Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya


Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya, kesannya saya itu seorang ahli cincau ya. Padahal YSalma hanyalah penggemar minuman cincau yang diolah jadi minuman dingin yang segar-segar. Apalagi kalau bulan puasa,  setiap menu buka minuman segar dicampur dengan cincau. Cincau yang dipakai buat campuran minuman, cincau beli jadi.

Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya

Beberapa tahun terakhir ini saya punya tanaman cincau perdu sendiri yang ditanam di dalam pot. Awal nanamnya terinspirasi dari teman yang punya tanaman cincau perdu dihalaman rumahnya. Dan selalu di olah  untuk diminum rutin oleh kedua orangtuanya yang mengidap penyakit darah tinggi, bapaknya juga malah mengidap penyakit jantung. Beliau seperti menikmati olahan daun cincau perdu ini, apa karena di hidangkan dengan penuh cinta oleh anaknya?

Saya yang pecinta pemanfaatan tanaman alami untuk pengobatan dalam kehidupan sehari-hari, memperkenalkan daun cincau perdu ini ke keluarga. Almarhum bapak  suka meminum perasan daun cincau perdu ini untuk menghilangkan sariawan dan panas dalam yang sering beliau alami.

Dan junior  juga suka dengan catatan harus ditambahi sesendok teh gula, dinginkan di kulkas, baru diminum setelah pulang sekolah, segar dan sehat.

Daun Cincau Perdu dan pengolahannyaDaun Cincau perdu (Melasthoma Polyanthum) adalah sejenis tanaman perdu, daunnya bila diolah dengan cara perendaman akan berbentuk gel atau agar-agar.

Gel atau agar-agar ini bisa terbentuk karena tanaman ini mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Kata Cincau sendiri berasal lafal orang Thionghoa Asia Tenggara dengan dialek Hokkian Sienchau (xiancau).

Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya :

  • Untuk mendapatkan segelas cincau seperti photo diatas, ambil 7 lembar daun cincau perdu, cuci bersih, buang tangkai daunnya. Tarok di wadah kaca, siram dengan setengah gelas air panas, setelah agak layu, tambahkan setengah gelas air matang dingin, remas-remas sampai gelnya tercampur air, buang ampasnya, saring, bisa langsung di minum. Tips lain ; bisa menambahkan sedikit gula, jeruk nipis, diamkan di kulkas, setelah dingin dan mengental baru di nikmati. Kalau sudah jadi cincau (gel) bisa juga ditambahkan santan, susu, es batu, sesuai selera masing-masing untuk menikmatinya.

Manfaatnya daun cincau perdu ini?

  • Dari pengalaman orangtua-orangtua dulu, daun cincau perdu ini di percaya bermanfaat untuk mengatasi sariawan, panas dalam, radang lambung dan usus, darah tinggi, menurunkan panas demam dan  typhus.

Manfaat ini didapatkan bagi yang mengkonsumsi minuman cincau ini karena tingginya kandungan karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air yang dimiliki daun cincau perdu ini. Kalau lambung kita sehat penyakit juga sepertinya menjauh, tetapi kalau lambung bermasalah, penyakit sepertinya mudah untuk singgah.

Pesan tetua benar adanya : Minumlah makanan yang baik dan bermanfaat. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bagaimana dengan sahabat, punya pengalaman dengan daun cincau perdu dan manfaatnya?

Iklan