Mata Kedutan dan Mitos Yang Perlu di Waspadai


Mata Kedutan dan Mitos Yang Perlu di Waspadai dengan cermat. Bertahun-tahun lamanya saya terjebak dengan informasi kalau mata kedutan di kelopak atas atau bawah mengandung makna tersendiri. Walau percaya tak percaya, mitos itu ada aja yang meyakininya.

Mungkin karena kedutan pada mata jarang terjadi dan hanya berlangsung beberapa detik, makanya begitu ada yang mengalami kedutan langsung heboh sendiri. Yang mendengar spontan memberikan penjelasan berdasarkan mitos yangΒ  beredar.

Mata Kucing pernah kedutan ga ya?

Mata Kucing pernah kedutan ga ya?

Kalau kedutan terjadi di sekitar mata kanan dipercaya akan mendapatkan kesenangan dalam waktu dekat. Sebaliknya kalau kedutan terjadi di sekitar mata kiri akan menangis.

Mitos lainnya tentang mata kedutan ini, kalau kedutan di mata kanan akan mendapatkan rezki, kalau kedutan mata kiri akan bertemu orang yang disayangi ❀ .

Beberapa hari ini mata kanan saya mengalami kedutan. Biasanya di abaikan aja, secara akan hilang dengan sendirinya. Tapi setelah berlangsung beberapa kali, saya mulai merasa tidak nyaman. Kadang mata kiri juga ikut-ikutan kedutan. Barangkali musim mata kedutan ❓ .

Mana inet tetap aja lelet, ga seperti sebelumnya. Bisa-bisa keburu mengkerut menunggu loading satu halaman, ga betah euyy *ini apa hubungannya sama mata kedutan ya πŸ˜› * .

Penasaran dong sama kedutan di mata yang lumayan sering itu, mana mitos yang katanya bakal tertawa dan dapat rezki juga tidak terjadi πŸ˜† . Mulai agak rada-rada parno, kedutan itu kan syaraf yang membangkang terhadap perintah otak? Jangan-jangan mata kedutan itu adalah tanda adanya penyakit atau alarm terhadap kesehatan tubuh. Ih, serem.

Akhirnya browsing tanya-tanya ke mbah Google. Sambil istigfar dengan penuh kesabaran menunggu inet yang lelet. Berusaha mengatur nafas, jangan sampai emosi dan terjadi apa-apa terhadap notebook yang tinggal semata wayang ini.

Akhirnya terdampar ke sini

Mata Kedutan Menurut Medis :

Kedutan (twitching) itu merupakan salah satu gejala dari kelainan pada mata yang di sebut dengan Blepharospasm. Gejala lainnya berupa kedutan kelopak mata yang tidak terkontrol.

Blepharospasm ini bersifat bilateral, episodik, yang ditimbulkan oleh kontraksi otot orbicularis oculi yang involunter. Penyebab dari Blepharospasm yakni idiopatic atau tidak diketahui.

Namun demikian, kondisi stres psikis atau fisik (kelelahan) dapat memicu timbulnya Blepharospasm ini. Situasi mata dengan kelainan Blepharospasm biasanya terjadi pada kedua mata, namun bisa saja awalnya hanya terjadi pada satu mata.

Bila kondisi tersebut terjadi berulang kali tanpa ada perbaikan, terlebih bila telah mengganggu aktivitas keseharian, maka perlu dilakukan pemeriksaan indera penglihatan kepada Spesialis Mata untuk diobservasi lebih lanjut.

Selesai membaca penjelasan di atas langsung urut dada. Gila internet lelet bisa juga menjadi pemicu stres, mata jadi tegang karena lebih melotot dari biasanya melihat monitor.

Banyak-banyaklah bersyukur dan ambil hikmahnya, Mak. Mata jangan dipergunakan untuk melototin monitor dan TV aja. Sekali-sekali pejamkanlah dia dengan ikhlas bukan hanya karena tuntutan kantuk yang sudah mendera. Ajaklah dia melihat sesuatu yang membuatnya mengerjap-ngerjap penuh ketakjuban. Ini salah satu cara mengatasi mata kedutan. Stres hilang mata semakin bening. Mitos di percaya πŸ˜› .

Penyebab lain mata kedutan selain stres, tegang dan cemas, di antaranya:

  • Kelelahan karena kurang tidur *efek dari stres juga*. Tubuh yang lelah tidak dapat bekerja secara optimal, termasuk pada kelopak mata.
  • Begadang dengan konsumsi kafein berlebihan. Untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sudah mendekat tenggak waktu, perlu konsentrasi lebih dan tambahan jam kerja dari biasanya. Umumnya yang dipergunakan sebagai doping adalah minuman kopi atau minuman berkafein lainnya. Aktivitas ini membuat orang terjaga dan otot mata bekerja menjadi lebih keras, sel saraf kelopak mata akan terstimulasi terlalu berlebihan, kedutan pun akan terjadi secara mendadak.
  • Iritasi permukaan mata.
    Teman lain dari begadang biasanya tembakau alias rokok. Bagi yang candu rokok, ngepul semalaman juga kuat. Akibatnya, mata yang sudah dirangsang oleh minuman kafein, terpapar asap rokok, mata jadi kering dan mengalami sedikit iritasi. Ini bisa saja menyebabkan mata mendadak kedutan.

Kalau ada yang mengalami mata kedutan, jangan keburu senang dengan mitos yang selama ini beredar. Coba diingat-ingat, mungkin sedang mengalami emosi jiwa terpendam :mrgreen: .

Iklan