5 Kuliner Khas Aceh Menggugah Selera Wajib Kamu Coba! Yuks Wiskul


Pernahkah kamu mengunjungi Aceh? Penasaran dengan kuliner khas Aceh yang sudah diakui kelezatannya? Kota yang dijuluki sebagai Kota Serambi Mekah itu merupakan provinsi yang letaknya paling barat di Indonesia. Aceh sudah banyak dikenal sebagai daerah dengan beragam kekayaan rempah-rempah, seperti lada dan kayu manis.

Sebagai pusat perdagangan lada dan kayu manis di Indonesia, Aceh tentu juga dikenal sebagai daerah dengan kuliner khas yang kaya akan rempah-rempah.

Tak hanya berdagang, Aceh juga memiliki kekayaan rempah-rempah disajikan melalui berbagai kuliner khas yang bisa kamu coba ketika sedang berkunjung kesana.

Rempah-rempah tersebut akan memberikan rasa yang lebih nikmat dan lezat pada kuliner yang disajikan. Untuk kamu pencinta kulineran, kamu wajib berkunjung ke Aceh dan berburu kuliner di sana. Tertarik untuk segera berkunjung ke Aceh? Kamu bisa rencanakan perjalanan dari sekarang dan beli tiket Lion Air dengan cara yang praktis dan mudah melalui aplikasi Traveloka.

kuliner khas aceh enak

Rekomendasi Makanan Khas Aceh Wajib Dicoba

Berikut ini merupakan sederet rekomendasi kuliner khas Aceh yang wajib kamu coba. Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya!

  1. Kopi Aceh

Untuk kamu para pecinta kopi, kamu wajib untuk mencoba Kopi Aceh yang merupakan salah satu kuliner wajib coba disana. Rasanya tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba Kopi Aceh ini, yang juga merupakan salah satu kopi terenak di Indonesia bahkan juga sudah mendunia.

Kopi Aceh ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Kopi Aceh ini sering dikenal luas sebagai Kopi Gayo. Karena, Kopi Gayo ini asalnya memang dari dataran tinggi Gayo di Aceh. Disana, terdapat perkebunan kopi yang sangat luas.

kuliner khas aceh kopi gayo
  1. Mie Aceh

Selain kopinya yang khas, kamu juga wajib mencoba Mie Aceh. Kuliner khas Aceh yang satu ini memiliki rasa yang dominan pedas dan segar. Tentunya, kuliner yang satu ini memiliki rasa rempah-rempah yang cukup kuat. Mie Aceh ini menggunakan mie kuning sebagai bahan dasarnya.

Lalu, dilengkapi dengan sayur-sayuran seperti kol, daun bawang, tomat dan tauge. Selain itu, ada juga daging-dagingan, seperti ayam, sapi dan kambing. kamu bisa meminta Mie Aceh yang disajikan sebagai mie goreng, kuah ataupun tumis. Soal rasanya, kamu pasti akan merasakan sajian mie yang berbeda dari mie lainnya.

  1. Martabak Aceh

Kuliner khas Aceh lainnya yang wajib untuk kamu coba adalah Martabak Aceh. Mungkin di beberapa daerah kamu juga bisa menemukan Martabak Aceh. Namun, tak salah jika kamu mencobanya langsung di daerah asalnya.

Martabak Aceh ini memiliki sedikit perbedaan dari martabak biasanya. Martabak Aceh menggunakan bahan dasar adonan roti canai. Tentu akan berbeda jika terlihat dari tekstur dasar martabaknya. Lalu, adonan roti canai ini membungkus isian dari Martabak Aceh tersebut.

Isian tersebut adalah campuran telur dan daging-dagingan seperti daging ayam atau sapi. Martabak Aceh ini memiliki rasa yang cenderung pedas dan gurih. Untuk kamu pecinta pedas, cobalah untuk mencicipi Martabak Aceh ini.

  1. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap merupakan kuliner khas Aceh yang mengolah ayam sebagai bahan dasarnya, dan tentu juga menggunakan berbagai rempah-rempah yang memberikan kelezatan khas dari kuliner tersebut. Ayam Tangkap ini pembuatannya bisa terbilang cukup mudah.

Pertama, kamu perlu melumuri ayam dengan campuran bumbu yang terbuat dari bawang putih, kemiri, lada, jahe dan garam. Setelah dirasa sudah meresap, ayam tersebut bisa segera kamu goreng selama 5-15 menit hingga matang.

Pada saat digoreng, olahan ayam tersebut juga menggunakan dedaunan aromatik agar memberikan aroma yang khas. Membayangkan pembuatan dari Ayam Tangkap ini saja sudah bisa disimpulkan bahwa kuliner khas Aceh satu ini akan memberikan rasa khas yang lezat dan nikmat, ya!

  1. Engkot Keumamah
kuliner khas aceh engkot keumamah

Jika sebelumnya kuliner khas Aceh mengolah bahan dasar ayam, kali ini ada kuliner khas Aceh yang mengolah bahan dasar ikan tuna. Kuliner tersebut adalah Engkot Keumamah. Ikan tuna yang digunakan sudah direbus, dikeringkan lalu diiris-iris.

Lalu, kuliner khas Aceh yang satu ini juga menggunakan santan kelapa, kentang, dan berbagai macam rempah lainnya. Ada sejarah yang menciptakan Engkot Keumamah ini. Dulunya, Engkot Keumamah merupakan makanan untuk para pejuang Aceh saat sedang melawan penjajah.

Ikan tuna yang sudah melewati proses pengeringan akan lebih awet dan tahan lama sehingga tidak akan mudah basi. Nah, ikan tuna tersebut menjadi bekal para pejuang Aceh dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kuliner khas Aceh yang bisa kamu jadikan referensi sewaktu-waktu kamu ingin berkunjung ke Aceh. Tentunya, jangan lupa untuk mencoba berburu kuliner khas Aceh yang kaya akan rasa dari rempah-rempah tersebut. Penasaran bagaimana rasa dari kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah-rempah? Yuk segera rencanakan perjalanan ke Aceh. Persiapkan segala akomodasi perjalanan kamu menggunakan Traveloka!

Selamat berliburan melihat keindahan dan budaya serta wisata kuliner aka wiskul ke Aceh yuks, Temans. Nikmati makanan khas atau makanan tradisional di tempatnya langsung.
Salam dari jejak mata, rasa dan pikiran YSalma.

Iklan

45 comments

  1. Ayam tangkap dan Engkot Keumamah nih yang belum dicobain. Khusus Engkot Keumamah, boro-boro nyobain, dengar namanya aja setelah baca tulisan ini.
    Padahal Medan dan Aceh itu tetanggan, tapi sampe sekarang belum kesampean main ke Aceh.
    Masih sejauh makan mi aceh aja… ๐Ÿ˜€

    Suka

  2. Saya belum pernah ke Aceh, Mbak. Rasanya pengen nyicipin juga berbagai kuliner khas Aceh yang keliatan nikmat itu. Baru nyobain mie Acehnya aja.

    Suka

  3. Wawww… dari semua kuliner Aceh, saya baru coba mi Aceh aja, Mbak. Penasaran banget pengen nyobain martabak Aceh.
    Doain semoga suatu saat bisa ke Aceh pakai tiket promo dari Traveloka, yaaa…

    Suka

  4. aku penasaran sama kopi aceh dan martabaknya. berarti rasa martabaknya agak mirip roti canai gtu ya. eh, nggak bisa bayangin juga sih hehe belum pernah nemu nih kalo jalan-jalan di Jawa

    Suka

  5. Di Aceh kalau ga salah ada kopi khas, namanya kopi tahlil ya, kopi, gula merah, kapulaga bahannya itu, plus daun pandan. Apa bener ya, Kak? Dulu dikasih tahu teman.

    Suka

  6. Daku baru yang nomor 1 dan 2 udah pernah nyoba nya.
    Jadi penasaran buat coba nomor 3-5.
    Memang ya kuliner Nusantara enaknya itu khas, jadi selalu berkesan

    Suka

  7. Aceh adalah salah satu provinsi yang ada di bucket list traveling ku di Indonesia. Huaaa, dari semua kuliner khas aceh di artikel ini kayaknya aku harus nyobain semuanya nih. Semoga tahun ini bisa ke Aceh. Harus!

    Suka

  8. Dari semuanya pernah makan mie Aceh yang dijual di Surabaya sih. Menurutku enak banget, apalagi kalau langsung dari Aceh pasti makin mantab rasanya

    Suka

  9. Ya Allah .. kusampai ngiler baca tentang Engkot Keumamah, Mbaaak … saya penggemar ikan dan ikan tuna termasuk favorit saya … penasaran dengan Engkot Keumamah ๐Ÿ™‚

    Suka

  10. jadi tau deh ternyat ada banyak kuliner aceh yang menggugah selera ya, gak cuma mie aceh aja hahahah, penasaran deh sm rasanya

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.