[Info] Tata Cara Service Mobil di Bengkel Resmi yang Benar


Mencari dan mendapatkan informasi dari pengalaman orang lain, sebelum melakukan pertama kalinya merupakan sebuah keharusan. Termasuk melakukan perawatan (service) mobil yang baru dimiliki.

Tata cara service mobil di bengkel resmi yang tepat
sumber gambar: cotexo.com.br

Berikut ini merupakan sharing pengalaman servis mobil yang pernah dilakukan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang memerlukannya. Mobil Anda suatu saat, entah karena ada perbaikan ataupun sekedar perawatan, pastilah membutuhkan service, ya kan?

Bagi sebagian orang lebih memilih untuk melakukan service di bengkel resmi karena merasa lebih terjamin. Nah, lalu apakah Anda sudah tahu cara service mobil pada bengkel resmi tersebut? Tentunya ada prosedur tertentu yang harus dilakukan, berbeda dengan service di bengkel biasa.

Kalau Anda service kendaraan di bengkel biasa, tinggal bawa saja mobil langsung akan ditangani sesuai keluhan. Beda halnya dengan bengkel resmi yang memiliki prosedur tersendiri.

Bagi orang yang baru pertama kali atau biasanya hanya service di bengkel biasa, kadang mengalami kebingungan dengan prosedur tersebut.

Alur dan Tata Cara Service Mobil di Bengkel Resmi

Tata cara service mobil resmi dan alurnya
sumber gambar: aca.co.id

Tidak perlu berkecil hati kalau Anda belum tahu bagaimana alur untuk melakukan service mobil di bengkel resmi. Supaya Anda tidak bingung lagi bagaimana cara untuk service mobil di bengkel resmi, simak urutannya berikut ini:

1. Lakukan Pendaftaran

Ketika sudah sampai di bengkel resmi, silahkan Anda langsung melakukan pendaftaran untuk service mobil. Jika antriannya cukup panjang, biasanya Anda harus mengambil nomor dulu dan menunggu giliran. Namun ada juga beberapa bengkel resmi yang sudah menyediakan aplikasi bagi pengguna kendaraan produksinya.

Jadi, untuk melakukan pendaftaran, Anda tidak harus datang ke bengkel tapi cukup melalui aplikasinya saja. Anda bisa melakukan booking lewat smartphone dan menunggu kapan jadwal untuk service kendaraan Anda tersebut. Isilah semua data yang diminta oleh aplikasi dan jika terjadi ketidaksesuaian jadwal dari yang dijanjikan Anda bisa minta kompensasi.

2. Tunggu Mobil Anda Diservice

Pada jadwal service yang telah ditentukan, langsung saja Anda bawa kendaraan ke bengkel resmi terdekat. Sesampainya disana, mekanik akan langsung menangani masalah pada mobil Anda. Untuk service berkala saja, biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam. Bisa menjadi lebih lama kalau ternyata ditemukan ada komponen yang harus diganti.

Biasanya pihak bengkel resmi menyediakan tempat duduk dan ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan. Sambil menunggu mobil selesai di service Anda bisa membaca majalah, menikmati minuman segar yang disediakan ataupun mengakses internet lewat wifi.

Keuntungan Service Mobil di Bengkel Resmi

Tata cara service mobil dengan asuransi mobil terbaik Cekpremi
sumber gambar: dealermarketing.com

Mengapa beberapa kalangan merasa lebih suka service di bengkel resmi dibandingkan bengkel biasa? Karena menurut kalangan ini, service di bengkel yang resmi memberikan keuntungan-keuntungan, diantaranya yaitu:

1. Peralatan yang Lengkap

Sudah jelas jika di bengkel resmi, semua peralatan yang diperlukan untuk service kendaraan tersedia dengan lengkap. Sehingga, apapun masalah pada mobil Anda dapat diatasi saat itu juga. Berbeda dengan bengkel biasa yang umumnya hanya mempunyai peralatan seadanya, tidak selengkap bengkel resmi.

2. Suku Cadang Original

Pertimbangan lain yang membuat orang memilih bengkel resmi adalah semua suku cadang original dari pabrik. Keaslian suku cadang kendaraan yang disediakan oleh bengkel resmi tidak perlu diragukan lagi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari kemana-mana ketika ada spare part mobil yang harus diganti.

3. Mekanik yang Handal

Mekanik-mekanik yang bekerja di bengkel resmi memiliki kualifikasi sesuai standar yang ditentukan. Kemampuan yang dipunyai oleh para mekanik ini tentunya akan mempercepat proses service kendaraan Anda. Mekanik paham betul apa yang harus dilakukan pada mobil Anda sesuai dengan kondisinya.

Itulah berbagai urutan cara service mobil yang perlu Anda pahami. Jadi, sekarang Anda tidak perlu kuatir lagi untuk pergi ke bengkel resmi dan melakukan service mobil. Selain service berkala, yang dibutuhkan oleh kendaraan Anda adalah asuransi mobil terbaik sebagai bentuk proteksi dari segala risiko yang bisa saja terjadi, seperti kecelakaan, pencurian, bencana dan sebagainya. Bahkan uang untuk service mobil Anda juga akan diganti oleh asuransi.

Bukan tentang seberapa baru model kendaraan yang Anda miliki, tapi seberapa merasa aman dan nyaman yang Anda rasakan saat mengendarainya.

Selamat merawat mobil kesayangan Anda, sehingga selalu dalam kondisi baik dan memberikan rasa aman saat berkendara pada momen tertentu dengan mobil pribadi sebagai alat transportasi.

Salam dari jejak #Otomotif melalui mata, rasa dan pikiran YSalma.

Sumber :
https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/tips-servis-mobil-di-bengkel-resmi-plus-keuntungannya/
https://www.honda-ciledug.com/2020/09/tata-cara-servis-mobil-honda-di-dealer.html
https://cintamobil.com/perawatan-dan-service/ternyata-ini-urutan-penanganan-servis-di-bengkel-resmi-aid4451
Iklan

39 comments

  1. servis kendaraan di bengkel resmi memang sudah jelas lebih aman yaa karena semua suku cadangnya dijamin asli, beda saat servis kendaraan di bengkel biasa, masih terbesit dalam hati apakah suku cadang yang dipasang itu asli ataukah kw

    Suka

  2. selama ini kalau kendaraan hanya tinggal pakai saja tidak memikirkan perawatannya, setelah ini kayaknya seru juga ya melakukan perawatan kendaraan sendiri, apalagi kalau tempat servicenya aman dan terpercaya

    Suka

  3. Kalau service di bengkel resmi lebih terjamin keaslian suku cadangnya, skill mekaniknya juga kerja sesuai sop jd tidak mungkin curang

    Suka

  4. Sukaak kalau service di bengkel resmi itu ruang tunggunya bagus, dikasih cemilan dan fasilitas supaya tidak bosan.

    Tapi tidak semua bengkel resmi seperti itu yaa, aku biasa tandai yg pelayanannya baik dan ruang tunggu maupun cemilan/dapat makan siang bakal balik lagi deh.

    Suka

  5. Kalau di bengkel resmi itu bikin nyaman buat servis kendaraan, malah bisa sekalian tanya untuk hal-hal yang diperlukan lagi ya. Makanya memang lebih baik di tempat yang resmi, biar gak kena prank

    Suka

  6. Aku juga suka banget kalo kebagian Service Mobil di Bengkel Resmi.
    Soalnya selalu ada plus-plusnya, kaya ruang tunggunya yang nyaman dan dapat aneka cemilan. Hehhe.. sambil nunggu mobil selesai di service, udahannya perut kenyang.
    Hhhee..

    Suka

  7. Kalau di bengkel resmi yang jadi langganan kami, sebelum datang kami harus reservasi online terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya
    Servis di bengkel resmi memang lebih baik

    Suka

  8. Saya jg selalu pilih bengkel resmi soalnya kan misal butuh onderdil tertentu bisa langsung dapat dan yg ori. Gak ambil resiko sama yg abal2 dah. Masalah harga jg standar. Tapi emang perlu asuransi kendaraan jg sih kuatir ada masalah yg tak terduga di jalan

    Suka

  9. setuju banget sih kalau amu service kendaraan ya di bengkel resminya, misal aku nih pakai dari honda ya aku pasti ke AHASS. soalnya betul banget nih, Suku Cadang Original dan mekaniknya udah profesional. hasilnya juga gak pernah tuh ada komplen setelahnya

    Suka

  10. Saya belum punya mobil jadi belum pernah servis. Cuman kata temen sih suka kaget dengan biayanya walaupun hanya perawatan rutin. Apalagi servis kalo ada kerusakan ya, pasti lebih banyak lagi biayanya. Emang paling bener diasuransikan mobilnya, servis di bengkel resmi biar tenang.

    Suka

  11. Wah pas banget nih mau service mobil dalam waktu dekat ini, ternyata ini tata caranya. Lebih baik ternyata sudah ada asuransinya yaaaa.

    Suka

  12. kelebihan di bengkel resmi ya begitu ya kak, biasanya lebih lengkap peralatannya dan sesuai dengan kondisi kendaraan kita. kalo urusan mbengkel, aku biasanya serahkan ke adek ipar atau suamiku aja hehe

    Suka

  13. Wah selama ini belum pernah servis mobil sebab belum ada yang diserviskan alias gak punya mobil. Pernah pakai punya mertua yang ngurus seringnya suami hehe.

    Membaca ulasan ini menjadi tambahan wawasan buatku. Bengkel emang lebih membuat aman sih ya. Dengan teknisi handalnya.
    Dan lain2nya

    Suka

  14. Pastinya mobil kita akan terawat ya kak kalau service di Bengkel resmi dibandingkan di Bengkel Tidak resmi semoga karena peralatannya kan lebih lengkap ya

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.