Cara Menuliskan Surat Cinta Untuk Idola dari Penggemar Terbaik


Saya pernah memposting tulisan dengan judul “surat cinta untuk idola” di blog ini. Beberapa waktu belakangan, tulisan itu lumayan ada lagi yang membacanya dari peselancar dunia maya.

Tulisan tersebut tentu tidak bisa mewakili rasa penasaran si peselancar. Sebab saya menuliskannya waktu itu saat sempat terpukau oleh talenta beberapa peserta lomba menyanyi yang disiarkan tv.

Walaupun judulnya surat cinta untuk idola, akan tetapi isi tulisannya tidak membahas tentang perasaan seorang penggemar pada seorang idola yang dikagumi secara personal. Malah isinya berujung ngenyek diri sendiri.

cara membuat surat penggemar untuk idola

Agar tidak mengecewakan peselancar, saya coba memberikan tips atau kalau boleh disebut tutorial menulis sebuah surat, untuk mengungkapan rasa kagum seorang penggemar terbaik yang ditujukan pada seorang idola. Agar yang memerlukannya dapat menulis surat penggemar yang mewakili rasa masing-masing.

Untuk siapa tutorial ini ditujukan?
Untuk Anda yang ingin sekali memberitahukan idola yang sudah lama diikuti sepak terjangnya dalam berkarya, tapi kebingungan bagaimana cara menuliskannya.

Atau, bisa juga untuk Anda yang hanya ingin mengekspresikan sebuah tulisan tentang sosok seorang idola.

Saya biasanya terpesona pada karakter film, serial, atau drama yang saya tonton, maka saya ungkapkan dalam bentuk tulisan versi saya di blog. Hanya sebatas itu saja.

Tetapi banyak penggemar yang benar-benar mengidolakan seseorang dalam hidupnya.

Idola yang dimaksud sangat luas cakupannya, intinya seseorang yang dikagumi karyanya, dan tentunya mempunyai banyak fans selain Anda.

Sehingga surat yang Anda kirimkan harus mampu ‘mencuri’ perhatian sang idola untuk membuka dan juga meresponnya.

Bagaimana cara melakukannya?

  • Berkirim Surat

Walaupun terkesan kuno, tapi berkirim surat pada seorang idola masih merupakan cara menunjukkan cinta yang spesial dari seorang penggemar. Ada kesan khusus yang sangat personal yang menyertainya, karena menggunakan tulisan tangan.

  • Hubungi Melalui Media Sosial

Karena Anda seorang penggemar sang idola, jika sang idola mempunyai media sosial, tentunya Anda sudah mem-follow akun medsos sang idola, baik itu facebook, instagram, twitter, atau blog.

Pastikan akun idola yang Anda ikuti sudah terverifikasi, yang ditandai oleh centang berwarna biru.

Anda bisa berinteraksi dengan sang idola melalui salah satu akun media sosial tersebut.

Pada akun facebook bisa mengirimkan sebuah pesan. Pesan yang dikirim tetap harus menerangkan siapa Anda, nama, usia, jadi fans sejak kapan, serta pertanyaan singkat tentang idola.

Pesan lewat media sosial ini merupakan interaksi cepat. Isi pesan harusnya juga pertanyaan ringan, atau sekedar ucapan sopport untuk sang idola dalam menjalankan aktivitasnya.

Interaksi di medsos ini kalau pesannya menarik, kemungkinan direspon balik sangat tinggi. Kenapa?
Seperti yang Anda ketahui, jarang seorang idola dengan jadwal padat yang memegang langsung akun media sosial yang dimilikinya. Ada tim khusus yang mengelolanya. Sang idola paling memantau saja.

Akan tetapi isi balasan yang diberikan tetap dari sang idola, setidaknya mendapatkan persetujuan sang idola.

Kalau melalui akun IG dan Twitter, bisa membangun interaksi dengan idola melalui foto-foto yang diunggahnya, berikan komen positif, tapi bukan ‘nyampah’.

Interaksi melalui media sosial ini bisa juga ditunjukkan dengan membuat sebuah karya tentang sosok idola sesuai dengan keahlian yang Anda kuasai, misalnya sketsa sang idola. Posting karya tersebut diakun medsos Anda dan mention akun idola.
Kalau hasil karya Anda unik, seorang idola akan memberikan respon balik yang baik.

  • Berkirim Email

Ini untuk membangun interaksi dengan idola melalui jejaring, tapi pesannya lebih privat.

Pastikan alamat email idola yang dituju benar. Cari email bisnis sang idola di web resmi yang dimilikinya atau manajemennya.

Mengirim surat elektronik jauh lebih simple prosesnya, bisa bercerita lebih banyak dan personal. Idola juga bisa langsung membalasnya, tentunya jika subjek email yang Anda tuliskan mampu menarik perhatiannya.

So, saat mengirim email, sangat penting menarik perhatian idola dengan subjek yang unik dan spesifik. Buat mata idola tertarik saat scroll email yang diterimanya.

Cara Menuliskan ‘Surat Cinta’ atau Surat Penggemar Untuk Idola

Agar surat atau pesan yang dikirim untuk seorang idola tepat sasaran, tidak bertele-tele, berikut langkah-langkah menuliskannya:

Langkah #1. Tulis Surat Pendek

Karena idola yang akan dikirim surat adalah orang sibuk dan mempunyai banyak fans, maka surat yang ditulis harus ringkas, cukup satu halaman saja, tapi isi surat mencakup semua yang ingin disampaikan.

Langkah #2. Tulis Secara Spesifik dan Personal

Mulai dengan sapaan sopan, memperkenalkan diri Anda, nama, usia dan asal. Dilanjutkan dengan bahasan tentang hal yang membuat Anda kagum pertama kali pada sang idola. Ceritakan juga dampaknya pada hidup Anda. Misalnya, sejak mengenal sosok sang idola, Anda jadi lebih tekun belajar. Sebab, idola yang sibuk, juga bisa berprestasi di bidang akademik.

Ceritakan juga karya idola yang membuat Anda kagum, ulas secara spesifik. Misalnya potongan adegan di film yang diperankan idola, itu kalau dia seorang aktor atau aktris.

Atau saat sang idola mencetak gol pada pertandingan melawan klub mana, kalau idola seorang pemain sepak bola. Atau saat idola melakukan belokan tajam di race yang mana, jika idola merupakan seorang pembalap.

Ceritakan dengan sejujurnya bahwa semua hal yang membuat Anda terkesan itu mampu memotivasi Anda sebagai individu dalam menjalani hidup.

Kemudian dengan kerendahan hati, tuliskan juga respon balik yang Anda harapkan dari sang idola, tentunya tetap dengan bahasa yang sopan. Misalnya, Anda akan merasa mempunyai tambahan keberuntungan jika mempunyai sebuah foto yang bertanda tangan sang idola, atau balasan surat dengan cap bibir sang idola. *Bagian ini iseng-iseng berhadiah, memanfaatkan kesempatan yang ada dengan maksimal.

Surat ditutup dengan ucapan terima kasih pada sang idola karena sudah membaca surat Anda. Jangan lupa do’a kesuksesan untuk idola pada karya-karya dia berikutnya.

Langkah #3. Kirim Surat dengan Amplop Balasan

Tuliskan alamat idola yang Anda tuju dengan benar pada amplop surat, jangan sampai surat Anda nyasar.

Anda tidak mengetahui alamat sang idola? Tinggal browsing, baca informasi yang ada dengan teliti. Seorang idola biasanya mempunyai sebuah alamat yang khusus menerima surat atau cendramata dari fans.

Namanya berkirim surat, tentunya berharap balasan. Jika Anda juga menginginkannya, maka langsung sertakan amplop tambahan yang sudah ditempeli prangko, alamat penerima, yaitu alamat lengkap Anda.

Amplop tambahan ini dimasukkan ke amplop utama bersama surat. Lipat amplop tambahan dengan rapi dan tempatkan di bawah surat.

Jika surat Anda dibaca idola, cara ini memudahkan sang idola saat memberikan respon balik untuk Anda. Sang idola atau manajemennya tinggal memasukkan balasan ke amplop tambahan dan langsung mengirimkannya.

Langkah #4. Sabar Menunggu Balasan

Surat sebagai bentuk cinta Anda pada idola sudah dikirim, yang harus dilakukan setelahnya adalah sabar menunggu balasan.
Mendapatkan balasan dari seorang idola itu membutuhkan waktu. Ga seperti reaksi pada idola di sekolah, langsung dapat dilihat respon dalam waktu singkat.

Seorang idola yang mempunyai jadwal padat dan tentu juga menerima banyak surat penggemar, mungkin surat Anda baru sempat dibuka setelah diterima beberapa bulan.

Pikiran positif harus tetap Anda jaga, jangan pula merasa idola tidak menghargai fans atau penggemarnya kalau responnya lama. Seorang idola sangat memahami bahwa dia besar karena penggemarnya. Waktu luang membaca surat penggemar termasuk momen spesial seorang idola.

Selamatkan menuliskan sebuah surat tanda cinta untuk idola Anda.

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.