Olahan Sate Dari Putih Telur Sisa Bikin Kue? Yes, Yummy!


Kreativitas emak-emak :oop: . Sekarang ini saya tak akan lagi kebingungan memanfaatkan putih telur yang lumayan banyak dari sisa bikin kue. Apalagi waktu menjelang lebaran seperti ini. Umumnya yang dipergunakan hanyalah kuningnya saja. Untuk itu, pemanfaatan sisa putih telur yang paling oke adalah dengan cara diolah menjadi masakan seperti sate. Soal rasa, dijamin tidak akan mengecewakan lidah. Yes, sangat yummy pokoke! ❀ .

Setidaknya, dalam keluarga saya, sate dari putih telur ini bisa ludes dalam sekejap. Tentunya jika dibandingkan bila hanya mengolahnya dengan cara digoreng saja πŸ˜†

Sate Putih Telur Yummy
Seporsi sate putih telur, yummy πŸ™‚ .

Ribet Amat Mengolah Putih Telur? Simpan Aja Dulu.

Sayang mubazirnya kalau tidak langsung dimanfaatkan *emak-emak memaksimalkan azaz manfaat*. Bisa untuk lauk atau camilan tambahan saat berbuka 😳 .

Bagi Anda yang jago memasak dan membuat kue, mengolah sisa putih telur itu bukanlah perkara yang susah.

Bahkan, mungkin sebelum membuat satu jenis kue yang hanya memakai kuningnya saja, resep kue untuk putih telurnya juga sudah langsung dikerjakan.

Tapi, itu tidak berlaku bagi saya 😳 .
Menyelesaikan satu jenis kue, apalagi pada bulan puasa seperti ini, itu merupakan sebuah perjuangan.

Pernah, karena merasa sayang dengan putih telur yang sudah terpisah dari tiga butir kuningnya, saya pun menggorengnya. Walaupun sudah dibumbuin dengan garam, merica bubuk, dan bawang, ternyata susah juga kemakannya. Akhirnya, kebuang juga πŸ˜₯ .

Putih telur bisa tahan berapa lama jika disimpan dalam kulkas?

Lumayan memperpanjang usia si putel agar tidak cepat membusuk, dan bisa diolah dilain hari. Tapi, tetap saja ada batas waktu si putih telur tidak rusak.

Namanya telur yang sudah tidak berada dalam cangkangnya lagi, serapi apapun menyimpannya, tentunya tidak akan bertahan lama. Apalagi ketika memecahkan, kulit telurnya belum dibersihkan. Sedikit banyak akan terkontaminasi oleh kotoran.

Dalam penangan yang baik, sisa putih telur dari bikin kue ini jika disimpan dalam plastik atau wadah tertutup lainnya, kemudian dimasukkan ke dalam freezer, bisa bertahan hingga tujuh hari.

Sementara jika dalam suhu ruang, putih telur bisa bertahan kurang lebih sekitar dua jam-an, atau memperhatikan kondisi si putih telur. Jika terlihat lebih encer dari sebelumnya, itu pertanda putih telur kualitasnya sudah mulai menurun.

Sayang banget kan kalau si putih telur ini tidak diambil faedahnya, padahal termasuk sumber makanan bergizi yang sangat sehat.

Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan & Kecantikan

Putih telur kaya protein dari albumin yang dikandungnya.
Seperti yang kita ketahui, protein sendiri dibutuhkan tubuh dalam pembentukan otot dan jaringan tubuh lainnya.

Putih telur itu juga kaya akan zat besi. Tidak mengandung kolesterol (hanya ada pada kuningnya), makanya sangat baik untuk menu sarapan.

Dulu, setelah operasi, putih telur merupakan menu konsumsi rutin bagi saya.

Bahkan, ketika saya mengalami robek gendang telinga akibat flu sekitar dua bulan yang lalu, dokter THT yang memeriksa, selain memberikan resep obat, juga menyarankan untuk mengkonsumsi minimal 2 butir putih telur (tanpa kuning) setiap harinya. Tujuannya agar luka robeknya cepat pulih.

Belum lagi manfaat lainnya, menurut tenaga kesehatan juga, jika kulit terlihat kusam, atau rambut mudah patah-patah, ada kemungkinan tubuh sedang kekurangan protein. Untuk mengatasi kondisi tersebut, biasanya para wanita akan menggunakan putih telur sebagai masker. Agar bau amisnya tidak tercium, tinggal dicampur dengan madu atau perasan lemon. Putih telur pun berfungsi sebagai bahan perawatan sendiri yang murah meriah.

Olahan Sate Putih Telur
Olahan sate putel

Kreatif Mengolah Putih Telur Jadi Makanan Yummy

Kemaren, karena mempunyai putih telur yang lumayan (dari delapan butir), saya pun bela-belain langsung mengolahnya.
Tampilannya dibuat seperti sate.

Ternyata, setelah mencicipi sate putel ketika berbuka, semua pada bilang, “rasanya boleh juga” ❀ . *mungkin, karena pengaruh dari suasana berbuka, iya juga barangkali. Kan, ketika berbuka itu, makanan apapun jadi terasa lebih nikmat* 😳 .

Padahal, ketika masih dalam proses pengolahan, saat si putih telur yang sudah dikukus sebelumnya itu sedang diatur dalam tusukan sate, anggota keluarga yang melihat pada mengernyitkan dahi, “apaan itu, Mam. ‘Putih telur?’, kemakan gak tuh nantinya?” πŸ˜† .

Cara Mengolah Putih Telur Menjadi Makanan Seperti Sate

Bahan Yang Diperlukan:

Putih telur dari 8 butir telur, menyesuaikan.
Garam halus, 1/4 sdt.
Merica bubuk, 1/4 sdt.

Bahan pendukung:

Margarin (minyak sayur), 1 sdm /secukupnya.

Sambal Kecap Untuk Bumbu dan Makan Sate

* Rawit hijau, 7 buah, rajang.
* Bawang Merah, 3 siung, rajang.
* Bawang Putih, 1 siung, rajang kecil.
* Tomat sedang, 1 buah, potong dadu.
* Lemon (Jeruk Nipis), seiris, ambil airnya.
* Kecap, 4 sdm /secukupnya.

** Campur semua bahan.
** Sisihkan beberapa sendok pada wadah lain. Sisanya simpan dulu di kulkas.

Cara Membuat Sate Putel:

  • Didihkan air dalam kukusan.
  • Putih telur ditempatkan pada wadah yang bisa dikukus. Jika sebelumnya si putih telur ini sempat disimpan dalam kulkas, biarkan dulu beberapa saat dalam suhu ruang.
  • Tambahkan garam dan merica bubuk. Aduk hingga tercampur rata.
  • Kukus selama beberapa menit (putih telur sudah mengeras).
    Dinginkan dalam suhu ruang.
    Potong dadu.
  • Tusuk dengan tusukan sate. (Saya menghasilkan 9 tusuk sate putih telur).
  • Rendam dalam bumbu sambal kecap yang disisihkan sebelumnya, lebih kurang sekitar 15 menit.
  • Panaskan wajan datar, beri sedikit margarin atau minyak sayur.
  • Bakar putih telur yang sudah ditusuk hingga berwarna coklat tua, atau seperti penampakan sate pada umumnya. Jangan lupa dibolak-balik agar tidak gosong. Aromanya akan tercium wangi.
  • Setelah sate putel (putih telur) matang, taroh di piring saji.
    Siram dengan sambal kecap yang sebelumnya disimpan di kulkas.
  • Sate putih telur pun siap untuk dinikmati. Teksturnya agak mirip tahu, rasa telur agak samar, dan semakin segar di lidah dengan campuran bumbu sambal kecapnya.

Kesimpulan.

Sisa putih telur dari membuat kue juga bisa diolah menjadi jenis makanan lain. Asalkan, dibumbuin garam dan merica bubuk serta dikukus terlebih dahulu. Wadah pengukus serta bumbu pendampingnya saja yang berbeda-beda.

Bisa dikukus dengan menggunakan plastik untuk es mambo, setelah itu baru ditusuk pake tusukan sate (plastiknya dibuang), kemudian dibakar. Saat penyajian, siram dengan saos pedas dan mayones. Maka jadilah putih telur ala sosis bakar :mrgreen: .

Begitulah catatan YSalma mengolah sate putel. Anda pernah mengolah putih telur sisa bikin kue menjadi makanan apa saja? Pastinya tidak pernah terbuang dong ya ❀ .
Selamat berkreasi πŸ˜‰ .

Iklan

9 comments

  1. Ternyata putih telur bisa dijadikan sate ya. Mantap nih. Makasih sharing resepnya mbak. β˜ΊοΈπŸ‘

  2. Baru tahu nih Mbak, kalau putih telur bisa diolah jadi sate…
    Sudah dibilangin sama istri biar dicoba kapan-kapan.

    Btw. Mohon maaf lahir dan batin Mbak.

    Salam,

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.