Resiko Tanaman di Pot


Resiko Tanaman di Pot kalau ditinggal cukup lama sama pemiliknya akan kekeringan, secara akarnya belum sampai ke tanah untuk bisa mencari air sendiri. Ini dialami oleh pohon rambutan yang saya tanam di pot. Walau di tempatkan di area terbuka, yang mana kalau hari hujan akan kena air hujan langsung dan kalau hari panas akan langsung kena cahaya matahari.

Padahal tanaman dan hewan peliharaan sudah di titipkan sama satpam komplek. Berhubung kami meninggalkan rumah sekitar 11 hari, persediaan air di toren habis, mesin air saya matikan, jadilah untuk siram-siram tanaman tidak ada air.

Kalau tanamannya se pot dua pot, mungkin masih bisa dicarikan air sambil menenteng ember, lha ini pohon di potnya lumayan juga.

Resiko Tanaman di PotMana pohon rambutannya bersebelahan dengan tanaman cincau perdu yang daunnya sudah merimbun, menutupi pot rambutan. Nah saat hari hujan, pohon rambutan sepertinya hanya kebagian tetes-tetes air aja, mengeringlah semua daun-daunnya, resiko tanaman di pot 😥 .

Untung batang utamanya si rambutan belum mati, mudah-mudahan bisa diselamatkan. Akhirnya daun-daun keringnya dirontokkan, ranting-ranting yang sudah mati di potong. Mudah-mudahan setelah tanahnya di gemburkan, di siram dengan cinta, nantinya akan muncul pucuk-pucuk muda daun rambutan nan hijau. Semoga 🙂 .

Tips untuk menghindari resiko tanaman di pot mengering kalau ditinggal lama: Tempatkan pot di area terbuka. Pangkas rapi daun-daun tanaman yang mudah tumbuh, biar ga merimbun keman-mana. Beri jarak yng cukup antar pot.

Secara yang dititipkan untuk merawat tanaman bukan pemiliknya langsung, rasa memilikinya tentu tidaklah sama. Mana si satpam diamanahi juga untuk merawat kucing dan kura-kura. Akhirnya perawatan tanaman terkalahkan. Walaupun si satpam diberi kompensasi lebih dari cukup.

Dari peristiwa mengeringnya pohon rambutan ini, walau itu resiko punya tanaman di pot yang memang memerlukan perawatan dan perhatian lebih.

Sempat terpikir, bagaimana dengan orangtua pekerja yang menitipkan pangeran atau bidadari kecilnya lebih dari satu, kepada asisten rumah tangga yang kurang rasa tanggung jawab ?

Mana si asisten juga di beri tugas untuk membereskan rumah dan menyiapkan makanan. Walaupun bayarannya lebih dari cukup, tetapi kalau rasa ‘menjadi bagian keluarga’ tak dimiliki si asisten, sepertinya para orangtua perlu waspada terhadap perkembangan buah hatinya *pikiran emak-emak ngelantur kemana-mana 😳 .

25 comments

  1. Waaa,… sayang ya mbak kalo sampe mati itu pohonnya. iya sih mbak, sayang kalo anak di titipkan ke asisten rumah tangga, kecuali ada hal khusus yang mau nggak mau harus dilakukan

    Suka

    • iya Bee,
      asistennya harus benar-benar bisa di percaya dan tentunya sayang sama anak-anak. Krn anak2 itu aktif dan pemikirannya bukan seperti orang dewasa yang banyak pertimbangan.

      Suka

  2. Titip tetangga mbak… terutama kalau ditinggal lebih dari 2 hari, titip nyiramin cuma segayung, nanti kalau sudah berbuah tinggal dikasih buahnya…

    Suka

  3. Rambutan merana ya Uni. Kini tambah ahli strategi meninggalkan tanaman pot cukup lama.
    Pembelajaran dari pot ke ‘buah hati’ pengingat bahwa kita lah ortu yang dititipi anugerahNya sehingga sangat hati-hati saat menitipkan titipan anugerah.
    Salam

    Suka

  4. Aku belum pernah trip selama itu kalau soal tanaman untung aku banyak kamboja jadi butuh airnya dikit kalau binatang biasanya nyuruh orang dekat buat jaga and kasih makan.

    Suka

  5. Wahh perhatian sama anak dan tanaman … tentunya beda jauh dong ..
    benar juga ya, kita harus hati2 perihal anak ini … lihat saja berita di tivi sore tadi 😦

    Suka

  6. Hmm.. mungkin bisa dicoba bikin irigasi tetes mbak. Lumayan membuat basah tanahnya kalo ditinggal pergi gitu..
    Walau mungkin ini kurang cocok sama jenis tanamannya

    Suka

  7. Sampai skrg belum bisa punya tanaman atau hewan peliharaan, mb. Karna tinggalnya masi pindah pindah plus suka pergi pergi. Gak bisa dipastiin stay disini berapa lama stay di sana brapa lama. ;(

    Suka

  8. […] lain yang mendengar, akan menautkan alisnya. Asal sopan dan tak bertujuan menghina, anggap aja itu resiko dari banyaknya orang yang peduli. Secara panggilan aneh selain nama asli itu, bentuk lain mereka […]

    Suka

  9. Tanaman di tanahpun bisa jadi kering kalau ditinggal kelamaan dan kebetulan hujan juga gak turun, Mbak. Apalagi tanaman dalam-masa-masa pertumbuhan. Demikian juga anak-anak titipan Yang Maha Kuasa kepada kita, kalau dalam masa-masa pertumbuhan kurang disiramin dengan kasih sayang, tentu juga pertumbuhannya akan terhambat ya Mbak

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.