[Info] Tata Cara Service Mobil di Bengkel Resmi yang Benar


Mencari dan mendapatkan informasi dari pengalaman orang lain, sebelum melakukan pertama kalinya merupakan sebuah keharusan. Termasuk melakukan perawatan (service) mobil yang baru dimiliki.

Tata cara service mobil di bengkel resmi yang tepat
sumber gambar: cotexo.com.br

Berikut ini merupakan sharing pengalaman servis mobil yang pernah dilakukan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang memerlukannya. Mobil Anda suatu saat, entah karena ada perbaikan ataupun sekedar perawatan, pastilah membutuhkan service, ya kan?

Bagi sebagian orang lebih memilih untuk melakukan service di bengkel resmi karena merasa lebih terjamin. Nah, lalu apakah Anda sudah tahu cara service mobil pada bengkel resmi tersebut? Tentunya ada prosedur tertentu yang harus dilakukan, berbeda dengan service di bengkel biasa.

Kalau Anda service kendaraan di bengkel biasa, tinggal bawa saja mobil langsung akan ditangani sesuai keluhan. Beda halnya dengan bengkel resmi yang memiliki prosedur tersendiri.

Bagi orang yang baru pertama kali atau biasanya hanya service di bengkel biasa, kadang mengalami kebingungan dengan prosedur tersebut.

Alur dan Tata Cara Service Mobil di Bengkel Resmi

Tata cara service mobil resmi dan alurnya
sumber gambar: aca.co.id

Tidak perlu berkecil hati kalau Anda belum tahu bagaimana alur untuk melakukan service mobil di bengkel resmi. Supaya Anda tidak bingung lagi bagaimana cara untuk service mobil di bengkel resmi, simak urutannya berikut ini:

1. Lakukan Pendaftaran

Ketika sudah sampai di bengkel resmi, silahkan Anda langsung melakukan pendaftaran untuk service mobil. Jika antriannya cukup panjang, biasanya Anda harus mengambil nomor dulu dan menunggu giliran. Namun ada juga beberapa bengkel resmi yang sudah menyediakan aplikasi bagi pengguna kendaraan produksinya.

Jadi, untuk melakukan pendaftaran, Anda tidak harus datang ke bengkel tapi cukup melalui aplikasinya saja. Anda bisa melakukan booking lewat smartphone dan menunggu kapan jadwal untuk service kendaraan Anda tersebut. Isilah semua data yang diminta oleh aplikasi dan jika terjadi ketidaksesuaian jadwal dari yang dijanjikan Anda bisa minta kompensasi.

2. Tunggu Mobil Anda Diservice

Pada jadwal service yang telah ditentukan, langsung saja Anda bawa kendaraan ke bengkel resmi terdekat. Sesampainya disana, mekanik akan langsung menangani masalah pada mobil Anda. Untuk service berkala saja, biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam. Bisa menjadi lebih lama kalau ternyata ditemukan ada komponen yang harus diganti.

Biasanya pihak bengkel resmi menyediakan tempat duduk dan ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan. Sambil menunggu mobil selesai di service Anda bisa membaca majalah, menikmati minuman segar yang disediakan ataupun mengakses internet lewat wifi.

Keuntungan Service Mobil di Bengkel Resmi

Tata cara service mobil dengan asuransi mobil terbaik Cekpremi
sumber gambar: dealermarketing.com

Mengapa beberapa kalangan merasa lebih suka service di bengkel resmi dibandingkan bengkel biasa? Karena menurut kalangan ini, service di bengkel yang resmi memberikan keuntungan-keuntungan, diantaranya yaitu:

1. Peralatan yang Lengkap

Sudah jelas jika di bengkel resmi, semua peralatan yang diperlukan untuk service kendaraan tersedia dengan lengkap. Sehingga, apapun masalah pada mobil Anda dapat diatasi saat itu juga. Berbeda dengan bengkel biasa yang umumnya hanya mempunyai peralatan seadanya, tidak selengkap bengkel resmi.

2. Suku Cadang Original

Pertimbangan lain yang membuat orang memilih bengkel resmi adalah semua suku cadang original dari pabrik. Keaslian suku cadang kendaraan yang disediakan oleh bengkel resmi tidak perlu diragukan lagi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari kemana-mana ketika ada spare part mobil yang harus diganti.

3. Mekanik yang Handal

Mekanik-mekanik yang bekerja di bengkel resmi memiliki kualifikasi sesuai standar yang ditentukan. Kemampuan yang dipunyai oleh para mekanik ini tentunya akan mempercepat proses service kendaraan Anda. Mekanik paham betul apa yang harus dilakukan pada mobil Anda sesuai dengan kondisinya.

Itulah berbagai urutan cara service mobil yang perlu Anda pahami. Jadi, sekarang Anda tidak perlu kuatir lagi untuk pergi ke bengkel resmi dan melakukan service mobil. Selain service berkala, yang dibutuhkan oleh kendaraan Anda adalah asuransi mobil terbaik sebagai bentuk proteksi dari segala risiko yang bisa saja terjadi, seperti kecelakaan, pencurian, bencana dan sebagainya. Bahkan uang untuk service mobil Anda juga akan diganti oleh asuransi.

Bukan tentang seberapa baru model kendaraan yang Anda miliki, tapi seberapa merasa aman dan nyaman yang Anda rasakan saat mengendarainya.

Selamat merawat mobil kesayangan Anda, sehingga selalu dalam kondisi baik dan memberikan rasa aman saat berkendara pada momen tertentu dengan mobil pribadi sebagai alat transportasi.

Salam dari jejak #Otomotif melalui mata, rasa dan pikiran YSalma.

Sumber :
https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/tips-servis-mobil-di-bengkel-resmi-plus-keuntungannya/
https://www.honda-ciledug.com/2020/09/tata-cara-servis-mobil-honda-di-dealer.html
https://cintamobil.com/perawatan-dan-service/ternyata-ini-urutan-penanganan-servis-di-bengkel-resmi-aid4451
Iklan

39 comments

  1. Dulu saya pernah servis mobil di bengkel resmi. Memang berasa secure aja, sih. Terus peralatannya juga lengkap. Terima kasih infonya, Mbak.

    Suka

  2. Service resmi atau tidak, kembali lagi kepada para pemilik masing-masing kendaraan ya. Kalo saya pribadi sih mending pilih bengkel resmi, lebih terjamin dan qualified. Sparepart yang digunakan juga asli dan tahan lama
    . Makasih tips kerennya

    Suka

  3. Sepertinya udah ada jadwalnya ya kalau service berkala. Bener sih selain service harus ada asuransinya, penting banget untuk proteksi jaga-jaga kalau ada apa2

    Suka

  4. Pas banget Senin besok mau service ke bengkel. Udah di sms bolak-balik sih sama bengkelnya. Tapi better daftar dulu sih ya, biar pasti dilayanin. Makasih infonya…

    Suka

  5. kudu tau juga ya alur service mobil nih, meski di bengkel terpercaya atau resminya, kita juga harus ikut tau, jadi kalau ada masalah bisa paham juga 🙂

    Suka

  6. Betul, service mobil harus di tempar resminya, jadi aman dan ditangani dengan teknisi yang handal. Jadi, kalau ada kerusakan sparepart bisa langsung ditangani.

    Suka

  7. Terima kasih telah berbagi mbak. Memang bagusnya perawatan mobil di bengkel yang resmi. Jadi lebih aman dan ditangani oleh mekanik yang andal

    Suka

  8. Servis dan asuransi merupakan hal yg sangat penting untuk mobil… He.. He service mobil di bengkel resmi terkadang juga biaya cukup mahal dibandingkan bengkel biasa tapi ya terbalas dengan pelayanan yg memuaskan di bengkel resmi

    Suka

  9. Setuju banget, penting banget menggunakan layanan resmi
    Karena pernah, karena sedang di luar kota, kendaraan keluarga diservice di tempat yang bukan resmi dan mobil jadi gak karuan dong

    Suka

  10. selama ini kalau urusan servis mobil sih ama Paksu aja, habis gak ngerti juga urusan teknisnya.
    tapi harus belajar juga dong ya, kali aja besok-besok terpaksa harus urus servis mobil sendiri.
    kalau di tempat yang resmi biasanya lebih aman dan nyaman sih ya.

    Suka

  11. Iya kemajuan teknologi yang mengahdirkan aplikasi pendaftaran di bengkel resmi sangat membantu. Tinggal buat appointment dan hadir 30menit sebelum jadwal jadi mengurangi waktu antri.

    Suka

  12. penting ini tau, kalau gak tau tany alangsung ke dealernya. aku biasanya kalau daftar malah by wa, jadi tau yang kosong jam beapa. tinggal masuk aja enak

    Suka

  13. Memang untuk service perawatan lebih baik di bengkel resmi karena spare partnya asli, memang sih harga lebih mahal sedikit namun kondisi kendaraan akan jauh lebih baik

    Suka

  14. saya belum pernah sih service mobil di bengkel resmi tapi kalau motor pernah beberapa kali. memang kalau di service resmi itu lebih terjamin keaslian suku cadangnya yaa

    Suka

  15. Kalau merawat mobil yang paling bagus ya membawanya ke bengkel resmi karena lebih terjamin. Peralatannya lengkap dan pelayanannya ramah.

    Suka

  16. Memang kalau mau service Mobil itu sebaiknya di bengkel resmi. Selain pekerjanya memang ahli, garansinya juga terjamin. No tipu-tipu deh ya

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.