Takjub Melihat Bunga Kunyit


Pagi ini tanggal 1 Januari 2015 sekitar pukul 8 pagi saya kehalaman, suara terompet masih terdengar satu dua, mungkin anak-anak yang niat begadang melewati angka 00 pergantian tahun semalam pada ketiduran, begitu bangun, mereka melanjutkan tiup terompet yang terputus itu. Pagi yang bisa menyunggingkan sebaris senyum syukur.

Bunga Tanaman Kunyit

Bunga Kunyitnya terkesan anggun 🙂

Cuaca sedikit mendung, dihalaman ada yang menarik perhatian mata saya pada pot tanaman kunyit. Wow, disana ada bunga kunyit, dengan perasaan takjub saya mendekat dan memperhatikan, saat berupa kuncup luput dari perhatian dan sepertinya bunga kunyit ini sudah mekar cukup lama juga. Yang punya tanaman benar-benar ga memperhatikan tanaman selama musim penghujan, sehingga ga ngeh kalau tanaman kunyit mempunyai calon bunga.

Bunga Kunyit

Bunga kunyitnya sudah lama mekar?

Walaupun boleh dikatakan saya selalu mempunyai tanaman kunyit dari dulu, baik di pot atau ditanam langsung di tanah, saya sudah lumayan lama tidak melihat bunga kunyit. Secara tidak setiap mempunyai tanaman kunyit, saya melihat tanaman ini berbunga. Saya tidak tau apa yang membuat tanaman kunyit ini mengeluarkan bunga dan tidak.

Bunga Kunyit cantik juga :)

Bunga Kunyit cantik juga 🙂

Makanya takjub aja melihat bunga ini bisa muncul juga saat di tanam di pot, mana umur tanamannya baru beberapa bulan. Tapi rimpang yang saya jadikan bibit dari tanaman kunyit di pot sebelumnya yang dibongkar memang lumayan bagus sih *lihat kasat mata*.

warna kuning tinggal dua

warna kuning tinggal dua

Tentu semua sudah paham kalau tanaman kunyit ini merupakan tanaman yang banyak manfaatnya mulai dari rimpang sampai daun. Jika keluarga Sumatera Barat yang berada di perantauan rata-rata mempunyai tanaman kunyit ini, karena saat mau membuat rendang dan memerlukan daun kunyit, mencarinya lumayan susah. Biasanya yang dijual hanya rimpangnya aja. Padahal daun kunyit ini adalah bumbu yang wajib ada saat membuat rendang 🙂 .

Manfaat utama tanaman kunyit yang sudah umum diketahui :

  • Sebagai Obat tradisional : Rimpang tanaman kunyit dipercaya sebagai anti oksidan, pencegah kanker, anti tumor, menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol. Campuran parutan 1 ruas air kunyit dan air dari satu iris jeruk nipis dengan air hangat dipercaya ampuh sebagai pembersih darah.
  • Bahan baku jamu dan kosmetik : Rimpang kunyit yang berkualitas baik dipergunakan sebagai bahan baku utama jamu tradisional seperti kunyit asem, yang dipercaya bermanfaat untuk memperlancar haid yang tidak teratur. Juga sebagai bahan utama lulur untuk kecantikan kulit.
  • Bumbu masak, Rimpang kunyit merupakan salah satu rempah masakan. Sedangkan daunnya merupakan salah satu bumbu wajib membuat rendang, makanan khas Sumatera Barat.
  • Pewarna Alami pada makanan seperti nasi kuning maupun untuk pakaian.

Kunyit (Curcuma domestica Val) mengandung minyak atsiri, zat pewarna kuning kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, zat besi dan vitamin C.

Foto-foto bunga kunyit kurang bagus, tapi lumayan sebagai dokumentasi 🙂 .

Untuk tahu lebih lengkap tentang tanaman kunyit silahkan baca di wikipedia aja.

Iklan