Tips Liburan Ala Backpacker ke Negara ASEAN yang Wajib Dilakukan


Perjalanan liburan ke luar negeri bisa dilakukan kapanpun saat ini. Selama negara tersebut memiliki kasus covid yang sangat kecil, kamu bisa mengunjunginya termasuk negara di kawasan Asia tenggara seperti Singapura atau Malaysia.

tips liburan ala backpacker keren ke negara ASEAN

Negara tersebut aman untuk dikunjungi, bahkan mulai saat ini kamu juga bisa sewa hotel di Singapura dan melakukan perjalanan beberapa bulan kemudian. Cara ini bisa dilakukan untuk perjalanan standar atau bisa juga secara backpacker.

Apabila kamu ingin melakukan perjalanan secara backpacker ke Singapura, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal seperti di bawah ini. Dengan begitu perjalanan menjadi lebih menyenangkan serta tidak mengurangi esensi dari backpacker. Yuks disimak!

  1. Buat Rencana Perjalanan yang Matang

Sebenarnya hal penting yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan secara backpacker adalah membuat rencana perjalanan yang matang. Karena rencana perjalanan yang sembarangan justru akan membuat kamu menjadi boros.

Buat semua rencana dengan rinci mulai dari bagaimana cara menuju ke lokasi penginapan hingga mendaftar tempat wisatanya. Dengan melakukan ini maka segalanya akan lebih efisien sehingga bisa lebih menghemat budget.

Buat rencana dengan sangat matang dan jika di tengah jalan ada hal tak terduga yang mengharuskan perubahan, rencana bisa langsung diubah. Intinya rencana ini hanya digunakan sebagai pedoman saja agar seluruh rangkaian acara bisa berjalan dengan sangat baik.

  1. Menyiapkan Dokumen Perjalanan

Siapkan seluruh dokumen perjalanan yang nantinya akan dibawa ketika pergi ke luar negeri. Dokumen perjalanan yang ada di sana cukup banyak mulai dari tiket pesawat hingga paspor yang nantinya dipakai untuk masuk ke negara tertentu.

Apabila sudah memiliki paspor sebelumnya cek tanggal kadaluarsa. Apabila sudah melebihi batas berarti harus diperbarui. Sebaliknya apabila belum memiliki maka harus membuatnya terlebih dahulu.

Apabila seluruh dokumen perjalanan sudah selesai maka mau berangkat kapanpun tidak ada masalah. Intinya apabila paspor ataupun sejenisnya belum ada atau masih ada masalah usahakan untuk tidak memesan tiket terlebih dahulu.

  1. Sewa Akomodasi yang Tepat

Apabila seluruh urusan keberangkatan sudah selesai tahap selanjutnya adalah dalam menyewa akomodasi. Pilih kawasan hotel ataupun penginapan di Singapura ataupun Malaysia yang dikenal menawarkan harga murah.

Biasanya ada banyak sekali kawasan yang menawarkan harga murah. Jadi lakukan selesai terlebih dahulu atau bisa bertanya kepada teman kira-kira tempat mana saja yang bisa digunakan untuk menginap.

Jangan menyewa hotel-hotel yang memang sudah terkenal atau berada di pusat kota. Karena biasanya tarifnya akan sangat tinggi sehingga esensi dari perjalanan backpacker tidak akan bisa didapatkan.

  1. Riset Transportasi

Coba lakukan riset terkait dengan alat transportasi yang ada di sana. Pastikan untuk melakukan riset dengan tepat sehingga tidak akan tertipu atau salah menaiki transportasi umum.

Dengan mengetahui transportasi umum biasanya perjalanan akan lebih efisien. Jadi tidak akan terlalu banyak waktu di jalanan karena melakukan kesalahan.

  1. Kuliner di Tempat yang Murah

Usahakan untuk makan ataupun kulineran di tempat yang sangat murah. Pusat perdagangan kaki lima biasanya tersedia di beberapa negara baik itu Singapura ataupun Malaysia. Bahkan di Thailand pun juga ada pusat seperti ini.

Biasanya harga makanan yang ada di sana cenderung lebih terjangkau. Selain itu bisa mencicipi banyak sekali kuliner lokal yang autentik.

  1. Berburu Barang Murah

Setiap negara biasanya memiliki tempat yang bisa digunakan untuk berburu berbagai jenis barang murah. Ada banyak sekali barang murah yang bisa ditemukan di sana sehingga pastikan untuk mengetahui di mana lokasi untuk membeli.

Umumnya kawasan backpacker atau pelancong biasanya menawarkan banyak sekali barang oleh-oleh dengan harga yang cenderung lebih murah. Namun pastikan terlebih dahulu untuk melakukan riset yang tepat.

Karena bisa saja barang-barang yang terlihat murah itu sebenarnya cukup mahal. Jadi harus mengetahui harga pasaran sehingga tidak tertipu dengan harga yang nantinya ditawarkan.

  1. Bersama Banyak Orang

Tips terakhir yang harus benar-benar dilakukan apabila ingin melakukan perjalanan ke Singapura adalah bersama dengan banyak orang. Perjalanan yang dilakukan dengan banyak orang biasanya lebih menyenangkan.

Selain itu apabila dihitung secara budget juga bisa lebih terjangkau. Ada banyak hal yang bisa dihitung secara patungan sehingga hanya perlu membayar separuhnya saja atau bisa juga sepertiganya saja.

Salah satunya adalah biaya untuk perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum seperti taksi atau sejenisnya. Selain itu penginapan dalam bentuk hotel juga bisa patungan sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih kecil.

tips liburan ala backpacker murah dan menyenangkan

Perjalanan yang dilakukan secara backpacker baik di Singapura atau di negara lainnya bisa dilakukan asal persiapan yang matang. Salah satunya jika ingin melakukan perjalanan ke Malaysia berarti harus sewa hotel di Kuala Lumpur atau kota besar lain.

Proses sewa bisa dilakukan dari manapun termasuk dengan menggunakan platform Traveloka. Jadi begitu sampai di Malaysia atau negara lain di kawasan ASEAN tidak perlu memikirkan akomodasi. Cukup buat rencana perjalanan yang matang agar penjelajahan semakin menyenangkan.

Banyak keuntungan selama berlibur yang akan didapat jika perjalanan dipersiapkan jauh-jauh hari. Selamat mempersiapkan perjalanan untuk liburan menyenangkan bersama travel partner atau bestiemu. Mumpung waktu libur akhir tahun masih beberapa bulan lagi. Fisik juga dipersiapkan ya.

Salam dari jejak mata, rasa dan pikiran YSalma.

Foto credit to: Traveloka web dan stock images PowerPoint, edit by admin YSalma 

Iklan

37 comments

  1. Liburan ala backpacker ini cocok banget dilakukan saat masih lajang atau masih berdua dengan suami, tapi kalau sudab punya anak2 ya rada rempong tapi sepertinya seru dan menantang juga ya

    Suka

  2. Saya kalo backpacker bawa makanan dari rumah yg tahan lama hehe.. sama cari penginapan yang murah banget. Malah pernah sampe salah pilih tipe gara2 cari yg murah.. pilih yg dormitory type .. alamak tidur bareng banyak orang lawan jenis .. wkwkw

    Suka

  3. Iy ya pergi rame-rame gitu lebih asik dan lebih murah terus lebih nyaman lagi karena dengan banyak teman jadi gak gitu terasa suasana asingnya. Tipsnya bisa dicoba. Makasih ya sudah berbagi

    Suka

  4. Jadi inget beberapa tahun lalu waktu backpackeran ketiga negara berdua doang sama adikku. Bener-bener direncanakan dengan matang supaya bisa berjalan dengan lancar. Walau kena scam dikiiit tapi seru dan pengen ngulang lagii..

    Suka

  5. Senangnya..
    Lepas pandemi, kita bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala. Dan semoga dengan perencanaan yang baik, bersama Traveloka, setiap perjalanan menjadi lebih mudah dan bermakna.

    Suka

  6. Menarik banget inih. Bisa backpackeran ke negara ASEAN kan. Yang paling penting banyak tau tentang negara ini ya kak. Bekal juga harus cukup dalam segala hal. Jangan sampe nggak bisa balik lagi. hehe

    Suka

  7. Bener juga ya, mbak.
    Travelling dengan banyak orang tentu lebh menyenangkan dibanding travelling seorang diri. Ehtapi kalkulasi anggarannya memang harus matang dulu, biar nggak tekor setelah pulang berlibur, hehe.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.