Menikmati Bebek Goreng Racikan Sendiri


Menikmati Bebek Goreng Racikan Sendiri saya lakukan kemaren. Mungkin ada yang bertanya,’memangnya penggemar bebek? Bukan, saya masih penggemar ikan πŸ˜† ‘.

Seingat saya, ibu tak pernah memasak bebek, beliau tidak suka, kalau sama telurnya, suka di olah menjadi bahan kue atau telur asin. Lidah saya otomatis jarang bersentuhan dengan daging bebek ini. Dan yang ada dalam pikiran, mengolah bebek mungkin juga susah ❓ .

Suka tidak suka terhadap satu jenis makanan, ternyata lumayan banyak dipengaruhi sama pembiasaan waktu kecil, ditambah persepsi pikiran tentang makanan tersebut. Misalnya, saya doyan pepaya *di rumah masa kecil selalu ada pepaya*, adik saya ga suka pepaya sama sekali. Walau orang di rumahnya terbiasa dengan buah pepaya, karena dia melihat pepaya itu makanan burung, dan buah matangnya yang lembek, sesuatu yang menjijikkan, dia bisa muntah kalau dipaksa nelan pepaya πŸ˜› .

Saya ga pernah bermusuhan dengan jenis makanan *kecuali telur mentah*. Kebetulan teman hidup termasuk pemakan segalanya, makanya saya ikutan mengakrabi menu olahan bebek ini. Tapi, biasanya kita berkunjung ke rumah makan yang menyediakan menu bebek. Ternyata bebek itu enak juga dan lebih mahal dari ayam goreng *halah* .

Kemaren itu ada tetangga yang bagi-bagi bebek mentah *dia punya usaha memasok bebek ke rumah-rumah makan* Ada satu kali pengiriman yang ukurannya tidak masuk kualifikasi, sehingga di kembalikan. Jadilah rizki bagi tetangganya :mrgreen: . Alhamdulillah.

Untuk mengolah nih bebek, terpaksalah saya bertanya kepada ibu-ibu yang jago masak. Dari sekian resep yang saya dapatkan, saya memilih racikan bebek goreng, menurut saya itu olahan bebek yang paling mudah 😳 . Ternyata setelah jadi dan dinikmati, bolehlah, rasa bebek goreng πŸ˜† .

Bebek Goreng dan Sambal TerasiYuks intip yang saya lakukan terhadap bebeknya :

Bahan Bebek Goreng :

Bebek 1 ekor, bersihkan dan potong sesuai selera.
Serai 4 batang, keprek
Daun Salam 2 lembar
Daun Jeruk Purut 6 lembar
Asam jawa 2 sdt, rendam dengan 4 sdm air
Air untuk ungkap 1 gelas atau 350 liter
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :

Bawang Merah 12 siung
Bawang putih 7 siung
Kemiri 4 butir (disangrai)
Kunyit 1 ruas jari (dibakar)
Jahe 1 ruas jari
Lengkuas 1 ruas jari
Jinten 3/4 sdt
Ketumbar 2 sdt
Garam 2 sdt (sesuai selera)

Sambal untuk menemani bebek goreng nantinya.

Bahan : Cabe keriting (8 buah), Cabe rawit (7 buah), Bawang merah (8 siung), Terasi bakar (1 sdt).
Bahan tambahan sambal : Tomat (1 buah), Serai keprek (1 batang), Daun salam (2 lembar), Asam Jawa (1 sdm), Gula merah (1 sdt), Garam secukupnya (1/2 sdt).

Cara Mengolah dan Meracik :

  • Ulek atau blender semua bumbu halus, kemudian campurkan ke bebek yang sudah di bersihkan.
  • Tambahkan air, 3 sdm asam jawa, serai, daun salam, dan daun jeruk.
  • Ungkap di atas api kecil sampai air rebusan tinggal sedikit, lebih kurang 45 menit.
  • Sambil bebek di rebus, siapkan sambal. Semua bahan sambal di haluskan. Kemudian tumis dengan sedikit minyak dengan menambahkan semua bahan tambahan. Setelah sambal matang, sisihkan.
  • Siapkan wajan dan minyak, goreng bebek sampai berwarna kecoklatan, angkat.

Sajikan dengan sambal, lalap timun, tomat dan lainnya. Menu bebek goreng siap menemani santap siang.

Selamat Makan dan Menikmati, Yummy.

Iklan