Kucing Belang Tiga Membawa Hoki?


Tulisan sebelum ini menceritakan kalau saya mendapatkan tambahan binatang peliharaan seekor kucing yang terpisah dari induknya. Anak kucing yang masih berusia kisaran 1,5 bulan itu sepertinya campuran kucing kampung dengan kucing turunan persia, secara bulunya kelihatan calon panjang dan tebal.

Anak kucing betina penghuni baruΒ  yang mempunyai bulu tiga warna ini sukses membuat galau si Bronzy *kucing jantan berbulu coklat tua, jenis medium persia anggora*.

Aku Kuzzy, betina belang tiga. Bawa hoki jugakah?

Aku Kuzzy, betina belang tiga. Bawa hoki jugakah?

Komentar di tulisan tersebut ada yang menyebutkan kalau kucing belang tiga membawa keberuntungan atau hoki. Benarkah?

Tergantung keyakinan masing-masing sih.

Dulu saya juga sering mendengar tentang kucing belang tiga atau belang telon yang membawa hoki, tapi itu khusus untuk kucing belang tiga berjenis kelamin jantan.

Dari cerita yang beredar di masyarakat dan yang saya saksikan sendiri. Anak kucing jantan yang terlahir belang tiga atau belang telon akan membuat kucing jantan di sekitar tempat kucing itu terlahir pada siaga. Mereka seperti menunggu waktu yang tepat untuk ‘mencuri’ kemudian ‘menghabisi’ si jantan belang tiga tersebut.

Konon menurut mitos, kucing jantan belang tiga ini mempunyai ‘kekuatan magis’ dibanding kucing lain. Kucing janatan lain langsung keder jika mendapat tatapan dari jantan belang tiga ini. Sementara kucing betina semakin merapat kepada si belang tiga ini. Kucing jantan belang tiga dipercaya mempunyai bakat alami sebagai pemimpin atau raja kucing. Maka kelahirannya merupakan sebuah ancaman bagi pejantan lainnya di kerajaan kucing *bisa panjang episodenya jika dijadikan sinetron*.

Sebelum para pejantan yang terbakar iri dan cemburu itu menyingkirkan si bayi kucing jantan belang tiga. Entah karena intimidasi pejantan disekitarnya, induk si belang tiga jantan justru lebih dulu ‘menghabisi’ atau memangsa anaknya tersebut. Apa salah dan dosa si anak kucing jantan belang tiga sampai induknya begitu tega? Kasihan-kasihan-kasihan.

Walau aku betina, tetap boleh leyeh-leyeh dipangkuan majikan :)

Walau aku betina, tetap boleh leyeh-leyeh dipangkuan majikan πŸ™‚

Ternyata hal tersebut terpaksa dilakukan si induk, karena pada umumnya anak kucing jantan belang tiga terlahir dalam kondisi ringkih, berstamina lemah, lantaran memiliki jumlah kromosom yang berlebihan. Sehingga nantinya akan mengalami gangguan hormonal. Sang Induk tak rela jika keadaan tersebut menimbulkan gangguan kesehatan bagi anak-anak kucing yang lain. Induknya lebih memilih cara menghilangkan satu nyawa penyakit demi menyelamatkan yang lain, sebuah pilihan sulit dalam bertahan hidup.

Mana kemungkinan lahirnya kucing belang telon berkelamin jantan ini perbandingannya sebesar 1 : 10.000. Langka!

Seperti yang sudah diketahui dari pelajaran Biologi, kromosom untuk jenis kelamin perempuan atau betina adalah XX, sementara untuk jenis kelamin laki-laki alias cowok alias jantan mempunyai kromosom XY.

Nah, si kucing belang tiga jantan ini mengalami kelebihan kromosom X, dia memiliki kromosom XXY. Akibat cacat kromosom tersebut, hampir dipastikan kucing jantan belang tiga ini mengalami gangguan vitalitas dan juga fertil atau mandul.

Kelahiran jantan belang tiga ini sudah jarang alias langka, mandul pula. Begitu lahir jika tidak cepat dipisahkan dari si induk dan mendapatkan perawatan, akan dimangsa pula oleh si induk. Tragis benar nasib si kucing belang tiga jantan.

Wajar harga kucing belang tiga berkelamin jantan itu selangit. Secara banyak pencinta kucing mengincar keberadaan si jantan belang tiga ini. Mereka tak ragu menguras kantong untuk meminang si belang tiga jantan ini, demi sebuah kepuasan.

Para pencinta kucing yang berhasil mendapatkan dan memelihara si kucing jantan belang tiga ini sudah dapat dipastikan merasa lebih beruntung dan hoki di banding pecinta kucing lain.

Apalagi jika kesempatan memiliki si belang tiga jantan nan langka itu dari lahir kemudian bisa melihatnya tumbuh sehat sampai besar, itu sebuah keberuntungan tak terhingga bagi pecinta kucing.

Sementara kucing belang tiga betina populasinya lumayan banyak, walau tak sebanyak kucing satu atau dua warna.

Kucing Belang Tiga Betina

Kucing Belang Tiga Betina, tetap imut dan unyu kan.

Jika kau pencinta kucing, apalagi memiliki kucing betina warna kuning (oranye) dan kucing jantan warna hitam, kemungkinan anak kucing belang tiga yang lahir adalah 50%. Jadi perhatikan dengan baik setiap kelahiran anak kucing mu itu sobat, siapa tau ada satu ekor belang tiga jantan. Sehingga keberuntungan ada ditangan mu πŸ˜€ *tak perlu keluar duit untuk memiliki kucing belang tiga jantan* .

Iklan