Cara Menemukan Ide Tulisan Untuk Blog


Cara Menemukan Ide Tulisan Untuk Blog bagi sebagian orang bukanlah sesuatu yang sulit. Tapi bagi sebagian yang lainnya sangat dipengaruhi oleh suasana hati.

Kalau lagi mood, bangun tidur aja sudah dapat inspirasi yang akan dicatatkan, apalagi kalau sudah melongok keluar rumah melihat matahari pagi, ide tulisan seperti meloncat-loncat di kepala.

Menemukan Ide Menulis Untuk BlogTapi kalau lagi mandeg, ga tau mau menulis apa di blog, semua terasa garing dan tak layak untuk dibagi di blog *mati gaya*. Padahal blog yang dipunyai adalah personal blog, seharusnya apa yang kita rasa, kita pikir, kita lihat, boleh-boleh aja kita catatkan di blog, asalkan tulisan tidak mengganggu orang lain.

Apakah yang ditulis di blog, selalu apa yang kita sukai dan kita lakukan?

  • Seharusnya sih iya, khususnya personal blog, secara sesuatu yang disukai sangat mudah untuk diungkapkan, dikembangkan, digali kelebihan dan kekurangannya. Jadi tak perlu ribet mencari ide tulisan.
  • Bagi yang mengelola blognya secara profesional, sudah dipastikan gaya penyampaian tulisan aja yang menjadi ciri khas dan bagian dari diri adminnya. Tetapi isi tulisan, umumnya lebih kepada memenuhi ‘tuntutan pembaca’ blognya alias yang rame dicari orang lain *pembaca itu luas, tidak hanya seorang blogger kan*

Jadi, Bagaimana cara menemukan atau mendapatkan ide tulisan untuk blog?

  • Jaga Mood
    Harus pinter-pinter menjaga ‘mood’, jangan terlalu terpengaruh celotehan orang lain. Tulisan orang lain di blog terlihat hebat, berat dan berisi sehingga banyak yang suka dan men-share, itu mereka. Sementara tulisan blog kita biasa-biasa aja, isinya menurut kita sangat berarti dalam perjalanan hidup, tetap tuliskan. Blog salah satu dokumentasi pikiran kan 🙂 . Yang dipikirkan setiap orang kan berbeda-beda, enjoy aja 😉 .
  • Melihat dan Mengamati
    Rajin mengamati peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Bagi yang setiap hari berkegiatan diluar rumah, sangat banyak mengamati dan melihat kejadian biasa, luar biasa, yang bisa dijadikan ide tulisan atau postingan blog. Melihat sambil lalu, kemudian lupa. Tapi kalau disertai dengan pengamatan, pikiran agak bekerja sedikit saat proses melihat itu. Sehingga ada ‘rekaman’ peristiwa menarik itu dalam kepala.
    Bagi yang ‘dirumah’ mengamati peristiwa lewat telivisi atau media internet dapat dijadikan satu pilihan dalam menemukan ide tulisan.
  • Berimajinasi
    Jadikan imajinasi sebagai teman akrab. Tulisan kan gambaran imajinasi dalam rangkaian kata-kata. ‘Rekaman’ peristiwa yang kita lihat kemudian diolah menjadi tulisan bergaya kita dengan bantuan imajinasi.
    Sebuah foto bagus, dengan bantuan ‘imajinasi’ bisa dijadikan sebuah cerita menarik juga. Kita semua adalah ‘pendongeng’ kehidupan berdasarkan imajinasi di kepala masing-masing.

    Walau tidak semuanya bisa menuliskan imajinasi dalam karya fiksi yang indah, tapi semua bisa mencatatkan, menuliskan imajinasi itu dalam tulisan *kan udah belajar menulis dari TK 🙂 *

  • Membaca
    Rata-rata mereka yang senang menulis biasanya juga suka membaca. Minimal ada satu masa dalam hidupnya, dia kecanduan membaca, apakah membaca novel, membaca buku kelas berat, komik, dll. Rajin membaca blog orang lain juga bisa memunculkan ide tulisan lho.
  • Mencatat
    Ada yang menarik, apalagi ada pelajaran yang bisa diambil dari hasil pengamatan dan membaca diatas, tinggal kita catatkan, minimal dalam satu kalimat utama. Secara kalau tidak langsung dicatatkan, seringnya sih lupa. Kan sayang, ide tulisan menguap begitu saja.

Setelah ada waktu senggang untuk menulis, tinggal memainkan jari untuk mengetikkan ide itu menjadi sebuah tulisan dengan improvisasi dan sentuhan pribadi di sana-sini. Jadilah sebuah postingan rasa admin blog, yang mudah-mudahan bisa menginspirasi orang lain 😀

Ternyata hanya sesederhana itu ya, tapi kadang rasa malas, mengalahkan segalanya. Apalagi kalau kelamaan berhenti menulis, dan menulis bukanlah sebuah hobi tapi hanya salah satu dari relaksasi pikiran, sepertinya untuk mendapatkan sebuah ide tulisan akan terasa agak lebih sulit.

Mudah menemukan ide buat tulisan karena terbiasa, berlaku juga ternyata ya. Kalau dalam pepatah Minangnya seperti berikut,”lanca jalan dek batampuah, lanca kaji dek baulang” (tau jalan karena sering ditempuh/dilewati, lancar/hafal/tau ‘ilmu’ karena sering diulang).

Kalau kamu sobat, bagaimana cara kamu menemukan ide tulisan untuk blog? Bolehlah kita berbagi tips ❤ .

Iklan