Salah Bantal Saat Tidur


Salah Bantal Saat Tidur, sebutan ini akan langsung terlontar jika saat bangun tidur leher terasa kaku dan agak sakit ketika digerakkan.

Salah bantal ini saya rasakan saat bangun tidur tadi pagi. Leher saat dipakai buat menoleh ke kiri dan kanan, menunduk, terasa berat dan sakit. Ga enak banget, mau menoleh, udah kayak robot aja, badan harus ikut di putar. Kalau ga, nyeri Man!

BantalApa Penyebab Salah Bantal ?

Dari pengalaman salah bantal yang saya alami, sepertinya saat tidur semalam saya berada pada posisi tidur yang sama dalam waktu yang cukup lama. Kemungkinan besarnya saya berada pada posisi yang sama dari awal sampai bangun tidur *saat tidur dan bangun tidur posisinya lurus telentang.

Penyebabnya saya seperti bermimpi tidur di tempat tidur yang sempit, tapi diisi banyak orang. Cerita dalam mimpinya saya tidur dibagian tengah tempat tidur. Nah berpikir biar teman disebelah ga jatuh, saya berusaha tidur tenang dan tak lasak untuk menjaga posisi tidur.

Bangun-bangun leher terasa sakit dan kaku. Padahal kalau tidur di tempat tidur, saya tak pernah memakai bantal. Kenapa leher kaku saat bangun tidur ini dinamakan ‘salah bantal’ ya? Apa karena tak pakai bantal, jadi posisi kepalanya kurang pas?

Bagaimana cara mengatasi salah bantal saat tidur ini ?

  • Pertama entah mitos apa tidak saya kurang tahu. Teman hidup saya langsung menyuruh saya untuk menjemur bantal. Katanya untuk mengatasi salah bantal di waktu yang lain. Bisa jadi juga, mungkin bantalnya sudah agak kaku, lama dipakai tanpa mendapat perawatan yang sesuai dengan pemakainnya.
  • Terpaksa pelan-pelan saat menggerakkan leher, kalau dipaksa menoleh dengan gerakan spontan, sakit bok.
  • Melakukan gerakan leher memutar dengan pelan, sambil berharap leher kakunya akan segera hilang
  • Memberikan rasa hangat pada leher, dengan mengkompres pakai air hangat, biar peredaran darah di leher lancar.
  • Tidur lurus telentang dan mengganjal bagian leher dengan guling yang empuk.

Setelah semua anjuran untuk mengatasi masalah salah bantal diatas saya lakukan, sampai saya posting ini, leher masih terasa kaku dan sakit saat digerakkan πŸ˜₯ .

Apakah teman-teman punya solusi lain untuk mengatasi leher kaku akibat salah bantal saat tidur ini? Bagi tips-nya dong di kolom komentar. Terima kasih πŸ˜€ .

Iklan