Burung Dalam Sangkar


Burung Dalam Sangkar bukanlah barang asing bagi para pencinta burung. Bukankah seekor burung biasanya hidup dan berkicau diatas dahan dan ranting pohon? Itu kehidupan burung pada umumnya, tetapi yang berada dalam sangkar antik adalah burung peliharaan yang ternyata harganya pun lumayan.

Kemaren saat ke pet shop yang paling dekat dari rumah untuk membeli makanan kucing bronzy. Ramai terdengar suara kicau burung dalam sangkar yang digantung. Ada juga burung-burung yang ramai-ramai dalam kandang ukuran besar. Yang melihat-lihat burung juga ramai, rata-rata bapak-bapak dan anak remaja cowok yang sepertinya mencari binatang peliharaan, di temani kedua orangtunya.

Burung Pentet dalam Sangkar

Foto burung Pentet lagi merenung? Kapan bisa terbang ke lapangan hijau disebelah ya.

Saya pun penasaran, ikut melihat burung-burung cantik warna warni itu. Ada yang berwarna kuning, oranye, biru dan coklat. Kata yang jual sih namanya burung kenari, ada juga jenis burung pentet.

Secara penasaran saya pun bertanya harga sepasang burung kenari berwarna kuning cerah, ‘satu juta empat ratus‘ kata yang jual. Hmm, lumayan juga harganya, ‘udah sama sangkarnya?’ saya bertanya lagi. Seorang bapak-bapak yang kebetulan juga sedang asyik memperhatikan burung kenari cantik itu nyelutuk,”harga burungnya aja itu mbak, kan disini yang dijual burungnya, bukan kandangnya”. Oalah 😛 .

Saking penasarannya sama burung-burung cantik warna warni itu dan ga paham burung. Saya pun bertanya lagi,”apa beda burung di sangkar terpisah, dengan yang rame-rame dalam satu sangkar?”. Si penjual menjawab,”kalau yang dipisah burung yang udah jadi, yang rame-rame itu hasil penangkaran dan belum jadi”.

Secara saya semakin bingung dan ga enak sama yang menjual, ditanya terus tapi ga niat beli 😳 . Saya pun bisik-bisik nanya sama mas-mas yang juga sedang asyik memperhatikan tingkah si burung. “Emang burung udah jadi itu maksudnya apa ya mas?”. Si mas sambil senyum menjelaskan, “burung udah jadi itu udah cerewet kicauannya bu”.

Saya pun semakin tak paham “Lho, emang burung dengan jenis sama, belum tentu bisa berkicau juga?”. “Kadang burungnya malas mengeluarkan suara, bu”. Ooo, mungkin secara dari lahir si burung hidup dalam sangkar, makanya si burung lupa kalau dia sebenarnya punya kicauan dan cericit yang sangat merdu? entahlah.

Burung Pentet Ngintip

Foto Burung Pentet Ngintip

Sebenarnya ada beberapa foto burung yang saya ambil. Ternyata hanya foto burung pentet dalam sangkar ini aja yang bagus. Secara si pentet ini saat di dekati sempat ‘matuk‘ tangan saya. Mungkin sebagai bahasa isyarat, “hei manusia, kapan saya bisa terbang mengudara bebas keluar dari sangkar ini. Jangan hanya melihat dan mengagumi wajah polos serta bulu-bulu cantik dan kicauan merdu yang kupunya aja dong. Jadi burung dalam sangkar itu tak merdeka tau, aku ingin terbang bebas… ” .

Iklan