3 Cara Memilih Baju Koko Lengan Panjang


Alhamdulillah, bulan Ramadhan sudah terlalui dalam beberapa hari dengan baik. Semoga tetap fokus dan konsisten dengan ibadah khusuk hingga akhir. Jelang hari raya Idul Fitri, sudah pasti Anda membutuhkan baju koko untuk dikenakan di hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan suci Ramadhan. Agar dapat baju koko idaman dan memilihnya lebih leluasa, maka dapat dilakukan dari sekarang, disela-sela waktu, melalui ponsel pintar.

Selain itu, baju koko juga mempunyai model yang beragam dengan berbagai detail dan corak yang menarik. Nah, buat Anda yang sedang mencari baju koko lengan panjang, simak cara memilihnya di bawah ini.

Cara Memilih Baju Koko Lengan Panjang

Bagi Anda yang bingung saat memilih model baju koko lengan panjang yang diinginkan, berikut ini cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih baju koko lengan panjang berdasarkan bahan, model, dan detailnya.

  1. Perhatikan Bahannya

Nyaman tidaknya suatu produk, bisa dilihat berdasarkan bahan yang mereka gunakan. Sebab itulah, saat Anda memilih baju koko. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bahannya. Berikut ini beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat baju koko.

baju koko lengan panjang nyaman
credit to Blibli dot com, edit by YSalma

a. Balotelli

Bahan pertama yang direkomendasikan adalah balotelli. Bahan ini digunakan karena mempunyai tekstur yang unik, yaitu kotak-kotak kecil bergaris. Untuk mengenai keunikannya ini, Anda bisa melihat atau merabanya secara langsung. Baju koko yang dari bahan balotelli mempunyai karakteristik yang adem, ringan, halus, dan tidak menerawang.

Akan tetapi, ada juga bahan balotelli yang panas saat dipakai. Hal ini disebabkan, ada beberapa grade dari kain balotelli. Bahan dengan kualitas terendah biasanya kurang nyaman dan terasa panas saat dikenakan. Jadi, sebelum memilihnya, tanyakan lebih dulu kualitas bahannya.

b. Katun

Jika kulit Anda sensitif, ada baiknya Anda memilih baju koko yang menggunakan bahan katun. Kain katun adalah kain yang berasal dari serat alami dari tanaman kapas. Sehingga, tidak akan menyebabkan iritasi ketika dikenakan.

Selain itu, katun juga mempunyai daya serap keringat yang baik, ringan dan adem ketika dikenakan. Perlu diketahui, bahwa kain katun juga terbagi dari berbagai jenis, seperti katun toyobo, poplin, grounding, dan juga madinah. Meski demikian, kenyamanan dan kualitasnya tidak ada yang berbeda.

  1. Pilih Jenis yang Diinginkan

Ada tiga jenis baju koko lengan panjang yang paling banyak peminatnya. Seperti model gamis, atasan dan juga setelan baju koko. Setiap jenis baju koko tersebut mempunyai karakteristiknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasannya.

a. Atasan Saja

Jika Anda salah satu orang yang menyukai model busana mix and match. Jenis baju koko ini sangat cocok untuk Anda. Jenis baju koko ini sendiri mempunyai dua model, yaitu kemeja koko dan juga kurta. Yang membedakan keduanya adalah panjangnya. Kemeja koko mempunyai panjang sebokong, sedangkan kurta panjangnya hingga ke paha.

Dengan mengenakan baju koko jenis atasan. Anda akan leluasa memilih bawahan yang Anda favoritkan. Baik itu celana maupun sarung. Jenis baju koko ini sangat fleksibel, sebab bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin pergi ke kondangan teman, Anda bisa memilih motif etnik yang dipadukan dengan celana kain dan sepatu pantofel, untuk menampilkan kesan formal. Sementara itu, jika Anda ingin terlihat lebih kasual, Anda bisa memilih motif kombinasi warna atau abstrak, dengan bawahan celana jeans dan sepatu sneakers favorit Anda.

b. Gamis

Jika Anda ingin menampilkan kesan islami, jenis baju koko ini sangat cocok untuk Anda. Sebab, gamis mempunyai model loose yang panjangnya mencapai betis atau mata kaki. Berbagai Desain gamis yang stylish dan minimalis. Selain itu ada juga model kombinasi warna dengan detail bordir atau hoodie.

c. Setelan

jenis baju koko ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mau diribetkan dengan mix and match. Selain itu, jenis baju koko ini juga mempunyai harga yang lebih ekonomis daripada membeli satuan.

Terdapat dua model atasan untuk setelan baju koko, dari model kemeja dan juga kurta. Sedangkan untuk bawahannya, ada model sarung dan juga celana. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keinginan Anda.

  1. Perhatikan Detailnya

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah detailnya. Sebab perkembangan dunia fashion muslim sangat pesat. Baju koko saat ini tidak hanya menampilkan model yang polos saja. Bahkan beberapa produsen menawarkan berbagai detail tambahan yang menarik perhatian. Misalnya, saja adanya detail bordir, hoodie ataupun berbagai motif batik dan etnik untuk kesan tradisional.

Itu dia 3 cara yang bisa Anda terapkan saat ingin memilih baju koko lengan panjang untuk kebutuhan di Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, pastikan juga ukurannya sesuai dengan badan Anda. Agar lebih nyaman, Anda bisa memilih baju koko yang lebih besar dari ukuran baju yang biasa Anda kenakan.

Selamat berburu baju koko lengan panjang terbaik yang sesuai budget dan nyaman digunakan. Sebagai bentuk terima kasih pada diri karena diberi rezeki sehat selama menjalankan ibadah puasa, semoga kembali pada fitrah di hari kemenangan.

Salam jejak kabar #lifestyle, selalu dalam do’a dan ikhtiar terbaik.

37 comments

  1. aduh jadi inget, dulu tiap tahun bikin baju koko untuk anak anak

    Begitu mereka kuliah, susah diatur lagi deh …. udah suka suka mereka 😀 😀

    Suka

  2. sip banget nih tipsnya untuk memilih baju koko yang bagus dan nyaman dipakai. kebetulan di rumah kan suami dan anakku demennya pake gamis. entah deh tahun ini apakah tetep beli yang model gamis atau atasan aja.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.