Permainan SOS


Permainan SOS ini diperkenalkan junior kepada emaknya beberapa waktu lalu. Dia sendiri dapatnya dari teman-teman di sekolahnya. Begitu pulang, heboh dia mengajak emaknya memainkan permainan ini.

Semua keperluan permainan dia persiapkan. Mulai nyari buku yang biasa dipakai untuk oret-oret di rumah. Membuat garis-garis vertikal ala kadarnya. Kemudian menjelaskan cara memainkannya ke emak.

Cara memainkan permainan SOS :

  • Permainan di mainkan oleh 2 orang.
  • Buat kotak yang banyak di buku tulis.
  • Satu orang menuliskan huruf S di sembarang tempat di kotak yang tersedia, orang yang lain menghalanginya dengan huruf O. Begitu seterusnya.
  • Saat menuliskan huruf-huruf yang menjadi tanggung jawab masing-masing, si pemain bisa membentuk kata SOS, baik secara mendatar, vertikal ataupun diagonal. Setiap kata SOS yang dapat di bentuk, di coret.
  • Banyak kata SOS yang bisa dibentuk oleh masing-masing pemain dicatat di bagian yang terlihat oleh kedua pemain. Yang paling banyak membentuk kata SOS dengan penempatan huruf, itulah yang menang.

Permainan SOSDari foto di atas kelihatan, M = Mama, lebih sedikit menemukan SOS yang terbentuk. Umur tak bisa berbohong untuk urusan ketelitian dan konsentrasi ya :mrgreen: .

Dari beberapa kali menemani junior melakukan permainan ini, ada juga manfaat dari permainan SOS ini yang emak perhatikan, di antaranya:

  • Melatih anak untuk bermain strategi. Anak harus meletakkan huruf yang menjadi tanggung jawabnya, supaya tidak bisa membentuk SOS saat jatuh giliran lawan.
  • Melatih anak untuk teliti dan konsentrasi.
  • Melatih anak untuk sportif kalau nantinya kalah dari lawannya.

Permainan SOS ini hanyalah permainan sederhana, dengan alat-alat bantu sederhana. Tetapi lumayan banyak manfaat yang bisa di ambil sebagai asah otak untuk anak-anak ya. Pikiran, mata, tangan semua ikut dilibatkan dalam permainan ini. Seperti permainan catur dengan wujud lebih sederhana.

Tak melulu permainan dengan biaya mahal yang mendatangkan banyak manfaat.

Selamat bermain SOS dengan anak, teman, sahabat untuk mengisi waktu sambil menjalin ke akraban. Bisa juga digunakan untuk menghilang sejenak dari kejenuhan gadget dan media sosial. Mari kembali bernostalgia dengan sebuah permainan sederhana.

Iklan