Tips Mengelola Keuangan dengan Bijaksana untuk Remaja Dewasa


Apa sebenarnya pengelolaan uang itu? Tentu saja adalah rencana untuk mengelola keuangan pribadi Anda. Rencana ini biasanya melibatkan penganggaran dan penghematan uang, menghindari atau mengurangi utang dan berinvestasi di masa depan sehingga Anda tak begitu pusing dengan urusan finansial saat usia tidak lagi produktif. Mumpung usia masih muda mari lakukan dengan baik.

Tips mengelola keuangan pribadi

Cara Mengelola Keuangan Pribadi untuk Usia Remaja yang Beranjak Dewasa

Jika mempelajari cara mengelola uang, seolah terdengar menakutkan atau membuat stres, apalagi pada situasi sulit seperti saat ini. Boro-boro memikirkan uang lebih, tercukupi saja kebutuhan harian saat ini tanpa merepotkan keluarga sudah Alhamdulillah banget.

Walaupun demikian, lakukan selangkah demi selangkah, tidak terlalu memaksakan diri. Semua untuk masa depan, tapi tanpa melupakan bahwa saat ini adalah waktu yang paling penting yang harus dijalani.

Buat Rencana

Memiliki sebuah rencana Mengelola Keuangan lebih dari sekadar mencari tahu berapa banyak gaji Anda yang telah tersisa setelah hutang dibayar. Rencana Anda juga dimulai dengan memikirkan beberapa hal yang benar-benar ingin Anda lakukan.

Apa tujuan yang Anda miliki? Apakah Anda ingin bepergian? Membeli sebuah rumah? Apakah Anda seorang pemilik bisnis? Atau Anda ingin sekolah lagi untuk meningkatkan skill? Atau Anda ingin mengadakan pesta pernikahan impian?

Menjadi sukses dalam merealisasikan sebuah keinginan dimulai dengan memiliki gagasan yang jelas tentang ke mana Anda ingin pergi, apa artinya bagi Anda, dan kemudian membuat rencana untuk sampai ke sana.

Membuat anggaran adalah bagian penting dari setiap rencana keuangan dan akan membantu Anda mencapai dan fokus pada tujuan Anda. Ide-ide untuk dapat mencukupi anggaran yang dapat dilakukan pun akan bermunculan. Agar lebih yakin, kalau diperlukan cari sumber daya yang menyediakan penganggaran atau tip pengelolaan uang lainnya.

Simpan untuk Jangka Pendek

Jangan pernah menempatkan diri Anda dalam situasi yang sulit di mana Anda harus mengandalkan kredit untuk pengeluaran tak terduga. Jalan keluarnya, sebelum memulai rencana lain, jadikan simpanan jangka pendek sebagai salah satu prioritas utama. Anda harus meningkatkan tabungan darurat.

Para ahli merekomendasikan untuk menghemat setidaknya tiga hingga enam bulan biaya hidup, sebagai antisipasi hal-hal yang diluar rencana, seperti kehilangan sumber mata pencaharian utama. Sehingga masih bisa ‘bernapas’ sampai menemukan pekerjaan berikutnya.

Jika Anda telah melakukan sebuah perencanaan untuk melakukan pembelian finansial yang lebih besar seperti rumah atau mobil, pertimbangkan untuk membuat rekening tabungan terpisah untuk itu sehingga alokasinya jelas.

Maksimalkan Tabungan Anda

Pengelolaan uang lebih dari sekadar menghabiskan lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan. Tanda sebenarnya dari kecakapan finansial adalah menabung cukup untuk hidup nyaman dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Apa Saja Tips Mengelola Keuangan dengan Bijaksana?

Menyimpan

Mulailah menyisihkan uang ekstra untuk membangun dana darurat. Idealnya, Anda harus memiliki biaya hidup selama enam bulan untuk berjaga-jaga jika hal yang tidak terpikirkan terjadi. Jika itu tampak terlalu ambisius, mulailah dari yang kecil hingga tanpa disadari uangnya terkumpul. Tapi jangan tergoda menggunakannya untuk hal lain yang bukan urgent.

Lunasi Hutang

Jika sudah terlanjur memiliki hutang, entah itu pinjaman atau tagihan kartu kredit yang menjulang, usahakan segera dilunasi. Setidaknya Anda mungkin memiliki beberapa kewajiban utang yang tidak boleh dihindari, selalu lakukan pembayaran bulanan minimal agar Anda tidak mengalami kerusakan nilai kredit akibat keterlambatan pembayaran.

Jika Anda memiliki uang ekstra seperti ketikamendapatkan bonus, maka gunakan untuk membayar utang berbunga tinggi terlebih dahulu.

Bersikaplah Gigih

Terlepas dari niat baik yang kita saksikan di medsos, banyak orang yang jatuh dari kereta keuangan berkedok investasi. Jadikan itu sebagai pelajaran agar tak mudah tergiur oleh janji keuntungan besar. Tidak ada pohon yang berbuah tanpa ditanam dan dirawat.

Sebaliknya, berpegang teguh pada anggaran yang terlalu ketat juga bisa menyesakkan. Menavigasi jargon investasi bisa membingungkan. Tapi jangan patah semangat. Anda tidak mendapatkan posisi keuangan Anda dalam semalam, dan Anda juga tidak akan keluar darinya dalam semalam.

Beri diri Anda waktu yang cukup untuk belajar dan juga berkembang. Dengan kerja keras dan dedikasi, Anda dapat mengelola uang Anda dengan percaya diri.

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Dunia keuangan itu sangat rumit, akan tetapi uang adalah bagian penting dari kehidupan Anda, jadi sangat penting untuk Mengelola Keuangan. Anda tidak harus memahami semua instrumentnya, tetapi agar tetap aman secara finansial, Anda perlu terus belajar tentang alat dan sumber daya yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat apa yang Anda miliki bekerja keras untuk Anda.

Catat apa yang sudah Anda pahami, kemudian kembangkan itu dengan buku, kelas, atau saran tabungan dari sseeorang yang sudah ahli. Jangan lupakan nasihat bijak ‘jangan taruh telur yang Anda miliki dalam satu keranjang’.

Uang bukan segalanya, tapi segalanya memerlukan uang, jangan serakah dan dzalim pada diri dan orang lain. Mari kita sama-sama belajar mengelola keuangan dengan baik dan bijaksana agar dapat memenuhi kebutuhan hidup secara layak, menjalani hidup dengan tenang, tidak juga pusing atau stres dengan apa yang sudah atau belum dimiliki.

Salam jejak #finansial dari ysalma.com

33 comments

  1. Ayo yg pny utang, segera lunasin ya. Jangan sampe jadi beban hidup tuh. Soalnya anak remaja biasanya suka pinjem2 buat traveling hingga gadget demi konten.

    Ayo tumbuhkan jiwa melek literasi finansialnya ya anak muda.

    Suka

  2. yang begini anak muda jaman now wajib paham ,sebab di sekolah tidak di ajarkan, thx u kak moga rekan rekan muda bisa aplikasikan dan pantang menyerah

    Suka

  3. Investasi yang menjanjikan keuntungan terlalu besar memang menggiurkan tapi ternyata banyak yang bodong. Memang kita kudu lebih hati hati..

    Suka

  4. wajib banget memang kita gigih dalam mengelola keuangan, selama ini saya kurang baik dalam perencanaan keuangan, semoga setelah ini makin membaik sehingga bisa mencapai financial freedom secepatnya

    Suka

  5. Sebagai pekerja freelance, beberapa tahun ini beberapa rambu-rambu harus saya taati, Mbak. Di anatranya, harus ada dana cadangan sebesar 6 bulan, juga membeli kebutuhan bukan keinginan. Pokoknya kalau ada penghasilan lebih, harus segera disisipkan. Karena namanya freelance, penghasilan tidak menentu. Tapi Insya Allah selama berusaha, akan selalu ada rezeki.

    Suka

  6. Mengelola keuangan penting banget di masa seperti sekarang ini, termasuk disiplin menabung dan alokasi dana darurat, karena kalau tidak begitu sangat sulit buat lepas dari masalah finansial

    Suka

  7. Jadi reminder sangat, terutama kalimat yang jangan pernah berhenti belajar.
    Meski ada rasa malas menabung, menyerah, bete, tapi harus terus semangat kelola keuangannya.

    Suka

  8. Pendidikan perencanaan keuangan memang harus ditanamkan sejak dini ke anak-anak. Agar mereka lebih emnghargai uang, tidak boros dan belanja secukupnya saja.

    Suka

  9. aku paling setuju poin terakhir, “jangan pernah berhenti belajar” karena dunia ini dinamis pasti pengetahuan juga terus berkembang dan selalu ada sesuatu yang baru untuk bisa kita pelajari

    Suka

  10. Penting banget memang memiliki sikap gigih dalam mengatur keuangan, terutama di zaman seperti sekarang ini… Jangan sampai mudah tergoda ya…

    Suka

  11. Tipsnya menarik banget mbak untuk diterapkan biar semangat nabungnya. Apalagi di poin bersikap gigih dan jangan berhenti belajar karena aku sepakat banget sama poin tipsnya.

    Kalau diterapkan semuanya aku bisa nih konsisten untuk mengatur finansial supaya jadi lebih baik lagi dalam mengelola arus pemasukan, pengeluaran, dan tabungan juga.

    Suka

  12. Setujuuu sama semua tips2 yaa, ternyata mengelola keuangan dewasa dan remaja memang benar-benar beda yaa. Ada kekurangan dan kelebihannya juga sih.

    Suka

  13. penting banget ternyata ya untuk mengelola keuangan. honestly aku jarang banget bikin planning keuangan kecuali yang standar aja. nabung mah udah pasti, cuman kalau ada sisa uang pengennya jajan terus, hehe. noted banget tips nya kak

    Suka

  14. penting banget ternyata ya untuk mengelola keuangan. honestly aku jarang banget bikin planning keuangan kecuali yang standar aja. nabung mah udah pasti, cuman kalau ada sisa uang pengennya jajan terus, hehe. noted banget tips nya kak

    Suka

  15. Mengelola keuangan dengan bijak itu penting banget, sayangnya dulu aku acuh dan enggak memikirkannya. Sekarang sudah berkeluarga, punya anak, aku mulai mengurangi hutang, berbelanja sesuai kebutuhan dan mulai berinvestasi meski baru sedikit.

    Suka

  16. Betul. Setuju sekali jika kita ingin menjadi sukses dalam merealisasikan keinginan dimulai dengan memiliki gagasan yang jelas tentang ke mana kita ingin pergi. Gagal merencanakan artinya merencanakan kegagalan. Hehe

    Suka

  17. setujuu pol.. aku pernah nyesel karena pas remaja ngga semelek finansial ini. soalnya dulu ya memang jarang kan ada yang ngajarin.. cuma disuruh nabung2 aja tapi ngga dikontrol :’)

    Suka

  18. Alhamdulillah sudah belajar urus finansial sejak masuk pesantren kelas 7. Memang membekas sampai sekarang jadi lebih seneng nabung.

    Suka

  19. urusan financial dan ajaran mengatur serta mengelola keuangan emang mestinya udh diajarin dan diterapin dari kecil sih ya, biar pas remaja maupun dewasa udah terpatri prinsipnya

    Suka

  20. Bener banget kak. Hutang ini yang jadi ganjalan nantinya ya. jadi wajib lunasi hutang dulu sebelum terjun ke investasi beneran y , kak

    Suka

  21. Mengelola keuangan tuh emang butuh trial error plus harus terus belajar ya Kak.. yang penting terus nyoba buat hemat plus nyoba buat nabung juga yaaa

    Suka

  22. Bagus sekali tips mengelola keuangannya, kak..
    Apalagi bagian yang terus belajar. Ini jadi penyemangat selalu karena ilmu literasi keuangan ini kan terus berkembang dengan dinamis.
    Banyak baca mengenai keuangan agar dapat banyak insight yang bermanfaat.

    Suka

  23. Bener banget sih, mengelola keuangan itu baiknya dilakukan dari remaja ya, supaya ketika nanti sudah punya uang tidak kaget lagi bagaimana cara mengelolanya

    Suka

  24. dalam hal mengelola keuangan ini kita memang harus banyak belajar ya. nggak cukup hanya dengan menabung tapi juga belajar bikin budget dan investasi buat masa depan

    Suka

  25. Setuju banget dengan tulisan ini, “Uang bukan segalanya, tapi segalanya memerlukan uang. Jangan serakah dan zalim pada diri serta orang lain.”
    Bermanfaat banget insight-nya Mbak, makasih ya.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.