Tips Liburan Ala Backpacker ke Negara ASEAN yang Wajib Dilakukan


Perjalanan liburan ke luar negeri bisa dilakukan kapanpun saat ini. Selama negara tersebut memiliki kasus covid yang sangat kecil, kamu bisa mengunjunginya termasuk negara di kawasan Asia tenggara seperti Singapura atau Malaysia.

tips liburan ala backpacker keren ke negara ASEAN

Negara tersebut aman untuk dikunjungi, bahkan mulai saat ini kamu juga bisa sewa hotel di Singapura dan melakukan perjalanan beberapa bulan kemudian. Cara ini bisa dilakukan untuk perjalanan standar atau bisa juga secara backpacker.

Apabila kamu ingin melakukan perjalanan secara backpacker ke Singapura, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal seperti di bawah ini. Dengan begitu perjalanan menjadi lebih menyenangkan serta tidak mengurangi esensi dari backpacker. Yuks disimak!

  1. Buat Rencana Perjalanan yang Matang

Sebenarnya hal penting yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan secara backpacker adalah membuat rencana perjalanan yang matang. Karena rencana perjalanan yang sembarangan justru akan membuat kamu menjadi boros.

Buat semua rencana dengan rinci mulai dari bagaimana cara menuju ke lokasi penginapan hingga mendaftar tempat wisatanya. Dengan melakukan ini maka segalanya akan lebih efisien sehingga bisa lebih menghemat budget.

Buat rencana dengan sangat matang dan jika di tengah jalan ada hal tak terduga yang mengharuskan perubahan, rencana bisa langsung diubah. Intinya rencana ini hanya digunakan sebagai pedoman saja agar seluruh rangkaian acara bisa berjalan dengan sangat baik.

  1. Menyiapkan Dokumen Perjalanan

Siapkan seluruh dokumen perjalanan yang nantinya akan dibawa ketika pergi ke luar negeri. Dokumen perjalanan yang ada di sana cukup banyak mulai dari tiket pesawat hingga paspor yang nantinya dipakai untuk masuk ke negara tertentu.

Apabila sudah memiliki paspor sebelumnya cek tanggal kadaluarsa. Apabila sudah melebihi batas berarti harus diperbarui. Sebaliknya apabila belum memiliki maka harus membuatnya terlebih dahulu.

Apabila seluruh dokumen perjalanan sudah selesai maka mau berangkat kapanpun tidak ada masalah. Intinya apabila paspor ataupun sejenisnya belum ada atau masih ada masalah usahakan untuk tidak memesan tiket terlebih dahulu.

  1. Sewa Akomodasi yang Tepat

Apabila seluruh urusan keberangkatan sudah selesai tahap selanjutnya adalah dalam menyewa akomodasi. Pilih kawasan hotel ataupun penginapan di Singapura ataupun Malaysia yang dikenal menawarkan harga murah.

Biasanya ada banyak sekali kawasan yang menawarkan harga murah. Jadi lakukan selesai terlebih dahulu atau bisa bertanya kepada teman kira-kira tempat mana saja yang bisa digunakan untuk menginap.

Jangan menyewa hotel-hotel yang memang sudah terkenal atau berada di pusat kota. Karena biasanya tarifnya akan sangat tinggi sehingga esensi dari perjalanan backpacker tidak akan bisa didapatkan.

  1. Riset Transportasi

Coba lakukan riset terkait dengan alat transportasi yang ada di sana. Pastikan untuk melakukan riset dengan tepat sehingga tidak akan tertipu atau salah menaiki transportasi umum.

Dengan mengetahui transportasi umum biasanya perjalanan akan lebih efisien. Jadi tidak akan terlalu banyak waktu di jalanan karena melakukan kesalahan.

  1. Kuliner di Tempat yang Murah

Usahakan untuk makan ataupun kulineran di tempat yang sangat murah. Pusat perdagangan kaki lima biasanya tersedia di beberapa negara baik itu Singapura ataupun Malaysia. Bahkan di Thailand pun juga ada pusat seperti ini.

Biasanya harga makanan yang ada di sana cenderung lebih terjangkau. Selain itu bisa mencicipi banyak sekali kuliner lokal yang autentik.

  1. Berburu Barang Murah

Setiap negara biasanya memiliki tempat yang bisa digunakan untuk berburu berbagai jenis barang murah. Ada banyak sekali barang murah yang bisa ditemukan di sana sehingga pastikan untuk mengetahui di mana lokasi untuk membeli.

Umumnya kawasan backpacker atau pelancong biasanya menawarkan banyak sekali barang oleh-oleh dengan harga yang cenderung lebih murah. Namun pastikan terlebih dahulu untuk melakukan riset yang tepat.

Karena bisa saja barang-barang yang terlihat murah itu sebenarnya cukup mahal. Jadi harus mengetahui harga pasaran sehingga tidak tertipu dengan harga yang nantinya ditawarkan.

  1. Bersama Banyak Orang

Tips terakhir yang harus benar-benar dilakukan apabila ingin melakukan perjalanan ke Singapura adalah bersama dengan banyak orang. Perjalanan yang dilakukan dengan banyak orang biasanya lebih menyenangkan.

Selain itu apabila dihitung secara budget juga bisa lebih terjangkau. Ada banyak hal yang bisa dihitung secara patungan sehingga hanya perlu membayar separuhnya saja atau bisa juga sepertiganya saja.

Salah satunya adalah biaya untuk perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum seperti taksi atau sejenisnya. Selain itu penginapan dalam bentuk hotel juga bisa patungan sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih kecil.

tips liburan ala backpacker murah dan menyenangkan

Perjalanan yang dilakukan secara backpacker baik di Singapura atau di negara lainnya bisa dilakukan asal persiapan yang matang. Salah satunya jika ingin melakukan perjalanan ke Malaysia berarti harus sewa hotel di Kuala Lumpur atau kota besar lain.

Proses sewa bisa dilakukan dari manapun termasuk dengan menggunakan platform Traveloka. Jadi begitu sampai di Malaysia atau negara lain di kawasan ASEAN tidak perlu memikirkan akomodasi. Cukup buat rencana perjalanan yang matang agar penjelajahan semakin menyenangkan.

Banyak keuntungan selama berlibur yang akan didapat jika perjalanan dipersiapkan jauh-jauh hari. Selamat mempersiapkan perjalanan untuk liburan menyenangkan bersama travel partner atau bestiemu. Mumpung waktu libur akhir tahun masih beberapa bulan lagi. Fisik juga dipersiapkan ya.

Salam dari jejak mata, rasa dan pikiran YSalma.

Foto credit to: Traveloka web dan stock images PowerPoint, edit by admin YSalma 

Iklan

37 comments

  1. saya lagi berencana solo traveling, tapi bukan ke LN
    Minimal sampai NTT dan NTB dulu
    kalo uangnya gak cukup, kan bisa pakai Traveloka Paylater ya?

    Suka

  2. Penting banget untuk menyiapkan itinerary nya ya mbak. Supaya rundown saat liburan ke Negara ASEAN ato lainnya bisa berjalan lancar sklipun nantinya mungkin ada beda2 dikit paling nggak udah ada peta nya lah
    Yang pasti klo pas backpaperan ato waktu liburan jangan sampai melewatkan untuk mencoba kuliner yang ada di sana ya mbak , plus beli perintilan khasnya gitu

    Suka

  3. Terima kasih tipsnya, mbak. Bagi saya yang belum pernah ke luar negeri sangat berguna sekali ini…
    kali aja suatu saat ada langkah kesana. Saya juga suka backpakeran meski kalau ditawarin koperan ya ngga nolak hehee

    Suka

  4. Dulu kalau mau liburan ala backpacker, selalu ragu karena anak-anak masih kecil. Ribet kan?
    Sekarang si bungsu dah SMP. Jadi, rencana liburan ke wilayah ASEAN ala backpacker, bisa terwujud nih. Tinggal menyatukan jadwal liburan anak-anak.
    Pas banget dapat tips n triks dari kak Salma… Makasih ya

    Suka

  5. Backpacker tuh sounds simple ya. Tapi nyatanya tidak segampang itu loh. Meskipun bisa menghemat uang, banyak hal yang harus kita sesuaikan dengan kebiasaan kita juga. Diantaranya adalah penggunaan transport umum yang makan waktu ekstra, tempat makan yang belum tentu steril – halal dan sehat, dan tempat tinggal yang akomodatif dan nyaman (terutama untuk para hijabers).

    Jadi kalau memang berniat untuk backpacker-an, semua harus dipertimbangkan di awal terlebih dahulu, jauh-jauh hari sebelum berangkat.

    Suka

  6. Setelah rencana hal oenting yang perlu benar-benar disiapkan dengan baika dalah dokumen perjalanan. Jangan sampai pas udah mau berangkat ada masalah dengan dokumen kita

    Suka

  7. Kalau liburan memang asiknya bareng-bareng ya kak.
    Misalnya solo gitu iseng aja, haha. Apalagi bisa dikatakan ini kan perjalanannya ke negeri orang, jadinya kalau rame² makin seru

    Suka

  8. Pengen deh liburan ala backpacker, tapi kayaknya belum rekomendasi kalau sama nakanak ya, meskipun demikian tetep kudu direncanakan ya.
    Jujur, saya belum pernah tuh bepergian pakai acara direncanakan atau itinerary, pokoknya sampai di tujuan dulu, sampai di sana baru dipikirin mau ke mana, alhasil waktu habis di jalan hahaha

    Suka

  9. Sebagai backpaker, yang bawaan dan dananya ngepres alias pas-pasan emang kudu bikin perencanaan yang matang ya mbak, jangan sampai over budget. Berburu barang murah pun akhirnya harus jadi keahlian yang dimiliki

    Suka

  10. liburan bakalan menyenangkan bila disiapkan secara matang yaa, apalagi bila tempat yang dikunjungi adalah negara yang baru pertama kali dikunjungi

    Suka

  11. Aih pasporku masih mulus nih gara-gara pandemi
    Rencana liburan ambyar semua
    Baca ini jadi tergelitik untuk nambahin stempel di paspor deh
    Mari mulai dari negara-negara Asean

    Suka

  12. Traveloka kini menjadi aplikasi andalan banyak orang yaa mba, sekarang kemana-kemana selalu booking tiket pesawar dan aplikasi di Traveloka. Termasuk waktu backpackeran ke Thailand beberapa tahun lalu.

    Suka

  13. Setuju dengan poin nomor 1 tentang perencanaan yang matang sebelum backpackeran ke luar negeri, even masih wilayah Asia Tenggara, karena kita akan berkunjung ke negeri orang yang jelas berbeda segalanya dengan kita, maka perencanaan harus sangat siap 100% agar perjalanan jadi menyenangkan dan menenangkan

    Suka

  14. Menyenangkan jika bisa travelling di negara-negara ASEAN. Minimal yang terdekat, yaitu Singapura dan Malaysia. Banyak teman sudah ke sana sekalian kegiatan kampus. Semoga ada kesempatan.

    Suka

  15. Tipsnya keren sekali ya, Mbak. Dan pas buat saya nih, yang suka liburan ala backpacker. Dan memang yang paling utama itu menyiapkan rencana dengan matang, Mbak. jadi pas liburannya sudah terencana. Karena sesuai pengalaman, saya pergi ngebolang dadakan dan show must go on. Eh, di tempat tujuan malah bingung mau ke mana. Akhirnya ke sana-kemari yang memang menhabiskan bajet hehehe.

    Suka

  16. kalau backpackeran rame-rame emang lebih menyenangkan ya mba, selain bisa sharing budget juga nih. Keamanan juga mungkin lebih terjamin ya dari pada jalan seorang diri di negeri orang

    Suka

  17. Sekalipun spontan atau dadakan ingin bepergian ke luar negeri, tetapi untuk perencanaan tetap harus matang ya kak, apalagi buat ancer² dananya juga. Noted nih.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.