[Review] Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Memulai Karir Lebih Percaya Diri


Halo anak muda yang baru lulus kuliah (fresh graduate), ataupun yang masih duduk di bangku kuliah di masa pandemi seperti sekarang. Masa di mana membawa perubahan pada hampir semua kebiasaan, termasuk metode pembelajaran di setiap jenjang pendidikan.

Aplikasi siap kerja QuBisa kursus online gratis

Dengan adanya perubahan metode pembelajaran tersebut, bagi jurusan yang seharusnya lebih banyak praktek dibandingkan teori, tentunya akan merasa kualitas ilmu yang diterima terasa agak kurang.

Perasaan seperti itu bagus, sebab diri akan mencari cara upskilling dan reskilling ilmu yang ada agar siap bersaing di dunia kerja.

Cara Meningkatkan Kemampuan Diri – Percaya Diri Bersaing di Masa Pandemi

Seperti ponakan saya yang baru lulus dari salah satu universitas swasta. Dia sempat curhat tentang tahapan wawancara kerja yang agak membuatnya sedikit nervous.

Sebenarnya ponakan sangat senang sudah sampai tahapan wawancara, sebab tinggal selangkah lagi untuk masuk dunia kerja. Tetapi dia juga agak sedikit keder, kurang percaya diri. Manusiawi sih.

Apalagi kesempatan peluang kerja pada situasi yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Akan tetapi, saya yang emak-emak bloger ternyata lebih banyak terpapar informasi tentang platform belajar online dibandingkan ponakan, hiks.

Untung saya ingat kalau pernah membaca review web menarik tentang kursus online gratis QuBisa yang membantu first jobber lebih percaya diri memasuki dunia kerja. Yes! Untung ada aplikasi siap kerja yang dapat diandalkan nih.

Saya penasaran dengan aplikasinya, tapi waktu itu belum sempat mencobanya. Saya hanya sempat ngasih tahu aplikasi tersebut pada ponakan. Dia sangat antusias mempelajarinya. Alhamdulillah.

Point bagusnya, ponakan sadar tentang hal yang harus ditingkatkan sebelum memasuki dunia kerja. Dia berikhtiar untuk upskilling dan reskilling diri sendiri. Harus itu!

Saya aja yang emak-emak masih belajar cara meningkatkan personal branding sebagai bloger. Walau hingga detik ini masih ‘ngambang’, hehe.

Akan tetapi, walaupun sudah lama meninggalkan dunia kerja formal, saya tetap semangat belajar hal-hal baru.

Aplikasi siap kerja QuBisa cara meningkatkan personal branding

Nah, cara meningkatkan kemampuan diri ala emak-emak, tapi dijamin cocok juga sama anak muda pastinya. Saya memilih cara belajar efektif sesuai dengan kondisi saya, apalagi di masa pandemi yang sedapat mungkin meminimalkan pertemuan fisik, diantaranya:

  1. Membaca

Pertama, saya lebih memilih membaca di forum-forum diskusi yang menyebutkan permasalahan, kemudian ada yang membantu memberikan solusinya. Kedua e-book, tinggal download, simple.

Kegiatan ‘belajar’ dengan membaca ini bisa dilakukan nyambi browsing, nyari referensi postingan blog. Fleksibel.

  1. Nonton video tutorial

Seringnya milih yang videonya singkat, tapi materi tuntas disampaikan dan mudah dimengerti.

  1. Ikut kursus online gratis

Kalau membaca di forum, e-book, atau nonton video di YT, kekurangannya kan harus nyari-nyari yang tepat. Banyak waktu terbuang untuk browsing sana-sini.

Beda kalau ikut kursus online gratis melalui aplikasi belajar online, ibaratnya sudah tahu tempat belajar dan mata pelajaran yang tersedia. Lebih hemat waktu.

Nah, salah satu kursus online gratis yang menarik perhatian saya yaitu Aplikasi siap kerja QuBisa yang sudah saya sebutkan di atas. Yuks mari kita cari infonya sekalian belajar.

Review Aplikasi Siap Kerja Online, QuBisa Belajar Gak Ribet

Aplikasi siap kerja QuBisa belajar gak ribet

Aplikasi siap kerja seperti QuBisa bakalan banyak yang membutuhkan. Bukan hanya mahasiswa, tapi juga anak sekolah seperti siswa / anak SMK yang tentu saja di masa pandemi ini praktik kerjanya berkurang. Hal ini tentu akan membuat sedikit gamang lulusannya.

Nah, kursus online gratis seperti aplikasi siap kerja QuBisa merupakan sebuah solusi tepat.

Apa Itu QuBisa?

QuBisa merupakan sebuah platform belajar online terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran.

Kursusnya bertujuan meningkatkan keterampilan diri dan digital untuk mahasiswa, profesional, dan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan diri, di mana saja dan kapan saja.

Platform pendidikan QuBisa menyandang misi untuk mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

QuBisa juga sebagai Road Map karier yang dapat membimbing lulusan baru untuk menemukan sesuai jalur.

Alasan Memilih QuBisa sebagai Aplikasi Belajar Online

Memilih sebuah aplikasi belajar online, apalagi agar memasuki dunia kerja jadi lebih percaya diri tentu saja karena keunggulan yang dimilikinya, serta mempunyai pembeda dengan platform aplikasi belajar online lainnya, seperti yang dimiliki QuBisa diantaranya:

  • Kaya akan konten yang dapat membantu pengguna meningkatkan keterampilan.
  • Penilaian bakat untuk pengguna
  • Road map karier webinar
  • Konsultasi karir
  • Setiap orang dapat menjadi pembelajar Konten yang disediakan QuBisa hasil kolaborasi dengan universitas / industri / profesional.

Setelah terdaftar jadi ‘siswa’, apa yang akan didapatkan di QuBisa? Banyak, hingga saat ini sudah tersedia:

  • 300+ Instruktur terdaftar
  • 200+ Webinar
  • 500+ Kursus terbaik gratis dan berbayar
  • 2000+ Jumlah Microlearning

Kursus Online Gratis dan Berbayar

QuBisa menyediakan banyak Kursus online gratis dalam bentuk video, webinar, dan microlearning. Kita tinggal memilih sesuai minat. Agar lebih mudah, kita dapat memilahnya berdasarkan jenis kelas, topik, durasi, dan juga rating.

Pilihan kursus berbayar juga tak kalah banyaknya. Yang berbayar ini peruntukannya untuk mereka yang ingin pendalaman materi agar lebih expert.

Kelas Belajar di QuBisa

Agar siswanya menjadi seorang profesional di bidang yang diminati, QuBisa menyediakan kelas-kelas keterampilan, seperti:

  1. Keterampilan Sukses Milenial (KSM)
Aplikasi belajar online QuBisa cara belajar efektif

Kelas yang berisi materi keterampilan pengembangan diri untuk membantu siswa mencapai sukses di berbagai bidang. Terdiri dari Kemampuan Dasar, Agilitas, Kepemimpinan, Inovasi, dan Keseimbangan Diri.

  1. Keterampilan Digital Milenial (KDM)
Aplikasi siap kerja QuBisa kelas keterampilan

Bersaing di era digital tidak terelakkan, maka keterampilan digital ini wajib dimiliki untuk membantu menjadi ahli di bidang digital.

Kelas ini terdiri dari Perkembangan Digital, Produktivitas Digital, Analisis Data Digital, Komunikasi & Kolaboran Digital, Keamanan Digital, dan Publikasi Konten Digital.

Materi kedua kelas keterampilan di atas tersebar dalam video kursus, webinar, dan microlearning pada Kelas Terpopuler, Kelas Siap Kerja, Kelas Pengembangan Karir, Kelas Terbaru, dan Webinar Terdekat.

Aplikasi siap kerja dan belajar online QuBisa

Sangat tepat kan memilih QuBisa dengan kelas yang disediakannya. Selesai mengikuti sesi materi, siswa paham cara meningkatkan personal branding.

Jika materi setiap kelas yang dipilih diikuti dengan metode cara belajar efektif, belajar gak ribet, membuat siswa semakin yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Tantangan dunia kerja pun siap ditaklukkan.

Cara Mendaftar dan Mengikuti Kelas di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Agar dapat mengikuti kursus, webinar, ataupun microlearning di QuBisa kita harus mendaftar, caranya sangat mudah dan langsung bisa belajar.

Aplikasi siap kerja QuBisa cara mendaftar
  1. Download aplikasi QuBisa di App Store atau Play Store. Bisa juga dengan membuka situs web browser di PC ataupun Laptop.
  2. Klik “Daftar”, ikuti tahapannya dengan mengisi Nama Lengkap, Email, Username, password, dan Nomor WA.
  3. Setelah berhasil, verifikasi email yang didaftarkan.
  4. Lengkapi foto profil dan bio, agar belajarnya serius.
  5. Pilih kelas yang diinginkan dan daftar sebagai ‘siswa’.
  6. Kalau milih kelas gratis, langsung belajar.
  7. Jika mengikuti kelas berbayar, pilih “Beli”. Selesaikan pembayaran menggunakan transfer bank atau GoPay.
  8. Jika logout dan login lagi pada waktu dan hari berbeda, kursus yang diikuti bisa dicek pada bagian “KursusQu”.
  9. Selamat belajar untuk menambah keterampilan.

Kelebihan lain dari QuBisa adalah, setelah kita membuat akun, kita memiliki akses tanpa batas ke seluruh kursus online QuBisa selamanya.

Dengan kata lain, jika kita sudah mendaftar di satu kelas, maka kita akan memiliki akses kapan saja ke materinya, sehingga bisa diulang lagi.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Belajar Online QuBisa

Aplikasi siap kerja QuBisa untuk upskilling dan reskilling

Penyajian materi yang ada pada aplikasi siap kerja QuBisa sangat bisa membantu banyak orang untuk belajar mengembangkan diri / personal branding / upgrade ilmu / coaching / mentoring dan lainnya. Semua dapat dipilih sesuai minat atau passion yang ingin ‘diasah’.

Kelas yang sudah saya selesaikan di QuBisa adalah “Cara Membuat Video Editing dengan MiniTool Movie Maker by Su Rahman” di kelas KDM. Alasan saya memilih kelas tersebut karena hasil editing video saya masih sangat ‘kasar’.

User Experience saya selama menyelesaikan 6 materi video pembelajaran dengan total durasi 26 menit memakai aplikasi belajar online QuBisa, sangat nyaman.

Walau saat buka di ponsel sempat ada loading agak lama, mungkin karena pengaruh sinyal. Tapi setelahnya lancar.

Isi konten video juga mudah diikuti sembari dipraktekkan langsung, pemaparannya runut, dan kualitas gambar cukup bagus.

Dan yang paling membuat saya semangat belajar adalah durasi satu videonya hanya 3-5 menit, tapi kita paham dengan materi yang disajikan.

Tampilan menu aplikasi dan web-nya juga mudah dipahami. Kita dapat mengetahui latar belakang pemberi materi. Kita juga dapat mengecek respon balik siswa yang selesai mengikuti materi dari rating dan ulasan yang diberikan.

Kabar Gembira untuk Penyemangat Belajar di QuBisa

Ada kabar gembira nih, saat ini QuBisa juga mempunyai program menarik sebagai penyemangat belajar, yaitu Liga PointQu.

Aplikasi siap kerja QuBisa Liga PoinQu

Jadi, saat membuat akun kita akan mendapat +100 poin, menginstal aplikasi mendapatkan +2000 poin. Selanjutnya pertambahan poin melalui berbagai aktivitas pembelajaran, misalnya daily check, beli kursus berbayar, menyelesaikan kursus berbayar ataupun gratis.

Pengguna aplikasi ataupun web dengan peringkat 1-3 dengan minimal pengumpulan 100.000 PoinQu berhak mendapatkan 1 buah smartphone per orang (hanya untuk kemenangan satu periode, tidak berlaku bagi pemenang periode sebelumnya).

Sementara untuk 50 orang pengguna PoinQu tertinggi berikutnya juga sudah ditunggu hadiah menarik lainnya, diantaranya saldo GoPay senilai Rp200.000 untuk yang memiliki minimal 70.000 PoinQu.

Sangat menarik dan jadi semangat belajar ya. Hadiahnya bisa dibelikan kelas berbayar menarik lainnya.

Penyemangat belajar di QuBisa tidak hanya Liga PoinQu, tapi juga ada “Blog Competition” yang berlangsung dari 20 September 2021 hingga 10 Desember 2021. Total hadiahnya menggiurkan banget, 10 juta rupiah!

Aplikasi siap kerja QuBisa lomba blog

Peserta lombanya untuk siapa saja? Terbuka untuk semua yang pernah mengikuti kelas apa saja di QuBisa, kemudian pengalaman belajarnya dibagikan di blog. Ikutan yuks, siapa tau rejeki. Untuk info lengkap mengenai lombanya bisa dicek langsung pada situs QuBisa.

Program dengan hadiah menarik dari aplikasi siap kerja QuBisa hanyalah bonus tambahan. Yang utama adalah belajar untuk proses upskilling dan reskilling-nya. Sebab, belajar menambah ilmu dan keterampilan merupakan investasi masa depan.

Oiya, kabar dari ponakan yang sempat galau saat memasuki dunia kerja, setelah belajar online di aplikasi siap kerja QuBisa langkahnya jadi lebih mantap. Tetap ada sedikit ragu, tapi sudah mempunyai dasar pengetahuan yang lebih kuat.

So, kamu yang merasa ingin meningkatkan kemampuan diri dengan cara belajar gak ribet, monggo di-download aplikasi QuBisa. Selamat belajar.

Salam pendidikan.
YSalma, jejak mata, rasa, dan pikiran positif.

Referensi:
- https://www.qubisa.com/
- https://www.instagram.com/qubisa.id
- https://twitter.com/QuBisa_id
- https://www.facebook.com/qubisa.id
- https://www.youtube.com/channel/UCBbT9OhBl6vWcjxLIhn6wug
- https://id.linkedin.com/organization-guest/company/qubisa
- https://www.tiktok.com/@qubisaid.

57 comments

  1. Membaca ulasannya, sepertinya tak hanya yg baru ajan kerja saja cocok ikut kursus ini ya..utk pekerja yg ingin meningkatkan kemampuannya pun bisa banget ya..

    Suka

  2. QuBisa bisa jadi sarana buat upskilling dan reskilling bagi para pencari kerja ya Mbak. Aku udah coba belajar online via QuBisa juga, dan nyaman juga rasanya. Materi-materi di sana memang cukup variatif dan gampang diikuti ya 🙂

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.