Salah Bantal Saat Tidur


Salah Bantal Saat Tidur, sebutan ini akan langsung terlontar jika saat bangun tidur leher terasa kaku dan agak sakit ketika digerakkan.

Salah bantal ini saya rasakan saat bangun tidur tadi pagi. Leher saat dipakai buat menoleh ke kiri dan kanan, menunduk, terasa berat dan sakit. Ga enak banget, mau menoleh, udah kayak robot aja, badan harus ikut di putar. Kalau ga, nyeri Man!

BantalApa Penyebab Salah Bantal ?

Dari pengalaman salah bantal yang saya alami, sepertinya saat tidur semalam saya berada pada posisi tidur yang sama dalam waktu yang cukup lama. Kemungkinan besarnya saya berada pada posisi yang sama dari awal sampai bangun tidur *saat tidur dan bangun tidur posisinya lurus telentang.

Penyebabnya saya seperti bermimpi tidur di tempat tidur yang sempit, tapi diisi banyak orang. Cerita dalam mimpinya saya tidur dibagian tengah tempat tidur. Nah berpikir biar teman disebelah ga jatuh, saya berusaha tidur tenang dan tak lasak untuk menjaga posisi tidur.

Bangun-bangun leher terasa sakit dan kaku. Padahal kalau tidur di tempat tidur, saya tak pernah memakai bantal. Kenapa leher kaku saat bangun tidur ini dinamakan ‘salah bantal’ ya? Apa karena tak pakai bantal, jadi posisi kepalanya kurang pas?

Bagaimana cara mengatasi salah bantal saat tidur ini ?

  • Pertama entah mitos apa tidak saya kurang tahu. Teman hidup saya langsung menyuruh saya untuk menjemur bantal. Katanya untuk mengatasi salah bantal di waktu yang lain. Bisa jadi juga, mungkin bantalnya sudah agak kaku, lama dipakai tanpa mendapat perawatan yang sesuai dengan pemakainnya.
  • Terpaksa pelan-pelan saat menggerakkan leher, kalau dipaksa menoleh dengan gerakan spontan, sakit bok.
  • Melakukan gerakan leher memutar dengan pelan, sambil berharap leher kakunya akan segera hilang
  • Memberikan rasa hangat pada leher, dengan mengkompres pakai air hangat, biar peredaran darah di leher lancar.
  • Tidur lurus telentang dan mengganjal bagian leher dengan guling yang empuk.

Setelah semua anjuran untuk mengatasi masalah salah bantal diatas saya lakukan, sampai saya posting ini, leher masih terasa kaku dan sakit saat digerakkan πŸ˜₯ .

Apakah teman-teman punya solusi lain untuk mengatasi leher kaku akibat salah bantal saat tidur ini? Bagi tips-nya dong di kolom komentar. Terima kasih πŸ˜€ .

Iklan

28 comments

  1. kalo ditempatku tidur dengan posisi sama dalam waktu lama disebut “mbathang”. Tapi koq aku malah bagun tidur terasa seger kalo bisa begitu yak ?

  2. Aku pernah beberapa kali salah bantal, Mbak. Rasanya ngga enak ya. Kakuuu, pegelnya nyelekiiit.. Kepala jadi teleng deh. Aturannya mau noleh, ini badannya juga harus muter.. Heheh..

    Kalo aku biasanya kasih minyak karo, trus baca shaawat sambil dipijit-pijit di bagian yang sakit. Ada tuh nanti yang sakiiit banget, biasanya itu yang aku olesin.. Baru agak enakan, Mbak..

    Semoga cepet sembuh yaaa.. ^^

  3. Kalau aku sih biasanya nggak aku apa-apain, Mbak. Tau-tau besoknya atau lusanya sembuh sendiri, hehe…. Tapi emang pas lehernya kaku itu nggak enak banget. Kerja jadi nggak nyaman….

  4. Kalau tips no 1 walau seperti mitos tapi memang ada manfaatnya kayanya mba dijemur biar bantalnya ga keras lagi πŸ™‚
    orang2 jaman dulu memang pinter bikin mitos tapi kalau diresapi pasti ada alasan dan manfaatnya

  5. Ah gw sering banget nich salah bantalp gw kalo nginep di tempat lain, semisal di hotel. Suka ngak cocok ama bantal nya. Kebetulan di rumah gw punya bantal kecil yg selalu gw tumpuk diatas bantal besar, nah bantal ini bau nya bikin mau pingsan tp gw sayang banget hahahha kalo ngak ada bantal ini pasti gelisah dan leher kaku πŸ™‚

    • Nah kalau nginep di hotel dan bareng teman2 gaul, pan malu bawa bantel ‘bulu’ gitu ya,
      Mascum ternyata dikau punya perasaan sentimentil juga πŸ˜€

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.