Memanfaatkan Bunga Kenanga Sebagai Pengharum Alami


Memanfaatkan Bunga Kenanga Sebagai Pengharum atau pewangi Alami sudah dilakukan oleh orang tua dari dulu. Seingat saya, di halaman depan rumah orangtua di kampung, ada sebuah pokok kenanga yang ditanam ibunda sewaktu saya masih SD. Itu berarti pokok bunga kenanga itu sudah berumur puluhan tahun.

Sampai sekarang bunga kenanga ini selalu berbunga dan menyebarkan aroma wangi yang khas. Pohonnya tidak terlalu tinggi dan besar *mungkin karena sering dipotong atau dirapikan? Bisa jadi*. Sehingga untuk memetik bunganya jika diperlukan tidak membutuhkan tangga untuk memanjat, cukup dijangkau dengan tangan, kemudian ambil sesuai yang dibutuhkan.

Manfaat Bunga Kenanga

Ibunda saya dan beberapa ibu lainnya di seputar tempat tinggal sangat suka dengan aroma bunga satu ini. Contoh pemanfaatan bunga kenanga yang sering dilakukan oleh ibunda yang saya lihat dari dulu, di antaranya:

  • Bunga kenanga yang sudah berwarna kekuningan dan mengeluarkan aroma harum, beliau petik beberapa kuntum, kemudian diselipkan ke gelungan rambutnya yang baru selesai dikeramas. Kata beliau biar rambutnya wangi. Hmmm,,, benar juga sih.
  • Bunga kenanga juga sering diselipkan beliau pada lipatan kain yang selesai disetrika. Menurut beliau, dia suka aroma wangi kenanga yang langsung menyeruak saat lipatan kain itu dibuka. Wanginya sangat khas, nggak perlu pewangi tambahan, cukup menggunakan pewangi pakaian alami dari bunga kenanga untuk kaian.
  • Bunga kenanga yang sudah kuning dan wangi itu juga beliau petik, selanjutnya ditarok dalam wadah terbuka, kemudian ditempatkan di ruangan di mana beliau suka menghabiskan waktu untuk membaca dan mengaji setelah pulang mengajar. Tidak semua ruangan beliau taruh kenanga, secara adek saya tidak begitu suka dengan aroma khas kenanga ini *ternyata ada yang suka, ada juga yang kurang suka sama wangi kenanga. Dalam satu rumah, berbeda selera terhadap pilihan wewangian adalah sebuah kewajaran :mrgreen: .

Tips untuk mendapatkan wangi khas kenanga yang pas peruntukannya, pilihlah bunga yang sudah berwarna kuning sempurna.

Sekilas Tentang Bunga Kenanga

Menurut wikipedia dan beberapa sumber yang saya baca, bunga kenanga (Cananga Odorata) adalah tanaman asli Indonesia. Bunganya berbentuk bintang laut, berwarna hijau kekuningan, mengandung cananga oil yang wangi dan khas.

Menariknya, ternyata bunga kenanga ini dijadikan bunga identitas daerah Sumatera Utara.

Manfaat lain bunga kenanga ini adalah sering digunakan sebagai bunga tabur, baik untuk kepentingan ziarah kubur, maupun saat perayaan sebuah tradisi adat.

Bunga kenanga juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Dipergunakan sebagai campuran minuman yang direbus. Berfungsi sebagai pembersih saat masa nifas setelah melahirkan.

Dipercaya juga sebagai pereda sesak nafas, mengobati penyakit bronkhitis dan obat malaria.

Saya sendiri belum pernah memanfaatkan bunga atau kembang kenanga ini sebagai tanaman obat. Tapi saya sangat setuju dengan kearifan lokal yang memanfaatkan tumbuhan sekitar untuk pengobatan alami dan itu memang perlu dilestarikan.

Menanam Pohon Kenanga di Rumah

Di rumah yang sekarang ditempati, saya juga menanam sebatang pohon kenanga dalam pot. Tanaman ini sudah mulai berbunga terus, walau belum banyak, tetapi wangi khas dari bunganya sudah menyebar di halaman.

Simak juga tulisan tentang: Manfaat Daun Pandan Wangi.

Terkadang saya petik bunga yang sudah berwarna kekuningan dan ditaruh di atas bufet di ruang keluarga. Bunga kenanga sebagai pengharum alami ruangan sudah mulai saya manfaatkan juga dan keluarga kecil setuju-setuju aja ❀ .

Sering juga ada orang tua yang suka lewat di depan rumah yang meminta bunga ini. Ketika saya tanya untuk apa, beliau bilang untuk disimpan di kantung baju, ada juga untuk diselipkan dilipatan peci. Bahkan ada yang minta untuk ditabur di atas tempat tidur. Alhamdulillah, tanaman kenanga yang saya tanam bermanfaat juga untuk orang lain.

Bagi yang suka wangi kenanga, banyak cara sederhana yang dilakukan untuk memanfaatkan aroma wanginya.

Apakah teman-teman YSalma punya pengalaman lain dengan bunga kenanga?

Iklan

44 comments

  1. Senada Jeng, saya gunakan melati dan kemuning sebagai pengharum alami..
    Pengalaman tanam kenanga di potnya mau diikutin ah, selama ini tahunyakenanga perdu
    Salam

    Suka

    • kemuning saya juga tanam di pot Jeng, tapi belum berbunga juga, semut sangat senang ‘numpang’ dibatangnya, daun mudanya jadi penuh telur semut, hiks.

      Suka

  2. Saya suka harum kenanga. Dulu waktu kecil, nenek suka meletakan bunga ini di lipatan mukena atau sajadah. Nah waktu dia sholat harum semerbak akan berhamburan dari kibasan mukena itu saat dia ruku dan sujud πŸ™‚

    Suka

  3. Bunga Kenanga ini emang Bunga Kantil apa mirip doank, Mbak? Soalnya persis kayak Bunga Kantil yang numbuh di depan kamar ku. Heheh.. Haruuum..

    Kalo aku lebih sukak harum Bunga Mawar sama Bunga Tanjung πŸ˜›

    Suka

    • serumpun tapi beda Beb, kalau kantil wanginya lebih ‘tajam’ dibanding kenanga.
      saya tidak terlalu fanatik sama satu jenis Beb, dirumah ada melati, kemuning, kenanga, tapi mawarnya mati, hiks.

      Suka

  4. Oh itu toh bunga kenanga…. Kalau pas lagi jalan-jalan sering ngeliat, tapi nggak tau kalo itu namanya bunga kenanga…. Pengetahuanku tentang tanaman memang kurang, haha….

    Suka

    • kalau di Jateng dan sekitarnya kayaknya banyaknya bunga kantil, tapi kalau pengalaman tentang perumpamaan ‘bunga’ yang sedang mekar banyak ya Dit πŸ˜€

      Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.