Selamat Hari Raya Idul Adha 1438H di Awal September


Takbir sudah bergema di penjuru langit dari sesudah Magrib, pertanda umat muslim sedang menyambut Hari Raya Idul Adha 1438H yang bertepatan dengan awal (hari pertama) sekaligus Juma’at pertama di September 2017.

Sebelumnya, foto, video, meme kambing dengan berbagai pose dan tingkah, sudah membanjiri lini massa media sosial, sebagai respon terhadap kedatangan Lebaran Kurban ini.

Kambing pun jadi trending topik dan jadi hewan populer dan paling diburu di hari raya kurban.

Jauh-jauh hari, para penyeru kebaikan sudah mengingatkan keutamaan bulan Dzulhijjah bagi umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji, yaitu puasa sunnah Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah, Sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah dan berkurban, juga dianjurkan melakukan amalan baik dari tanggal 1-8 Dzulhijah.

Tak lupa juga diingatkan adab pada Hari Raya Idul Adha, antara lain, mandi, memakai wewangian bagi lelaki, memakai pakain terbaik, tidak makan dan minum sebelum shalat Ied, dianjurkan berjalan kaki menuju lapangan *kalo dekat*, bertakbir saat menuju tempat shalat itu, kalau bisa mengambil jalan berbeda saat pulang, tidak ada shalat sunnah sebelum atau sesudah shalat Ied, dan wanita yang sedang haid pun dihimbau untuk berangkat menuju lapangan dengan tujuan ikut mendengarkan khutbah & merasakan kegembiraan syukur kurban.

Selanjutnya, juga diingatkan tentang tanggal 11, 12 dan 13 di bulan Dzulhijah yang merupakan hari Tasyrik. Hari dimana umat muslim dilarang untuk berpuasa, karena hari itu adalah hari untuk makan minum bagi umat muslim. Hari dimana Β waktunya untuk mengolah daging hewan kurban dengan berbagai resep kesukaan *tentunya tidak secara berlebihan*.

Masih banyak lagi yang perlu diingat dan cari tahu Β sebagai hamba yang mengaku salah satu umat muslim. Bukan hanya milih-milih hari dan amalan demi mengejar pahala yang dijanjikan. Lakukan semunya hanya karena Allah.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438H.

Selamat Idul Adha

Untuk kata yang tak sopan, atas sikap yang kurang berkenan, untuk semua respon yang jauh dari ekspektasi. Kita hanyalah manusia biasa yang tak luput akan salah dan khilaf

Selamat nyate di awal September ceria ini. Jangan sampai lupa diri, tetap ingat kolesterol. Salam ❀ .

Iklan