Prinsip Hidup Untuk Bahagia


Sempat melihat akhir acara  salah satu TV swasta yang lagi membahas tentang Prinsip Hidup (yang sempat dilihat benar-benar udah akhir acaranya). Sang pembicara sudah mengambil kesimpulan dan menurut saya bahasan ini menarik untuk di share di blog ysalma ini. Setidaknya sebagai catatan untuk diri sendiri.

Setiap manusia memiliki prinsip hidup untuk Bahagia, akan tetapi setiap individu juga memiliki prinsip hidup yang berbeda satu sama lainnya. Prinsip bahagia yang dipilih standarnya gak sama.

Saya coba menuliskan dengan bahasa dan pemahaman saya saat mendengarnya.

  • Bahagia Harta; yang memiliki prinsip hidup seperti ini baru akan merasa “bahagia” kalau dia mempunyai harta yang berlimpah. Tetapi yang namanya harta, kan tidak pernah ada kata cukup untuknya, maka bahagianya juga ikut dengan indikator harta tersebut. Psst,, padahal kalau punya harta berlimpah dan merasa itu milik sendiri, maka mikirnya juga jadi banyak. Salah satunya merasa takut ada yang nyuri.
  • Bahagia Pengakuan, yang memiliki prinsip hidup seperti ini akan merasa bahagia kalau mendapatkan sebuah pengakuan dari lingkungannya. Ini biasanya dipakai oleh kaum muda yang baru beranjak remaja. Mereka butuh semacam pengakuan kalau mereka itu eksis, bangga banget akan pencapaian yang diperoleh. Pengakuan yang diharapkan itu bisa datangnya dari teman, guru,dan orang tua.

Dua prinsip di atas menurut Sang Pembicara termasuk prinsip buatan manusia yang mencoba-coba untuk menemukan arti hidup yang sebenarnya. Prinsip hidup yang masih bersifat labil (mudah mengalami perubahan yang bersifat destruktif atau merusak, baik terhadap pribadinya sendiri maupun terhadap lingkungannya).

  • Bahagia Spiritual, yang memiliki prinsip hidup ini akan memiliki umpan balik berupa sebuah renungan “Untuk Apa Saya Hidup,” sehingga akan timbul keinginan untuk belajar, belajar dari kehidupan yang dijalaninya. Prinsip hidup untuk bahagia secara Spiritual ini akan membuat seseorang mempunyai Tujuan Hidup yang jelas, yang mendengarkan suara hati. Prinsip yang dipakai selalu bermuara kepada Dia Yang Maha Abadi. Ini akan terlihat dalam dia berkehidupan (halah,, istilahnya ^_^).

* Menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

* Menjadi pribadi yang disiplin.

*Menjadi pribadi yang senang dan enak diajak bekerjasama.

* Menjadi pribadi yang Adil dan peduli terhadap sesama dan lingkungannya.

Semoga share ini ada  yang dapat diambil.

Pemberi ceramah Prinsip Hidup Untuk Bahagia yang sempat saya lihat sepintas itu adalah sosok dari penulis buku ESQ (Emotional Spiritual Quotient), Mr. Ary Ginanjar. Mungkin teman-teman yang bekerja di perusahaan swasta atau pemerintahan yang seringa melakukan training buat peningkatan etos kerja karyawannya sudah familiar sama beliau ^^.

36 comments

      • buat saya kebahagaan pasti ada alasannya
        kebahagiaan adalah akibat dan pasti ada sebab
        tanya pada hati
        saat bangun tidur kita bahagia
        pasti karena alasannya kita mensyukuri nikmat Allah 🙂

        Suka

      • andai saja ada waktu, ingin rasanya menjelaskan hal ini panjang lebar.
        pada kelas pelatihan yang kami kelola, kami membahas banyak hal tentang TransSel our mind
        Hehe, jadi promosi nih daku 😀

        Suka

        • sip-sip,,, wah kapan-kapan berharap bisa masuk kelasnya TransSel our mind, judulnya seru dan sepertinya ada semacam muhasabahnya juga yaa.

          Suka

  1. HAI SOB..
    HMMMM…. SAYA CUMA MAU BILANG, BAGI ANDA YANG SERING SUDAH SERING KOMENTAR BLOG SAYA, JANGAN TAKUT, SAYA JUGA PASTI BALES KUQ.. DAN SAYA SEKARANG MENGADAKAN TOP KOMENTATOR, YANG BERARTI 2 MINGGU SEKALI SAYA AKAN MENGHITUNG JUMLAH KOMENTAR YANG TELAH ANDA SUMBANGKAN UNTUK BLOG SAYA.. SAYA AKAN MEMASANG 5 ORANG KOMENTATOR TERTINGI SETIAP 2 MINGGU SEKALI DI BAGIAN SIDEBAR BLOG SAYA..,, DAN ALAMAT ANDA AKAN SAYA CANTUMKAN DI REKAN BLOGER PUNYA SAYA.. “ANDA KOMENTAR, SAYA JUGA KOMENTAR PUNYA ANDA” KITA BERTEMAN VIA BLOG.. OKE.. THANKS..

    Suka

  2. banyak orang berlomba2 mencari cara agar menjadi orang yang bahagia..tapi kebahagiaan yang manakah dan yang seperti apakah yang mereka inginkan?
    kayanya kebahagiaan itu munculnya dari hati deh ^^
    salam
    makasih atas sharenya mbak salma 🙂

    Suka

  3. Setuju sekali mbak…bahagia spritual itu yang paling Indah 🙂
    Lia beberapa kali ketemu Pak Ary baik 🙂
    dan sering2 recharga kalo ada acaranya baik di Batam dan KL…
    Makasih mbak salam membaginya disini 🙂

    Suka

  4. Tengkyu sjaringnya ya..
    Jadi yang terbaik itu adalah bahagi spiritual, karena kita jadi terpacu untuk jadi lebih baik secara kualitas…

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.