Cara Menemukan Ide Tulisan Untuk Blog


Cara Menemukan Ide Tulisan Untuk Blog bagi sebagian orang bukanlah sesuatu yang sulit. Tapi bagi sebagian yang lainnya sangat dipengaruhi oleh suasana hati.

Kalau lagi mood, bangun tidur aja sudah dapat inspirasi yang akan dicatatkan, apalagi kalau sudah melongok keluar rumah melihat matahari pagi, ide tulisan seperti meloncat-loncat di kepala.

Menemukan Ide Menulis Untuk BlogTapi kalau lagi mandeg, gak tau mau menulis apa di blog, semua terasa garing dan tak layak untuk dibagi di blog *mati gaya*.

Padahal blog yang dipunyai adalah personal blog, seharusnya apa yang kita rasa, kita pikir, kita lihat, boleh-boleh aja kita catatkan di blog, asalkan tulisan tersebut tidak mengganggu orang lain.

Apakah yang dituliskan di blog, selalu apa yang kita sukai dan kita lakukan?

  • Seharusnya sih iya, khususnya untuk personal blog. Secara sesuatu yang disukai sangat mudah untuk diungkapkan, dikembangkan, digali kelebihan dan kekurangannya. Sehingga tak perlu ribet mencari ide tulisan.
  • Bagi yang mengelola blognya secara profesional, dapat dipastikan hanya gaya penyampaian tulisan aja yang menjadi ciri khas dan bagian dari diri admin-nya. Sedangkan isi tulisan, umumnya lebih kepada memenuhi ‘tuntutan pembaca’ blognya alias yang rame dicari orang lain *pembaca itu luas, tidak hanya seorang blogger kan?*

Jadi, Bagaimana cara menemukan atau mendapatkan ide tulisan untuk blog?

  • Jaga Mood
    Harus pinter-pinter menjaga ‘mood’, jangan terlalu terpengaruh celotehan orang lain. Tulisan orang lain di blog terlihat hebat, berat dan berisi, sehingga banyak yang suka dan meng-share. Itu mereka. Sementara tulisan blog kita biasa-biasa aja, kalau isinya menurut kita sangat berarti dalam perjalanan hidup, ya tetap tuliskan. Bukankah blog salah satu dokumentasi pikiran ๐Ÿ™‚ . Yang dipikirkan setiap orang kan berbeda-beda, ya enjoy aja ๐Ÿ˜‰ .
  • Melihat dan Mengamati
    Rajin mengamati peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Bagi yang setiap harinya berkegiatan di luar rumah, sangat banyak mengamati dan melihat kejadian biasa, luar biasa, yang sangat bisa dijadikan ide tulisan atau postingan blog. Melihat sambil lalu, kemudian lupa.

    Tapi kalau proses melihat disertai dengan pengamatan, pikiran agak bekerja sedikit saat proses melihat itu. Sehingga ada ‘rekaman’ peristiwa menarik itu dalam kepala. Ketika menuliskan tinggal putar ‘rekaman’ yang tersimpan di kepala agar tak tertimbun pengamatan lain.

    Bagi yang ‘di rumah’ tidak perlu berkecil hati, kita dapat mengamati peristiwa dunia lewat telivisi atau menjelajah dunia melalui media internet, salah satunya dapat dijadikan satu pilihan dalam menemukan ide tulisan.

  • Berimajinasi
    Jadikan imajinasi sebagai teman akrab. Tulisan kan gambaran imajinasi dalam rangkaian kata-kata. ‘Rekaman’ peristiwa yang kita lihat kemudian diolah menjadi tulisan bergaya kita dengan bantuan imajinasi.

    Sebuah foto bagus yang dilihat bisa jadi ide tulisan, dengan bantuan ‘imajinasi’ dapat dijadikan sebuah cerita menarik. Bukankah kita semua adalah ‘pendongeng’ kehidupan berdasarkan imajinasi di kepala masing-masing.

    Walau tidak semuanya bisa menuliskan imajinasi dalam karya fiksi yang indah, tapi semua bisa mencatatkan, menuliskan imajinasi itu dalam tulisan *kan udah belajar menulis dari TK ๐Ÿ™‚ *

  • Membaca
    Rata-rata mereka yang senang menulis biasanya juga suka membaca. Minimal ada satu masa dalam hidupnya, dia kecanduan membaca, apakah membaca novel, membaca buku kelas berat, komik, dll. Rajin membaca blog orang lain juga bisa memunculkan ide tulisan lho.
  • Mencatat
    Ada yang menarik, apalagi ada pelajaran yang bisa diambil dari hasil pengamatan dan membaca di atas, tinggal kita catatkan, minimal dalam satu kalimat utama. Secara kalau tidak langsung dicatatkan, seringnya sih lupa. Kan sayang, ide tulisan menguap begitu saja.

Setelah ada waktu senggang untuk menulis, tinggal memainkan jari untuk mengetikkan dan mengembangkan ide itu menjadi sebuah tulisan dengan improvisasi dan sentuhan pribadi di sana-sini. Jadilah sebuah postingan rasa admin blog, yang mudah-mudahan bisa menginspirasi orang lain ๐Ÿ˜€

Ternyata hanya sesederhana itu ya, tapi kadang rasa malas, mengalahkan segalanya. Apalagi kalau kelamaan berhenti menulis, dan menulis bukanlah sebuah hobi tapi hanya salah satu dari relaksasi pikiran, sepertinya untuk mendapatkan sebuah ide tulisan akan terasa agak lebih sulit.

Mudah menemukan ide buat tulisan karena terbiasa, berlaku juga ternyata untuk meng-update postingan blog. Kalau dalam pepatah Minangnya seperti berikut, “lanca jalan dek batampuah, lanca kaji dek baulang” (hafal jalan karena sering ditempuh/dilewati, lancar/hafal/tau ‘ilmu’ karena sering diulang).

Kalau menurutmu sobat, bagaimana cara kamu menemukan ide tulisan untuk blog? Bolehlah kita berbagi tips โค .

64 comments

  1. Kalau ideku apa ya? Ehm… Kayaknya dari bacaan deh, Mbak. Misalnya aku sedang baca buku dan menurutku bukunya bagus, kupikir kenapa tidak aku share di blog? Selain tentu saja tujuannya supaya aku lebih bisa memahami buku tersebut dengan membahasnya dan menceritakannya. Jadi, aku semakin pintar dan pembaca blogku pun bisa baca update blogku. Semuanya untung kan? Halah. ๐Ÿ˜†

    Suka

    • aku termasuk yang ikutan baca rangkuman buku itu,bagus-bagus,
      tapi kalau disuruh baca bukunya, saya pasti langsung angkat tangan *udah lama ga membaca ‘buku’ kayaknya ๐Ÿ˜€

      Suka

  2. kalo aku kendalanya cuma satu mbak Y, males nulisnya *ups* hihihihihi. Maksudku, kalo ide sih pasti ada aja, tapi ya begitulah, kadang males aja nulis di blog *nyengir*

    Suka

  3. wah, cocok nih tipsnya untuk yang sering kena wabah hiatus (seperti saya~) :mrgreen:
    hmm, mungkin karena blog saya jenisnya personal blog, makanya lebih banyak diisi dengan pengalaman pribadi atau curhatan ya~ ๐Ÿ˜†

    Suka

  4. Ide berseliweran di sekitar kita ya Uni, hanya kadang gak sempat finalisasinya.
    Apresiasi untuk produktivitas Uni yang terjaga tinggi.

    Suka

  5. Yang namanya mood dan hasrat menulis itu memang suka aneh … kadang menggebu … kadang melempem …
    semoga saja kita semua bisa konsisten menulis … walaupun tidak setiap hari … yaaa paling tidak seminggu dua kali laaahh … syukur bisa lebih …

    Melihat dan Mengamati …
    saya setuju sekali … pengalaman pribadi … sebagian besar tulisan saya berasal dari dua kegiatan tersebut …

    salam saya Uni
    (23/10 : 17)

    Suka

    • Iya, semangat lagi Om
      Blognya sudah punya pembaca tetap yang setia, sayang kalau tidak diberikan suguhan
      Terima kasih sudah mampir dan menguatkan tipsnya, bagi mereka yang memerlukannya Om ๐Ÿ™‚

      Suka

  6. Biasanya aku dapet ide pas lagi di jalan gitu mbak, lagi berkendara sepeda motor. Makanya suka kerepotan nyatet idenya, haha…. Begitulah, ide memang sering datang sesuka hatinya ๐Ÿ˜€

    Suka

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Ysalma…

    Saya lebih menang menulis berdasarkan pengalaman masa lalu dan seharian yang lebih enak diingat dan dijiwai. tetapi memang tidak mudah bagi mereka yang kurang minat menulis dan membaca, ya mbak. Tipsnya menarik dan bermanfaat.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ™‚

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.