Suasana Malam, Saat Musim Kawin Tiba


Suasana Malam, Saat Musim Kawin Tiba di sekitar tempat tinggal sungguh ramai. Tidak sepi seperti malam-malam sebelumnya. Di mulai dari pagi hari sekitar pukul 9.00WIB. Biasanya terdengar suara mercon sampai ke rumah. Kemudian agak siang sedikit berlanjut terdengar suara musik dari berbagai jenis, dangdut sampai campur sari. Sudah dapat dipastikan malam harinya akan terdengar suara-suara dari film layar tancap yang ditanggap tuan rumah sampai lewat tengah malam.

Dulu, awal-awal mendengarnya sempat kaget, heboh sendiri mempertanyakan suara apa itu, “suara gaduh dari mana? kok orang nyetel tv kenceng amat”.

Begitu tau itu suara dari orang yang hajatan di kampung-kampung sekitar, saya langsung tersenyum. Malam-malam disini sepertinya kalau waktu musim kawin, bakal ga pernah sepi nih *Salah satu nikmatnya tinggal di kampung, selain berteman suara jangkrik πŸ˜› *

Kawin-Kawin!

Kawin-Kawin! Ikutan Makan-makan aja tanpa di undang, ga boleh lho!

Jadi dapat di simpulkan: cara umum untuk mengetahui musim kawin itu sudah datang adalah dengan di lihat oleh mata dan juga di dengar oleh telinga dari suara yang dihasilkan.

  • Di lihat mata : Kalau keluar rumah atau jalan kemana, akan banyak terlihat tenda-tenda dengan bangku berderet rapi serta penuh oleh pernak pernik orang berpesta, di depan rumah orang dalam jarak yang sangat berdekatan. Kalau di depan gedung, sudah banyak terpasang janur dan tanda pernikahan lainnya. Itu berarti sudah masuk musim kawin.
    Kalau kita di libatkan sebagai tamu, kita bakal melihat dengan adanya undangan yang dikirim ke rumah.
  • Di dengar oleh telinga : Ya seperti tadi itu, pagi terdengar suara mercon, bahkan kadang setelah waktu Isya juga masih terdengar. Suara dangdutan dan suara layar tancap di tengah heningnya malam *thsaahh*.
    Atau kita di telpon kerabat atau kenalan, diminta datang ke pernikahan mereka, sanak atau saudaranya. Oh, kita langsung tau, musim orang nikahan sudah datang.

Musim kawin yang paling berisik itu, kalau tiba musim kawin pada kucing, suara-suara kucing yang lagi masa-masa seperti itu, kalau pas dekat jendela kamar, bakal alamat bikin gaduh. Kalaupun sudah sempat terlelap, begitu mendengar suara kucing yang berisiknya beda itu *serasa menyayat hati* di jamin bakal terbangun dengan kaget 😳 *kucing kawin kok dicemburui*.

Kenapa kucing kalau masuk musim kawin selalu berisik? Adakah yang tau, lagi malas nyari jawabannya nih :mrgreen: .

***
Mak ini posting apaan sih? Kok ga jelas gini? Jadi membahas kucing kawin?
Biar aja, semalam ga bisa tidur gara-gara dengar suara “Satria Bergitar” dari sound layar tancap sampai lewat pukul 1 tengah malam πŸ˜› .

Iklan