Membaca Karakter Seseorang Berdasarkan Nama?


Karakter Berdasarkan namaHari ini saya iseng melihat kata kunci yang mengantarkan pengunjung singgah ke blog ini. Tiba-tiba mata saya membaca kalimat pada salah satu kata kunci yang membuat tersenyum. Bunyinya seperti foto di atas “Ciri-ciri orang berdasarkan nama salma” 😆 .

Hmm,,, ternyata di zaman serba canggih begini, orang tetap tak bisa lepas dari makna yang dikandung sebuah nama.

Menurut kepercayaan yang saya anut, nama adalah salah satu do’a yang diberikan orangtua kepada anak-anaknya. Di dalamnya tersisip sebuah harapan besar. Sedari lahir hingga sampai nanti menutup mata, kita akan dipanggil dengan nama yang diberikan tersebut.

Percaya tak percaya, nama tersebut sedikit banyak memberi pengaruh pada karakter dan sifat si empunya nama.

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, pentingnya arti sebuah nama diketahui anak sejak dini. Sepertinya makna atau arti dari nama yang kita pakai sedikitnya bisa mempengaruhi rasa percaya diri. Makanya sangat dianjurkan untuk memberikan nama yang baik kepada seorang anak.

Tapi, jika sudah terlanjur menyandang sebuah nama yang artinya kurang baik *karena ketidaktahuan orangtua saat itu*. Ada yang memilih mengganti namanya, tetapi kalau sudah besar, bakal ribet mengurus dokumen yang sudah ada, misalnya akta lahir, ijazah, dll.

Ada yang memilih memilih solusi sederhana yaitu dengan mengganti nama panggilannya.

Jika dia seorang aktris dan nama asli yang disandang kurang membawa hoki, dengan diawali potong tumpeng oleh tim manajemennya, nama baru siap mereka umumkan.

Ada juga kepercayaan pada sebagian masyarakat, jika anak yang terlahir suka sakit-sakitan, tidak kunjung diketahui penyebabnya secara medis, salah satu alternatif untuk penyembuhan yang dipilih adalah dengan mengganti nama si anak. Katanya anak tersebut terlalu ‘berat’ menyandang nama yang sudah diberikan itu. Waulllahu alam.

Kembali pada ide tulisan ini, jadi apa ciri seseorang berdasarkan nama Salma?

Berdasarkan pengamatan amatiran saya, kalau yang menyandang nama ini berjenis kelamin perempuan, maka nama yang disematkan biasanya Salma, Salmah, Salamah, dll.
Jika cowok biasanya bernama ‘Salman’. Arti atau makna kata dari nama tersebut sama, yaitu damai, selamat.

Jadi, seseorang dengan nama ‘Salma’ itu diharapkan sama orangtuanya selalu selamat dan damai dalam menjalani hidupnya. Mudah-mudahan dia mempunyai ciri-ciri dengan sikap yang tenang sebagai pribadi.

Ingin tau ciri-ciri umum penampakan fisiknya seperti apa? Lihat saja artis yang menggunakan nama tersebut, sebut saja Salma Hayek, Happy Salma, sapa lagi ya? *lupa*. Ga jauh-jauh beda penampakan lahiriahnya (baca: cantik dan manisnya *emang gula?*)

Bahkan, Sang Pujangga Kahlil Gibran aja juga mempunyai kisah cinta inspirasi dengan seorang perempuan yang bernama ‘Selma Kharami’ dalam karyanya ‘Sayap-Sayap Patah’.

Jadi boleh dibilang, perempuan yang menyandang nama Salma itu bisa menenangkan jiwa gundah seorang laki-laki sekaligus bisa menginspirasi 😆 *ditimpuksamapembaca*.

Ada yang mau menambahkan untuk melengkapi, silahkan di kolom komentar? Biar yang nyari informasi terpuaskan 🙂 .

Ssttt, apapun nama yang kamu sandang, sikapmu sebagai seorang pribadi yang menentukan. Semangat menjadi diri sendiri ya ❤ .

Ingat saja kata penyair Inggris William Shakepeare (26 April 1564-23 April 1616), “That which we call a rose by any other name would smell as sweet“, yang bisa diartikan, “Apalah arti sebuah nama. Andai diberikan nama lain pada bunga mawar, ia akan tetap berbau wangi.”

Salam – Jejak mata, rasa dan pikiran YSalma 🙂 .

 

27 comments

  1. Kenapa ya Mba ada org yg ga pede dgn nama sendiri.
    Klo panggilan saya beda bgt sama nama lengkapnya. Ga ada hubungannya blas. Kt ibu, beliau suka nama panggilan tsb.Hihihi..

    Suka

  2. Kalau diingat-ingat, kenalanku yg namanya Salma kayaknya cuma Mbak doang deh… 😀

    Dulu orangtuaku juga pernah jelasin arti namaku ke aku. Abis itu rasanya aku jadi semakin semangat dalam menjalani hidup *lebay 😀

    Suka

    • Kenalan saya banyak yang namanya salma Dit, termasuk nama pasaran sekarang 😀

      Bukan lebaylah Dit, setiap orangtua pasti punya maksud tersendiri memberi nama anaknya.

      Suka

  3. Hmmmm… namaku sangat susah… kalau ngetiknya ngga benar jarang yang langsung ketemu… jangan2 keberatan kali yaa, hehehe *mikir mau ganti nama nih…

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.