Bebenah Rumah Maya


Rumah Maya alias blog benar-benar hampir sama kondisinya dengan rumah dunia nyata. Jika ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama oleh pemiliknya, sudah dapat dipastikan banyak ‘penghuni’ lain yang ikut menempati. Debu, bangkai serangga dan jaring laba-laba merupakan penghuni yang sering ditemui di rumah kosong.

Saat mulai aktif nge-blog lagi, setelah hiatus panjang. Saya juga sempat bebenah ‘bersih-bersih’ postingan lama yang sangat banyak broken link-nya.

Setelah merasa postingannya ‘aman’ dan sehat dari jaring-jaring yang tak seharusnya, mulai menulis santai dan kegiatan blog seperti biasanya. Blogwalking ke blog yang telah meninggalkan jejak komen, dan menyempatkan mampir ke blog yang ingin dikunjungi.

Saya tidak bisa BW ke banyak blog, selain memang waktunya di sela-sela waktu luang sebagai IRT, juga RAM notebook yang sepertinya sudah ‘capek’ untuk diajak berpikir cepat *adakah yang ingin jadi donatur untuk laptop baru buat ysalma? :hug: *.

Jempolnya dong temans ;)
Jempolnya dong temans πŸ˜‰

Beberapa waktu lalu, saya sempat baca-baca tentang performa blog *halah, hati-hati Mak, ntar puyeng sendiri πŸ˜› * yang banyak menurun di bulan Oktober kemaren.

Saya sendiri merasa blog ini ‘terinfeksi’ wabah tersebut. Mana ini blog belum pulih 100% ke performa awalnya sebelum berubah menjadi TLD. Hanya saja saya ga ngeh, apa yang menyebabkan blog ini ikutan meriang.

Main ke forum dan baca-baca disitu, sebelum notebook nge-hank, tuing, “blog ini dulu kena suspend kan juga gara-gara link di kolom komentar yang dianggap ‘bermasalah’ oleh wp”. Sekarang blog ini ikutan ‘meriang’ setelah dilakukan peninjauan kesehatannya oleh mbah google πŸ˜₯ .

Jadilah kemaren-kemaren saya memutuskan puasa posting dan BW dulu *ga keuber soale*. Sempat sih menyuguhkan kue lopis kepada sobat blogger yang sempat singgah. Terima kasih ya, ngobrolnya ga ditemani tuan rumah, tapi tetap di perhatikan dari jauh ko ❀ .

Bebenah, ngecek jaring laba-laba maya yang ditinggalkan pemiliknya.

Ternyata, di tahun pertama nge-blog, saya berbalas komen itu rata-rata sama blogger cowok unyu-unyu semua *dasar emak-emak lupa umur* πŸ˜† . Blogger cewek hanya satu-dua dan itupun jarang-jarang. Walau sebenarnya saya BW ke semua jenis kelamin narablog. Blogger cewek lebih susah diraih hatinya oleh emak-emak ini *halah*. Mau memasuki tahun kedua, baru ada blogger cewek yang mampir πŸ˜‰ .

Efeknya apa sama blog? Secara blogger cowok unyu-unyu itu adalah anak muda dengan tingkat kreativitas dan keinginan mencoba-coba yang sangat tinggi. Kebanyakan tergiur merubah blog ke TLD gratisan dot co dot apalah dulu itu namanya. Kemudian semua TLD itu dibabat habis oleh si mbah google 😦 .

Akibatnya, semua jejak komen yang ditinggalkan di rumah-rumah maya yang mereka kunjungi jadi broken link.

Termasuk jejak komen di blog ini, misalnya dari 30 komen yang ada di setiap postingan, hanya dua link yang hidup, sisanya berstatus 404. Mata pegal, tulang punggung dan jari serasa mau rontok membersihkan si 404 ini πŸ˜₯ . Tak apalah, itu bagian dari perjalanan membangun rumah maya. Mudah-mudahan di awal tahun 2015 nanti, blog sudah membaik dan pulih kembali.

*** Blogger ga BW atau berbalas komen itu, pasti ada alasannya, tetap positif thinking ya πŸ™‚ .

48 comments

  1. broken link saya banyak banget, karena sebagian adalah hasil import dari blog lain. pengaruhnya apa, uni kalau masih ada/banyak broken link itu?

    Suka

    • Top Level Domain Kak, yang dibelakang dot com itu *ini kan berbayar* jaman dulu kan ada yg gratis tuh Kak yang dot co dot co kalau ga salah.
      Iya ternyata Kak, komen di blog ini diawal, ternyata sudah 95% broken link 😦

      Suka

      • wah.., komen yg lama2 itu sama juga dong broken link…, haduuh kapan punya waktu bersih2 ya,
        musti buka kompi dong, selama ini cuma dari hape aja sih ngeblognya

        Suka

        • Tinggal cari ‘pengecek’ otomatisnya di google dulu Kak *saya lupa linknya, ini salah satu sebab sy suka nulis sok tau tentang blog, secara setelah mengetikkannya, perlu lagi, saya lupa nama linknya* 😦
          Nah udah tau yg linknya ga benar, baru diperbaiki.

          Suka

  2. Saya mah malah ngga ngerti kapan itu meriang hehe
    Ngecek2 juga ngga ngerti banget, alhamdulillah masih ada yg mau mampir hehe

    Saya berusaha sowan ke teman-teman yg sudah jd kontak mbak eeh manggilnya Uni ya..:)
    Jadi sebisa mungkin baca yg ngikut blog saya dan saya polbek, saya ngga terlalu suka banyak2 teman tp ngga akrab.., punya tetangga yg ramah meski ngga banyak itu lebih bikin adem πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

    • Hehehe, saya itu bolak balik BW biasanya keitu lagi itu lagi Teh, cuma kadang memang notebook ga bisa diajak lari, ya jalan pelan.
      Saya BW sih ke blog yg udah follow tapi ga ninggalin jejak, kalau mereka ga ninggalin jejak. Soale pernah SKSD *isengnya kumat*, eh malah bikin sepet yg punya rumah hahahaha.
      Jadi di situ tau, kadang orang follow blog hanya ingin tau sesuatu, tapi tidak ingin di ganggu πŸ™‚

      Disukai oleh 1 orang

      • Wah sama doong hehe
        Iya ya..sama juga yg point kedua, pernah becanda gitu komentarnya, eeeh ternyata memang spt uni Y, dia ngga mau diganggu πŸ˜€

        Jd saya suka baca2 komentar2 yg lain dulu dan balasan yg punya rumah, kalau kelihatannya tuan rumah nyantei, ya bisalah diajak becanda dikit… Jadii kalau saya agak2 oot maafkeun saya ya Un… πŸ™‚

        Suka

  3. Sama Mbak, blog aku jugak banyak dikunjungi blogger cowok daripada blogger cewek.. Hihihi.. πŸ˜›

    Aku jugak mau berbenah blog Mbak, keknya pengen ganti tema trus naruh script apa gitu.. Heheh..

    Suka

    • Kalau sekarang blog ku udah banyak ceweknya Beb, dulu emak-emak di kelilingi blogger cowok unyu-unyu tapi jarang yg dengan identitas sebenarnya hahahha

      Beby kan jago program, hayo di praktekkan dan pada dikasih yg lain bocorannya. Berbagi ilmu itu kan ga pernah rugi Beb πŸ™‚

      Suka

      • Buahahah.. Iya Mbak, keknya dulu banyakan cowok ya.. Aku jugak sering ngepoin blogger aktif sebelom punya blog, eyalah banyak cowok.. Hihihi.. πŸ˜›

        Ah.. Aku ngga jago, Mbak.. Masih banyak belajar.. :’ Pasti dibagiin kok gratis. Heheh..

        Disukai oleh 2 orang

  4. Insya Allah gak akan berburuk sangka kalo belum bisa dikunjungin balik lah mbak…
    Wong sendirinya aja kalo mau BW suka banyak aral rintangannya…halah…
    biasanya sih penghalang berupa Kdrama yang menggoda minta segera ditamatin gitu laaah…hihihi…

    Suka

    • Haha, percaya deh Bi,,
      hati mu selalu penuh cinta, tatapan si Bibi penuh dengan gambar hati berwarna pink,
      apalagi setelah nonton drakor yg heppy ending πŸ˜€

      Suka

  5. Selamat bebenah rumah maya Uni, izin ikutan belajar ya Uni.
    lah saya sama sekali nggak ngeh dengan aturan mainnya, termasuk beresin yang broken link.
    Selama ini ngeblognya masih sebatas gini-gini aja hehe.
    Salam hangat

    Suka

    • nyawanya blog kan memang di tulisan mbak,
      saya itu karena kebanyakan isengnya, sedikit ingin tau jg, trus ikutan latah nyoba-nyoba, makanya ini blog sampai 2x di suspend sama wp πŸ™‚

      Suka

  6. Uni, aku juga blog nya gratisan…. Apa nanti bisa ngilang juga?
    *duh maafkan nanya nnya menunjukan aku ga tau apa apa soal per blog-an hihihi, maklum emak emak ga gaulπŸ‘

    Suka

    • Enggak, kalau yg di wordpress.com bakal ada selamanya, asal kita ikut aturan mainnya mereka,
      kalau pun di rubah dot com ke wpnya jg, blog yg gratisan sebelumnya itu tetap ada.
      Yang dimaksud tulisan diatas itu untuk domain gratisan, nama URLnya dipersingkat dengan cara yg tak sewajarnya.

      Suka

  7. Aku juga kayanya banyak deh link2 yang gajebo… kan dulu banyak peninggalan MP… 😦

    Aku harus bebenah juga dong yaaa..

    Suka

    • kalau mau ngerawat rumahnya, memang harus bebenah Firsty,
      kan sayang rumahnya ada jaring gajebonya, kalau ‘gulai gajebo’ mah enak πŸ˜€ *resikonya kolesterol ding*

      Suka

  8. Wadu, saya kena sindir nih, mbak :D. Nampaknya blog saya juga sudah aut-autan, gak terurus. Paling laba-labanya sudah banyak buka lapak di sana, hihi. Sebentar, mampir ke blog cowok unyu-unyu?, saya?, owalah benar, haha. *langsung ditoyor mbak.

    Suka

    • Top Level Domain, Dan. Kayak dot com, dot me, dkk.

      Dulu itu wp gratisan pd dirubah jadi dot co co , dot tk, tp menggunakan aplikasi gratisan jg, biar URL blognya jd singkat *teman BW sy diawal ngblog banyak yg ikutan, hilang semua akhirnya dibabat mbah gugel,padahal blog mereka bagus-bagus.

      Suka

  9. padahal blog ini aktif banget lho..

    sengaja mampir liat arsip dan ter-wow-wow liat arsip tulisan per bulan bisa 32… produktif sekali mb… mantapp… πŸ™‚

    Suka

  10. Waduh, aku nggak pernah bersih-bersih nih, Mbak…. Ternyata pengaruhnya nggak baik, ya…. Duh nggak kebayang banyaknya yg harus dibersihkan karena sejak ngeblog sama sekali belum pernah bersih-bersih….

    Suka

  11. Iya ya … saya terkena penyakit ‘nge-blog pasang surut x ya? Padahal sudah pasang motto ‘sekali ngelog tetap ngeblog … πŸ˜›

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.