5 Kuliner Khas Aceh Menggugah Selera Wajib Kamu Coba! Yuks Wiskul


Pernahkah kamu mengunjungi Aceh? Penasaran dengan kuliner khas Aceh yang sudah diakui kelezatannya? Kota yang dijuluki sebagai Kota Serambi Mekah itu merupakan provinsi yang letaknya paling barat di Indonesia. Aceh sudah banyak dikenal sebagai daerah dengan beragam kekayaan rempah-rempah, seperti lada dan kayu manis.

Sebagai pusat perdagangan lada dan kayu manis di Indonesia, Aceh tentu juga dikenal sebagai daerah dengan kuliner khas yang kaya akan rempah-rempah.

Tak hanya berdagang, Aceh juga memiliki kekayaan rempah-rempah disajikan melalui berbagai kuliner khas yang bisa kamu coba ketika sedang berkunjung kesana.

Rempah-rempah tersebut akan memberikan rasa yang lebih nikmat dan lezat pada kuliner yang disajikan. Untuk kamu pencinta kulineran, kamu wajib berkunjung ke Aceh dan berburu kuliner di sana. Tertarik untuk segera berkunjung ke Aceh? Kamu bisa rencanakan perjalanan dari sekarang dan beli tiket Lion Air dengan cara yang praktis dan mudah melalui aplikasi Traveloka.

kuliner khas aceh enak

Rekomendasi Makanan Khas Aceh Wajib Dicoba

Berikut ini merupakan sederet rekomendasi kuliner khas Aceh yang wajib kamu coba. Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya!

  1. Kopi Aceh

Untuk kamu para pecinta kopi, kamu wajib untuk mencoba Kopi Aceh yang merupakan salah satu kuliner wajib coba disana. Rasanya tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba Kopi Aceh ini, yang juga merupakan salah satu kopi terenak di Indonesia bahkan juga sudah mendunia.

Kopi Aceh ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Kopi Aceh ini sering dikenal luas sebagai Kopi Gayo. Karena, Kopi Gayo ini asalnya memang dari dataran tinggi Gayo di Aceh. Disana, terdapat perkebunan kopi yang sangat luas.

kuliner khas aceh kopi gayo
  1. Mie Aceh

Selain kopinya yang khas, kamu juga wajib mencoba Mie Aceh. Kuliner khas Aceh yang satu ini memiliki rasa yang dominan pedas dan segar. Tentunya, kuliner yang satu ini memiliki rasa rempah-rempah yang cukup kuat. Mie Aceh ini menggunakan mie kuning sebagai bahan dasarnya.

Lalu, dilengkapi dengan sayur-sayuran seperti kol, daun bawang, tomat dan tauge. Selain itu, ada juga daging-dagingan, seperti ayam, sapi dan kambing. kamu bisa meminta Mie Aceh yang disajikan sebagai mie goreng, kuah ataupun tumis. Soal rasanya, kamu pasti akan merasakan sajian mie yang berbeda dari mie lainnya.

  1. Martabak Aceh

Kuliner khas Aceh lainnya yang wajib untuk kamu coba adalah Martabak Aceh. Mungkin di beberapa daerah kamu juga bisa menemukan Martabak Aceh. Namun, tak salah jika kamu mencobanya langsung di daerah asalnya.

Martabak Aceh ini memiliki sedikit perbedaan dari martabak biasanya. Martabak Aceh menggunakan bahan dasar adonan roti canai. Tentu akan berbeda jika terlihat dari tekstur dasar martabaknya. Lalu, adonan roti canai ini membungkus isian dari Martabak Aceh tersebut.

Isian tersebut adalah campuran telur dan daging-dagingan seperti daging ayam atau sapi. Martabak Aceh ini memiliki rasa yang cenderung pedas dan gurih. Untuk kamu pecinta pedas, cobalah untuk mencicipi Martabak Aceh ini.

  1. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap merupakan kuliner khas Aceh yang mengolah ayam sebagai bahan dasarnya, dan tentu juga menggunakan berbagai rempah-rempah yang memberikan kelezatan khas dari kuliner tersebut. Ayam Tangkap ini pembuatannya bisa terbilang cukup mudah.

Pertama, kamu perlu melumuri ayam dengan campuran bumbu yang terbuat dari bawang putih, kemiri, lada, jahe dan garam. Setelah dirasa sudah meresap, ayam tersebut bisa segera kamu goreng selama 5-15 menit hingga matang.

Pada saat digoreng, olahan ayam tersebut juga menggunakan dedaunan aromatik agar memberikan aroma yang khas. Membayangkan pembuatan dari Ayam Tangkap ini saja sudah bisa disimpulkan bahwa kuliner khas Aceh satu ini akan memberikan rasa khas yang lezat dan nikmat, ya!

  1. Engkot Keumamah
kuliner khas aceh engkot keumamah

Jika sebelumnya kuliner khas Aceh mengolah bahan dasar ayam, kali ini ada kuliner khas Aceh yang mengolah bahan dasar ikan tuna. Kuliner tersebut adalah Engkot Keumamah. Ikan tuna yang digunakan sudah direbus, dikeringkan lalu diiris-iris.

Lalu, kuliner khas Aceh yang satu ini juga menggunakan santan kelapa, kentang, dan berbagai macam rempah lainnya. Ada sejarah yang menciptakan Engkot Keumamah ini. Dulunya, Engkot Keumamah merupakan makanan untuk para pejuang Aceh saat sedang melawan penjajah.

Ikan tuna yang sudah melewati proses pengeringan akan lebih awet dan tahan lama sehingga tidak akan mudah basi. Nah, ikan tuna tersebut menjadi bekal para pejuang Aceh dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kuliner khas Aceh yang bisa kamu jadikan referensi sewaktu-waktu kamu ingin berkunjung ke Aceh. Tentunya, jangan lupa untuk mencoba berburu kuliner khas Aceh yang kaya akan rasa dari rempah-rempah tersebut. Penasaran bagaimana rasa dari kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah-rempah? Yuk segera rencanakan perjalanan ke Aceh. Persiapkan segala akomodasi perjalanan kamu menggunakan Traveloka!

Selamat berliburan melihat keindahan dan budaya serta wisata kuliner aka wiskul ke Aceh yuks, Temans. Nikmati makanan khas atau makanan tradisional di tempatnya langsung.
Salam dari jejak mata, rasa dan pikiran YSalma.

Iklan

45 comments

  1. Duh pingin coba engkot keumamah dan ayam tangkap
    Karena 3 yang lainnya ada di warung makan Aceh langganan
    Pastinya gak seenak kalo kita makan hidangan aslinya ya?
    Wajib ke Aceh nih

    Suka

  2. Meskipun kita bisa menikmati kuliner beberapa wilayah di Nusantara tanpa perlu berkunjung ke daerah asalnya, namun rasanya akan berbeda dengan yang dibuat di daerah asalnya. Termasuk cerita menikmati berbagai sajian kuliner di tempat asalnya, akan memberikan kenikmatan yang berbeda.

    Suka

  3. Saya pengin sekali ke aceh, Mbak. Saya sering baca dan tonton, kuliner dan keindahan alamnya memesona. Nah, saya sering makan Mie Aceh. Kebetulan ada juga tetangga jual. Pastinya pengin juga coba kuliner lainnya.

    Suka

  4. Dari sekian banyak kuliner aceh, baru pernah nyobain mie acehnya hehehe. Dua kata dari mie aceh : Kaya Bumbu 😁

    Suka

  5. Wahh penasaran ama kopi aceh, karena ketularan ama suami, suka ngopi pagi2.

    Mie aceh juga enak banget ya apalagi yang ada kepitingnya. Belum pernah makan mie aceh di Aceh nih. Boleh lah kapan2 main ke sana.

    Kalau ayam tangkap itu dibungkus daun pandan ya?

    Suka

  6. Saya belum pernah mengunjungi Aceh. Mbak
    Tapi dari beberapa kuliner yang disampaikan disini yang pernah saya coba ada 2, yaitu kopi Aceh dan Mie Aceh…
    Kopi nya oke banget. Pas untuk dinikmati sambil ngobrol dan merokok. Tapi mie aceh nya kurang pas dengan lidah saya.

    Salam persahabatan,

    Suka

  7. Kuliner Aceh memang enak-enak kok. Sewaktu saya ke daerah Syiah Kuala di Aceh, saya nyobain ayam πŸ” tangkap, rasanya uenak banget. Saya sampe nambah, hehehe… Terus ada lagi mi jalak di pulau Sabang. Terus nyobain kopi Sanger, rasanya mantap πŸ‘

    Suka

  8. Paling familiar sama mie aceh tentu saja. Ayam tangkap juga pernah baca dan kayanya resepnya gampang dicoba. Yang bikin penasaran dan belum nyoba itu kopi acehnya, jadi pengen nyobain

    Suka

  9. Baru nyobain kopi gayo sama mie aceh nih. Tapi belum yang asli disana :((. Pengen banget main ke Aceh sambil kulineran, Kak.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.