Marhaban Ya Ramadhan 1439H – 8 Persiapan Wanita Muslimah dalam Menyambutnya.


Bulan suci Ramadhan 1439H sudah di depan mata, Marhaban ya Ramadhan. Sebelum membahas detail persiapan wanita muslimah untuk menyambut dan menjadikannya Ramadhan terbaik, terlebih dahulu mari kita saling membebaskan hati dari semua prasangka negatif.

Admin YSalma dengan segala kerendahan hati mengucapkan ma’af untuk semua salah kata dan kekeliruan ketik selama ini, baik yang disengaja ataupun yang tidak.

Tulisan ini seharusnya sudah dicatatkan di blog jauh hari sebelum Ramadhan, tapi baru terlaksananya saat ini. Bisa jadi ini sekedar memberikan pembenaran pada prinsip lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali *Duh mak, susah amat bilang kurang rajin nulis 😳 *

Sebenarnya, bukan hanya 8 persiapan yang dilakukan para wanita muslimah dalam menyambut bulan suci Ramadhan, tapi banyak.

Persiapan Muslimah Menyambut Ramadhan-YSalma

8 persiapan disini hanya dianggap hal yang paling mendasar yang kudu dilakukan. Apa saja itu?

1. Menyambut Ramadhan dengan Suka Cita

Setiap muslim dan muslimah tentunya merasa gembira dan bersyukur karena sudah dipertemukan kembali dengan bulan penuh keberkahan ini. Terlepas dari pahala yang berlipat ganda dan Allah akan memberikan ampunan untuk yang ikhlas, mereka yang merasa beriman tentunya akan dengan senang hati menyambut bulan puasa ini. Karena, himbauan atau panggilan puasa itu hanya ditujukan pada orang yang beriman. Maka dari itu, di bulan puasa ini setidaknya kita bisa menakar sendiri kadar iman yang kita punyai.

2. Memperbanyak Do’a

Dua bulan sebelum Ramadhan, kita sudah dihimbau untuk melangitkan do’a agar disampaikan umur bertemu dengan bulan suci ini.

Apalagi jika sudah masuk Ramadhan, harus lebih banyak lagi memintanya lewat do’a pada Sang Pemilik Semuanya.

Alasannya? karena do’a orang yang mau berbuka puasa adalah salah satu dari tiga do’a tanpa hijab atau penghalang, selain do’a orang teraniya dan do’a pemimpin yang adil tentunya (Pemimpin yang dipilih adalah penentu makmur tidaknya rakyat yang dipimpinnya #eh —> keselip nulis :mrgreen:  ).

3. Segera Menyelesaikan ‘Hutang Puasa’

Namanya juga wanita, ada halangan bulanan dan melahirkan yang membuat puasa tidak bisa dikerjakan penuh selama sebulan. Sebelum Ramadhan tiba, semua puasa wajib yang belum diqodha itu sebaiknya disegerakan untuk melunasinya. Sebenarnya, agar lebih leluasa waktunya, lebih baik menyicil membayarnya jauh hari daripada dikebut menjelang Ramadhan.

4. Mempersiapkan Ilmu

Walaupun sudah merasa khotam dengan pengetahuan tentang hal-hal yang membatalkan puasa, ada baiknya pikiran disegarkan kembali dengan mulai membaca adab berpuasa dan hal lain yang berhubungan. Sebab, puasa itu bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar, tapi juga menjaga semua panca indra yang dimiliki.

5. Membersihkan Hati

Namanya juga manusia, tak luput dari khilaf dan alpa. Sebelum Ramadhan dianjurkan untuk meminta ma’af dan mema’afkan dalam hubungan dengan sesama manusia. Jangan sampai hanya mendapatkan rasa capek menahan lapar dan haus gegara hati masih terganjal oleh prasangka buruk terhadap sesama. Sembuhkan semua rasa sakit yang dirasakan hatimu, demi kebaikanmu juga 😳 .

6. Mempunyai Target Pribadi

Sifat alami manusia selalu merasa mempunyai lebih banyak waktu, akan tetapi, begitu sudah dilaksanakan tanpa target dan schedule yang rapi, baru merasa keteteran. Termasuk didalamnya melaksakan amalan-amalan selama bulan Ramadhan. Maka dari itu, ada baiknya diri diberi target agar terlatih dan disiplin. Misalnya, Ramadhan ini harus bisa khatam Qur’an, selalu shalat malam dan duha. Tujuannya agar setelah Ramadhan usai, semua itu menjadi sebuah kebiasaan baik.

7. Mempersiapkan Keluarga

Bagi wanita yang sudah berkeluarga, dari jauh-jauh hari sudah mulai mengkondisikan pikiran anak-anak dan anggota keluarga lain dengan rutinitas selama Ramadhan nanti. Biasanya, seorang ibu juga sudah mendapat request untuk menu buka dari anggota keluarga :mrgreen: .

8. Mempersiapkan Harta

Menyambut Ramadhan bukan hanya fisik, pikiran dan bathin yang harus dipersiapkan, tetapi juga harta.

Dalam hal ini, harta yang dimaksud tujuannya bukan untuk menyediakan menu sahur dan buka yang diluar batas kewajaran, atau untuk baju lebaran maupun pulang kampung. Akan tetapi, hartnya lebih dipergunakan untuk bisa saling berbagi alias berinfaq dan bersedekah.

Itulah 8 hal mendasar yang harus dipersiapkan wanita muslimah menyambut bulan suci Ramadhan.

Ssstt,, sekedar mengingatkan kembali, dua kebahagiaan yang tak tertandingi oleh apapun di dunia ini bagi mereka yang berpuasa :

  • Kebahagiaan saat berbuka puasa.

Walau dari siang sudah mengkhayalkan mau memakan ini itu ketika berbuka, pastinya semua sepakat bahwa kenikmatan dan kebahagiaan tak terkira saat buka itu sudah terlunasi hanya oleh seteguk air mineral.

  • Kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.

Bagi mereka yang beriman tentunya sudah siap mengalami kiamat kecil bagi dirinya atau kematian, kapanpun waktunya tiba tanpa merasa takut akan azab akhirat.
Menurut para guru, ini merupakan salah satu kebahagiaan yang tak tertandingi oleh apapun. *masih perlu belajar banyak dan mohon ampun agar bisa ikut menikmati hal satu ini 😥 *.

***
Tulisan ini merupakan rangkuman dari salah satu bahasan kajian sebuah majelis ilmu yang sempat diikuti. Kurang lebihnya tolong ditambahkan dikolom komentar ya temans 🙂 .

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang melakukannya.

Islam adalah agama yang cinta damai dan menyebarkan kedamaian bagi bumi dan semua penghuninya ❤ .

Iklan

13 comments

  1. 2 kbhagian yg nomer 2 gmn gitu ya sy bcanya, dan klimat terakhir d dlm quote itu sstu bnget jg ya :))

    Slmat mnjlankan puasa mbak ya. Semoga tuntas smpe akhir bln ini, no bolong2 puasanya.

    • Makasih mas,
      Semuanya memang agak2 gimana utk yg nomer 2 itu, padahal, katanya itu termasuk peristiwa yg pasti dialami makhluk yg bernyawa.

      Mudahan semangat puasa sy tetap terjaga dr awal hingga akhir.

  2. Selamat menyambut dan menjalankan ibadah puasa ya mba Ysalma, dan semoga yang 8 ini bisa kita persiapkan dgn sebaik-baiknya sehingga amal ibadah ramadhan kita benar- benar berkualitas dan bisa berharap pada akhirnya~menjadi pribadi-pribadi yang takut pada Allah, amien.
    Salam idul fitri 1 Syawal 1439

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.