4 Jenis Jaket Parka


Jaket menjadi pakaian yang sangat digemari oleh seluruh kalangan. Sebab jenis pakaian ini bisa dipakai di segala cuaca. Tidak hanya itu, jaket juga bisa difungsikan sebagai item fashion yang digunakan dalam berbagai aktivitas. Dari beragamnya penggunaan jaket ini, jenis jaket pun semakin banyak. Artikel ini akan membahas jenis jaket parka secara lebih dalam.

Jaket parka jenis trendi kekinian

Salah satu jenis jaket yang populer di Indonesia ialah jaket parka. Jaket parka atau biasa disebut anorak adalah jaket yang memiliki panjang hingga melewati pinggang dengan item hoodie atau kupluk. Nah, supaya memahami lebih jauh mengenai jaket parka, simak artikel ini sampai tuntas ya!

4 Jenis Jaket Parka Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli

1. Jaket Parka Fishtail

Jaket parka fishtail biasanya berukuran besar dan memiliki kupluk. Jenis jaket ini dirancang untuk digunakan pada musim dingin atau suhu di bawah -10o C dengan hembusan angin yang kencang. Hal ini menjadikan jaket parka fishtail sering dipakai sebagai pelapis pakaian pada cuaca yang ekstrem.

Jaket parka fishtail

Jaket parka fishtail ini cukup populer di Indonesia, meskipun Indonesia memiliki iklim tropis yang identik dengan cuaca panas. Jaket model ini termasuk pakaian luar (outer) trendi yang sering digunakan oleh anak muda baik pria atau wanita untuk hangout di malam hari.

Pada tahun 1960 di Inggris parka fishtail menjadi simbol budaya mod. Sebab pakaian ini menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi tubuh dari paparan debu ketika berkendara. Namun di satu sisi, parka ini akan tetap membuat pemakainya terlihat stylist dan rapi walaupun sederhana.

2. Jaket Parka Cagoule

Jaket parka cagoule memilik ciri khas ada kantong di bagian depan, serta kupluk yang dilengkapi dengan tali dan resleting. Nama parka ini diambil dari bahasa Inggris. Cagoule sendiri adalah istilah untuk parka yang ringan dan tahan cuaca dengan panjang selutut.

Jaket parka cagoule

Jaket ini juga populer di Inggris selama tahun 1970-an. Pada beberapa versi pembuatan, di saat parka ini digulung, kupluk pada parka ini dapat berfungsi ganda. Selain untuk melindungi kepala, kupluk juga dapat dijadikan sebagai tas dengan memasukkan parka tersebut ke dalamnya setelah digulung.

3. Jaket Parka Ringan

Jaket parka ringan merupakan satu dari beberapa jenis jaket parka. Jaket parka ringan sendiri memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh jaket parka jenis lainnya. Salah satu keunggulannya ialah jaket jenis ini memiliki karakter yang ringan sehingga akan ringkas dan mudah dibawa bepergian.

Bahkan, saking ringannya, jaket ini bisa kamu lipat kecil dan dimasukkan ke dalam pouch. Hal ini tentu akan membuat bawaanmu jadi sangat ringkas bukan?

Jaket parka ringan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh jaket parka ringan ini adalah sifatnya yang anti air serta terkadang juga disertai dengan perlindungan dari sinar UV. Berbagai keunggulan ini tentunya akan sangat sesuai untuk penggunaan di negara tropis seperti Indonesia. Jaket yang dijadikan model pakaian outer kekinian multi fungsi saat musim penghujan.

Jaket parka ringan akan sangat cocok untuk kamu pakai dalam aktivitas outdoor di siang hari, ataupun digunakan dalam pendakian rute pendek dan berolahraga.

4. Jaket Parka Snorkel

Jaket parka snorkel sendiri memiliki sejarah yang erat dengan peperangan. Hal ini karena, awalnya jaket parka ini dipakai oleh kru pesawat militer Amerika di awal tahun 1950-an. Jaket parka ini kemudian mendapat kepopuleran di Eropa sekitar tahun 1960-an.

Hal ini tak mengherankan, sebab secara model, jaket parka ini memang sangat sesuai untuk digunakan di negara dingin seperti Benua Biru. Jaket parka snorkel memang sangat tebal, bahkan terkadang disertai padding di bagian dalamnya guna menambah kenyamanan dan makin menghangatkan pemakainya di cuaca yang dingin.

Jaket parka snorkel

Jaket parka jenis ini biasanya dibuat dengan bahan polyester murni atau dicampur dengan katun. Hal ini karena bahan polyester sendiri memiliki ketahanan terhadap air, sehingga sangat sesuai untuk dipakai dalam cuaca ekstrem.

Bila Anda ingin membuat jaket parka dalam bentuk custom baik untuk kebutuhan komunitas atau perusahaan, pesan aja di green garment. Selain terpercaya, vendor konveksi tersebut sudah menangani klien lebih dari 200+. Langsung saja Anda kunjungi website resminya di https ://greengarment.id.

Itulah empat jenis jaket parka yang harus kamu ketahui. Ternyata, jaket yang identik dengan ketebalan dan kekuatannya ini memiliki aneka jenis dengan karakteristik yang beragam ya!

Selamat membuat jaket parka sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.
Salam #lifestyle dari jejak mata, rasa dan pikiran YSalma.

Foto credit to Green Garment edit by admin YSalma

58 comments

  1. Aku baru tahu istilah jaket parka ini Mba…tapi kalau pakai jaket aku memang suka yang panjang melebihi pinggang bahkan sampai di bawah perut. lebih nyaman soalnya buat saya….

    Suka

  2. Daku seneng sama jaket yang nomor 2 dan 3.
    Itu kalau jalan buat naik motor atau pas cuaca dingin bikin nyaman sepertinya

    Suka

  3. Kalau lihat nama dan modelnya berarti saya baru punya yg jaket parka fishtail itu yang pertama. Itu pun udah jarang saya pake, soalnya bagian lengan udah mulai terasa sempit. Sayanya yg nambah gede hehehe

    Suka

  4. Kudet saya mbak, baru tahu soal nama dan model jaket parka ini. Bagus juga ya kalau bisa pesan jaket kembaran gitu sama teman-teman kantor/komunitas

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.