta tetapkan juga waktu saat hari kerja di rumah berakhir. Setelahnya, Anda juga bisa membuka portal berita atau membuka media sosial.

Tetapi batasi waktu Anda untuk semua kegiatan mencari informasi semacam itu. Batasi berapa kali Anda memeriksa berita atau media sosial. Lebih baik luangkan waktu untuk menyisiatinya dengan membaca buku inspiratif atau melakukan hobi baru yang selama ini sebatas rencana dan terkendala waktu untuk dilakukan di rumah.

Jadikan Ruangan Nyaman

Karena dalam beberapa hari ke depan semua aktivitas dilakukan di rumah, maka ruangan di rumah harus dibuat senyaman mungkin. Sebab jika Anda tidak nyaman, itu akan memengaruhi Anda secara mental.

Jadi praktikkan perawatan diri di rumah dengan memperhatikan ruang Anda. Apakah Anda memiliki ruangan berbeda yang didedikasikan untuk aktivitas tertentu, ruang menulis, atau ruang untuk hobi photography misalnya. Atau meja dapur merupakan meja multi fungsi yang menyenangkan, semua kegiatan Anda dapat diselesaikan dari sana. Maka tinggal diatur agar semua produktivitas itu maksimal.

Di sela-sela waktu produktivitas, Anda mungkin ingin meluangkan waktu untuk menangani beberapa hal yang akan membuat segalanya lebih fungsional. Membersihkan lemari, laci, atau kamar juga dapat membantu menjernihkan pikiran. Intinya, lakukan semuanya dengan menyenangkan, tapi tetap hati-hati dengan kesenangan yang Anda pilih selama di rumah ๐Ÿ™‚ .

Itulah ulasan tentang cara terbaik untuk Merawat Diri Sendiri dari rumah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat #Lifestyle dari jejak mata, rasa, dan pikiran YSalma.

24 comments

  1. Merawat diri sendiri, khususnya yang berhubungan dengan mental kita sendiri, memang penting ya mbak. Caranya pun beragam, tinggal kita mau lakukan apa nggak. Jangan sampai kita membiarkan diri kita mengabaikan hal-hal yang semestinya mudah dilakukan ๐Ÿ™‚

    Suka

  2. Ah saya termasuk yang tidak rapi merawat diri di rumah kak. Terkadang nih ya olahraga kalau lagi rajinnya datang sesudah itu males melanda. Begitupun dalam masak masakan sehat. Banyakkan bablas lupanya. Terimakasih diingatkan melalui artikel ini

    Suka

  3. yang aktivitas rutinnya lebih banyak di rumah, semangat yaaa. jangan bosaaan. karena sesungguhnya yang setiap hari kudu klayapan seperti saiyah, ketar-ketir. bagaimanapun risiko di luar lebih tinggi dari ‘di rumah saja’

    Suka

  4. saya pernah dengar tausiah, merawat diri hukumnya wajib
    jika tidak mau merawat tubuh, jadinya zalim
    Sedihnya saya lagi susah tidur
    bisa berjam-jam gulang guling di tempat tidur , sedih banget rasanya

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.