Resep Tahu Kecap Pedas Praktis, Cocok untuk Kudapan atau Lauk Pendamping


Pertama mendapat kiriman foto olahan tahu yang dikirim Teman Hidup melalui WA, tampilannya sangat menggugah selera, sangat cocok atau pas sebagai kudapan musim penghujan seperti sekarang-sekarang ini, atau bisa juga sebagai lauk pendamping yang segar.

Tahu kecap praktis

Kudapan yang dimaksud adalah penganan yang dimakan di luar waktu makan atau di luar makan utama. Sehingga, boleh banget makan tahu kecap sembari nonton tv, sambil ngobrol saat ngariung di ruang keluarga.

Kangen Masakan Tahu Kecap Khas Solo

Teman Hidup mengirimkan foto makanan tahu kecap tersebut, itu tandanya dia lagi kangen sama makanan tersebut dan minta tolong dimasakkan, sebab yang jual pastinya nggak ada kalau di sekitar tempat tinggal sekarang.

Tubuh boleh jauh dari suatu daerah, tapi lidah tetap bisa menikmati kuliner khas daerah melalui penganan yang dibuat sendiri atau dengan wisata kuliner jika ada yang menjualnya di dekat tempat tinggal. Yang penting rasa kangen lidah terobati, walau rasanya hanya mirip-mirip.

Saya yang lupa sama makanannya, mengira itu foto rujak tahu Solo, tapi kuahnya kok lebih kental. Begitu saya tanya nama makanannya, Teman hidup bilang kalau itu foto makanan Tahu Kecap, olahan tahu sebagai salah satu makanan khas Jawa Tengah khususnya Solo.

Saya langsung protes dong, “Gak mungkin lah”. Saya perempuan yang sangat minim pengetahun kuliner, karena gak hobi memasak, merasa terkejut kalau tahu kecap banyak ragamnya juga, hahaha.

Makanya, jadi perempuan mbok yaa rajin menonton acara memasak atau cari info tentang kuliner khas daerah yang banyak ragamnya, Mak. *Jadi malu*.

Setau saya, olahan tahu kecap itu, tahu-nya sudah berlumur kecap, yang mana memasaknya seperti dioseng dengan bumbu kecap gitu.

Tapi di foto yang dikirim Teman Hidup, tahu kecap-nya kok tampilan penyajiannya mirip tahu goreng disiram kuah cuko bumbu mpekmpek gitu. Saya langsung penasaran.

Tak pakai lama, saya bertanya pada ‘Bulek’ yang hobi memasak, ternyata resep tahu kecap pedas sangat praktis dan mudah membuatnya. Kalau menurut saya, tahu kecap merupakan cara lain nan maknyus menikmati tahu goreng 😆 .

Resep Tahu Kecap Pedas Praktis yang Cocok untuk Kudapan atau Lauk Pendamping

Sebenarnya, setelah Teman Hidup berkirim foto tahu kecap, saya sudah lumayan sering membuat tahu kecap pedas yang ternyata disukai oleh anggota keluarga lain, termasuk saya yang hanya biasa aja terhadap tahu goreng, kecuali tahu goreng isi atau tahu gejrot.

Setelah mengenal tahu kecap, olahan tahu goreng yang saya sukai jadi bertambah. Asyik!

Mari dicatatkan resep tahu kecap pedas yang praktis dan cukup bisa melepas kangen lidah terhadap rasa tahu kecap khas Solo.

tahu kecap pedas enak

Bahan Tahu Kecap Pedas Praktis

  • Tahu putih atau kuning, atau campur keduanya, tergantung selera, potong sesuai keinginan.
  • Kecambah kedelai, sekitar 150gr, rebus sebentar.
  • Tauge, 50gr, rebus sebentar.
  • Timun, 2 buah, atau sesuai kebutuhan.
  • Kacang tanah, goreng, secukupnya, atau sekitar 2 sdm.
  • Seledri, secukupnya, rajang kecil-kecil, untuk taburan.
  • Bawang goreng, secukupnya, untuk taburan.

Bumbu Halus (Kuah Kecap)

  • Bawang merah, 4 butir.
  • Bawang putih, 2 siung.
  • Cabe rawit, 5 buah.
  • Cabe merah keriting, 4 buah.
  • Gula merah, 2 bulatan kecil, atau secukupnya.
  • Garam, secukupnya, lebih kurang 1/2 sdt, tergantung selera.
  • Kecap manis, 6 sdm, sesuai selera.
  • Air jeruk nipis, peras dari 1 buah.

Cara Mengolah Tahu Kecap

  • Goreng tahu sesuai tingkat kekeringan yang diinginkan, di rumah saya ada yang maunya tahu garing, ada yang ingin tahunya hanya digoreng sebentar. Sisihkan.
  • Goreng kacang tanah hingga matang. Tiriskan.
  • Sembari menggoreng tahu, siapkan bumbu halus. Haluskan atau ulek cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam hingga halus. Tambahkan gula merah, ulek hingga tercampur rata. Pindahkan ke wadah. Tambahkan kecap dan air jeruk nipis. Aduk higga rata. Sisihkan.
  • Rebus kecambah dan tauge. Caranya, panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan kecambah dan tauge, rebus sebentar saja, kemudian tiriskan.
  • Tata tahu goreng di piring saji, tambahkan kecambah dan tauge rebus, serta potongan timun, siram dengan bumbu halus, tambahkan kacang tanah goreng, seledri, dan taburan bawang goreng.
  • Tahu kecap pedas siap untuk disantap.
tahu kecap resep
Foto tahu kecap minimalis dan sangat praktis 😆

Saat butuh dokumentasi tahu kecap hari ini, banyak bahan pendampingnya yang kosong, karena belanja ke Kang sayur kesiangan. Tiga Kang sayur yang didatangi kosong semua, sementara mendung sudah turun jadi rintik, balik pulang nggak lanjut ke pasar. Bahan yang ada hanya tahu sama timun aja, wkwkwk. Tapi, tidak mengurangi rasa tahu kecapnya kok, karena pembedanya ada pada bumbu siramnya.

Kalau saya makan tahu kecapnya malah ditambahi potongan wortel, potongan daun selada. Selera memang tergantung lidah masing-masing, hehe.

Berikut foto tahu kecap lumayan lengkap, hanya kacang goreng yang kelupaan, tetapi kata Teman Hidup rasanya maknyus. Alhamdulillah.

Gimana saya mau belajar berjualan masakan kayak rangorang ya, untuk keperluan memasak di dapur sendiri aja kalau gak ditulis, pasti ada aja yang kelupaan, hiks.

Kalau di tempatmu apa nama olahan tahu goreng dengan bumbu siram seperti bumbu halus di atas, Temans? Apakah tahu kecap juga?

Salam jejak #Kuliner dari mata, rasa dan pikiran YSalma.

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.