Cara Meningkatkan Trafik (Jumlah Pengunjung) Blog


Cara Meningkatkan Trafik (Jumlah Pengunjung) Blog perlu di ketahui oleh setiap blogger. Apalagi bagi pemula seperti admin blog ini *umur blog sudah lumayan lama, tapi selama ini, blog ini seperti hidup segan, mati tak mau 😛 *

Blog Walking (BW) atau berkunjung ke blog lain adalah cara paling umum yang digunakan untuk meningkatkan trafik blog. Minimal kita mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog yang kita tinggalkan komentar *kalau dia mau*. Apalagi kalau blog yang kita kunjungi itu rame dan kita termasuk komentator pertama. Link blog yang kita tinggalkan punya kesempatan besar untuk ‘diklik’ dan dikunjungi balik oleh pengunjung lain.

Tetapi cara ini kurang efektif, perlu berapa banyak blog yang mesti kita kunjungi dalam sehari, untuk menghasilkan trafik yang diinginkan? Capek iya, hasilnya belum tentu sepadan.

Dan lagi, BW itu sifatnya suka rela, tak ada kewajiban kalau sudah dikunjungi, kemudian wajib berbalas kunjungan. Kalau ga dikunjungi balik, ngambek, bilang blogger yang itu sombong *hello, hari gini*.

Jangan bersifat kekanak-kanakan seperti itu dan berprasangka negatif. Lebih baik berpikir positif dan mulai belajar cara menaikkan trafik blog yang lain. Jadi, Bagaimana caranya?

Cara Meningkatkan Trafik Blog
Cara meningkatkan Trafik (jumlah pengunjung) blog :

Berdasarkan pengalaman beberapa waktu terakhir ini, dan hasil ngintip tips dari blogger mastah. Berikut rangkuman biar blog rame pengunjung :

  • Rutin Update Postingan
    Rajin meng-update postingan dan konsisten. Jangan kalau lagi rajin dan banyak ide, bisa 10 posting dalam sehari, tapi begitu rasa malas mendatangi, tak berminat memperbaharui konten blog. Dengan kita rajin memperbaharui postingan, pengunjung blog juga akan rajin berkunjung ke blog kita.
  • Isi Posting Menarik
    Katanya sih jangan juga asal update! Walau blog yang kita punya adalah personal blog. Sekali-sekali buatlah posting yang menarik dan banyak dicari orang, jadi kita tidak terlalu bergantung pada BW (Blog Walking) dalam mendatangkan pengunjung ke blog.
  • Promosi di Sosial Media
    Hampir setiap orang memiliki akun di sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, dst. Manfaatkalah akun di sosial media itu untuk mempromosikan blog *saya punya akun di medsos, isinya link blog doang, gimana mau jadi ajang promosi?*. Promosi itu kan setidaknya ada sedikit interaksi dengan cuap-cuap untuk menarik perhatian ya 😉 .
  • Jadi Diri Sendiri
    Kadang kita mendapatkan ide postingan setelah melihat, membaca postingan orang lain. Gak apa-apa dan ga ada larangannya, yang penting sampaikan dan bahas dengan gaya dan bahasa sendiri, kalau perlu lengkapi kekurangan dari postingan sebelumnya. Tapi jangan main copas ‘plek’ 100 %, itu tak baik.
  • Template/Desain Blog Simple Tapi Menarik
    Desain blog menarik dan tak rumit, tentu lebih diminati oleh pengunjung. ‘Menarik’ bagi setiap orang berbeda-beda. Boleh aja mempergunakan template blog simple dan sederhana, tetapi semua yang diperlukan pengunjung terlihat dengan mudah, seperti posting terbaru, cari, dll. Dan yang paling penting, loading blog harus cepat. Walau desain blog menarik perhatian, tapi kalau loadingnya lama, pengunjung takkan betah menunggu.
  • Sabar dan Fokus
    Walau sudah menerapkan semua hal diatas, bukan simsalabin abrakadabra, blog bakal langsung ramai. Tidaklah, tetap perlu waktu. Kita tetap harus sabar dan fokus sama tujuan awal nge-blog. Dan tetap ingat, sesuatu yang instan tidak akan bertahan lama, tetapi sesuatu yang memerlukan proses, hasil akhirnya pastilah manis. Biar kita ga mudah patah arang dan tetap semangat berbagi melalui tulisan.

Apakah teman-teman punya tips nge-blog tambahan lain, agar trafik blog tinggi? Bolehlah kita saling berbagi informasi.

Iklan