Website yang Kasih Barang (Produk) Gratis untuk Penggunanya


Senang mendapatkan barang gratis sembari menggunakan media sosial? Kalau saya, jawabannya tentu saja. Tapi, saat ini tidak ada yang benar-benar gratis. Boleh dibilang selalu ada imbal balik yang harus dilakukan jika terpilih mendapatkan produk gratis tersebut. bahasa lainnya, ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan barang secara cuma-cuma tersebut.

Di situ tantangannya kan, gratis, tapi perlu usaha untuk mendapatkannya. Jiwa sedikit berbau-bau ‘persaingan’ pasti tergelitik untuk melakukannya, apalagi modalnya hanya klak klik di situs web-nya. Sayang kalau tidak dicoba, wkwkwk *mak emak minta ditimpuk*

Website kasih barang gratis brand ternama
Photo credit to Pixabay, edit by admin ysalma.

Ssstt, benar ada lho website yang khusus menawarkan produk gratis untuk para member (pengguna) terpilih.

Bagaimana Cara Dapat Barang Gratis dari Website?

Jika aktif menggunakan medsos saat gabut, cara untuk mendapatkan barang atau produk gratis tersebut termasuk mudah. Syaratnya hanya mendaftar sebagai member di situs web-nya, kemudian memilih produk yang diinginkan, yang saat itu sedang dibagikan gratis.

Jika terpilih, sebagai imbal balik biasanya pengguna harus memberikan review (ulasan) berdasarkan kesan dan pengalamannya menggunakan produk gratis tersebut di media sosial yang dimiliki. Umumnya sih pada minta ulasan di media sosial Instagram.

Nah, temans yang belum mengetahui situs web-nya, berikut daftar website yang kasih barang gratis untuk reviewer atau pengulas. Bagi yang sudah mengetahuinya, senyum-senyum atau abaikan saja ya 🙂 .

Home Tester Club

Saya dulu mengenal situs web ini saat melihat ‘status’ beberapa teman bloger di beranda Facebook. Biasa, rasa ingin tau saya ikut penasaran untuk mencoba juga. Saya ikut membuat akun, mendaftar dan mengikuti step by step arahan di website-nya. Mudah kok.

  • Buka website hometesterclub.com
  • Daftar atau login jika sudah menjadi anggota Home Tester Club.
  • Klik menu “Teruji di Rumah”
  • Klik “Dafter” pada produk yang diinginkan, dan selesaikan panduan langkah-langkahnya.
  • Setelah terpilih, tunggu kiriman produk.
  • Coba produk dengan mengikuti instruksi yang harus dilakukan.
  • Posting ulasan (review) di media sosial beserta foto produk.
  • Kita juga dapat melihat review pengguna lain, sertaulasan produk baru di situs web ini.

Home Tester Club boleh dibilang sebuah platform yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mencoba barang secara gratis. Produk yang ditawarkan beragam, mulai dari camilan ringan, minuman, susu formula, sabun, skincare dan body care, produk makeup, hingga pernak-pernik rumah seperti pengharum ruangan Evergreen Reed Diffuser.

Saya dulu lumayan rajin memilih produk yang disukai dan memang akan menggunakannya. Saya tidak pernah memilih produk gratis yang tidak ingin saya gunakan, mubazir. Lebih baik produk tersebut dipilih oleh member lain.

Setelah menerima barang gratis, saya tinggal menguji produk di rumah, membandingkan dengan klaim yang terdapat pada produk dan memberikan ulasan jujur di akun Instagram. Terkadang kalau lagi rajin, saya juga menuliskannya di blog, salah satunya produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Saya menuliskan di blog sekalian belajar mengulas produk yang didapatkan secara gratis itu. Ternyata artikel review produk gratis tersebut menarik minat brand lain untuk mengajak kerjasama, menawarkan produknya untuk di-review dan saya diberi fee juga sebagai ucapan terima kasih. Sstt, fee itu lebih tepatnya untuk antisipasi jika pengulas kurang cocok dengan produk yang dicoba. Kalau sudah rezeki, ada saja jalan yang menjembataninya. Alhamdulillah.

Oiya, jika beruntung, foto produk dan ulasan kita di Instagram, bisa juga terpilih sebagai pemenang giveaway yang diadakan oleh akun IG Home Tester Club. Saya juga pernah dapat hadiah tas tangan unyu sebagai salah satu pemenang reviewer terbaik per periode waktu itu.

Socomy

Saya mengenal platform Socomy setelah dihubungi oleh salah satu stafnya, menawarkan kerjasama mereview produk di blog. Kompensasinya selain menerima produk gratis, juga ada fee-nya. Alhamdulillah, jalan rezeki lagi dari hobi menulis di blog ❤ .

Kalau di platform Socomy ini, untuk mendaftar produk gratis dan nge-review di instagram, saingannya influencer yang follower-nya banyak. Tapi mereka memilih pengguna yang dirasa cocok, jadi peluangnya tetap ada.

Socomy sendiri merupakan sebuah platform komunitas yang menghubungkan beragam brand kecantikan dan produk gaya hidup dengan penulis, blogger, dan influencer yang berbasis di Indonesia dan Singapura. Member yang mendaftar dan terpilih dapat mengulas produk dengan jujur menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris.

Keunggulan dari situs web Socomy adalah mereka tidak hanya memberikan produk gratis pada penggunanya, tetapi juga membayar reviewer, baik di media sosial seperti instagram ataupun blog.

Selain itu, jika pengguna hanya mendapat produk atau barang gratis dan tidak dibayar, biasanya akan ada komisi jika ada orang lain yang membeli produk yang di-review menggunakan kode voucher pengulas.

Langkah untuk mengikuti Socomy Influencer agar mendapatkan barang gratis juga mudah diikuti.

  • Buka situs web socomy.com
  • Login atau buat akun baru jika belum punya.
  • Hubungkan akun Socomy dengan akun instagram bisnis
  • Setelah di-approve, pilih “campaigns” yang dapat diikuti, yang menawarkan produk gratis.
  • Jika terpilih akan dihubungi oleh tim Socomy.
  • Jika sudah mempunyai akun di program Socomy Influencer, member akan mendapatkan notifikasi via email apabila ada campaign yang sesuai, tinggal mendaftar.

Itulah dua situs web yang pernah saya ikuti. Sebenarnya ada website lain, misalnya lifull-produk yang sistemnya hampir mirip dengan Home Tester Club. Tapi, saya setelah mendapat info dari teman bloger via sharing status di medsos, saya hanya membuat akun aja di sana, setelahnya tidak di-follow up.

Ada juga website Freebees.id, platform yang ditujukan khusus untuk konsumen. Member yang tergabung akan mendapatkan keuntungan reward jika membeli produk melalui platform ini, dapat mengikuti survey berbayar, berkesempatan untuk uji produk gratis, dan banyak reward lainnya.

Bagaimana denganmu Temas, tertarik untuk mendaftar juga pada website tersebut? Atau sudah punya akun dan pernah mendapatkan barang gratis yang disukai, boleh dong kita berbagi informasi. Atau ada situs web lain yang juga membagikan barang gratis pada penggunnya, bisikin di kolom komentar dong 🙂 .

Salam, jejak mata, rasa, dan pikiran YSalma.

25 comments

  1. Thanks banget loh kak meriew tentang website kasih barang gratis.Aku belum pernah masuk ke website ini. Pernah ada teman yang cerita tapi sampai sekarang tidak jelas aku harus hubungi kemana. Lumayan banget kan kita bisa coba produknya

    Suka

  2. Asyik banget ya bisa dpt produk2 gratis seperti ini… Aku nyari yg berbentuk barang terus kita endorse di IG atau di sosmed lainnya ada enggak ya ..hehe…

    Suka

  3. oh ini toh … langkah-langkah cara mengikuti socomy influencer, aku baru tahu nih … dari informasi review ini, mau coba juga ah …. semoga terpilih

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.