Memanfaatkan Bunga Kenanga Sebagai Pengharum Alami


Memanfaatkan Bunga Kenanga Sebagai Pengharum Alami sudah dilakukan oleh orang tua dari dulu. Seingat saya, dihalaman depan rumah orangtua, ada sebuah pokok kenanga yang ditanam ibunda sewaktu saya masih SD. Berarti bunga kenanga itu sudah berumur lebih dari 30 tahun.

Sampai sekarang bunga kenanga ini selalu berbunga dan menyebarkan aroma wangi yang khas. Pohonnya tidak terlalu tinggi dan besar *mungkin karena sering dipotong?, sehingga untuk memetik bunganya tidak perlu tangga untuk memanjat, cukup dijangkau dengan tangan.

Contoh manfaat bunga kenanga yang sering dilakukan ibunda yang saya lihat diantaranya :

  • Bunga kenanga yang sudah berwarna kekuningan dan mengeluarkan aroma harum, beliau petik beberapa, kemudian diselipkan ke gelungan rambutnya yang baru selesai di keramas. Kata beliau biar rambutnya wangi.
  • Bunga kenanga juga sering diselipkan beliau pada lipatan kain yang selesai di setrika, katanya dia suka aroma wangi kenanga yang langsung menyeruak saat lipatan kain itu dibuka.
  • Bunga kenanga yang sudah kuning dan wangi itu juga beliau petik, ditarok diwadah, kemudian ditempatkan di ruangan dimana beliau suka menghabiskan waktu untuk membaca dan mengaji setelah pulang mengajar. Tidak semua ruangan beliau taruh kenanga, secara adek saya tidak begitu suka dengan aroma khas kenanga ini *ternyata ada yang suka, ada juga yang kurang suka sama wangi kenanga, berbeda selera adalah sebuah kewajaran :mrgreen: .

Bunga kenanga (Cananga Odorata) adalah tanaman asli Indonesia. Bunganya berbentuk bintang laut, berwarna hijau kekuningan, mengandung cananga oil yang wangi dan khas. Bunga kenanga ini dijadikan bunga identitas daerah Sumatera Utara. Bunga kenanga juga sering dimanfaatkan sebagai bunga tabur, baik untuk kepentingan ziarah maupun saat perayaan.

Bunga kenanga juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Dipergunakan sebagai campuran minuman yang direbus. Berfungsi sebagai pembersih saat masa nifas setelah melahirkan, sebagai pereda sesak nafas, mengobati penyakit bronkhitis dan obat malaria. Saya sendiri belum pernah memanfaatkan kenanga sebagai tanaman obat. Kearifan lokal memanfaatkan tumbuhan sekitar untuk pengobatan alami perlu dilestarikan.

Di rumah yang sekarang ditempati, saya menanam sebatang pohon kenanga dalam pot. Sudah mulai berbunga terus, walau belum banyak, tetapi wangi khas dari bunganya sudah menyebar dihalaman. Kadang saya petik dan tarok di bufet di ruang keluarga. Bunga kenanga sebagai pengharum alami ruangan sudah mulai dimanfaatkan ❤ .

Apakah teman-teman punya pengalaman lain dengan bunga kenanga?

Iklan