Camilan Menu Buka Ramadhan, Pisang Uli Goreng Kriuk Toping Keju


Pisang Goreng Toping Susu Keju_YSalma

Berbuka dengan segelas air putih saja sesungguhnya sudah terasa sangat nikmat. Tak perlu camilan macam-macam, apalagi gorengan. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, cukup ditambah dengan mengkonsumsi tiga butir kurma.

Hanya saja, karena kebiasaan makan sehari-hari pada waktu sebelumnya, menu buka seperti itu terasa kurang nendang oleh pikiran :mrgreen: .

Makanya, camilan seperti pisang uli yang digoreng kriuk dan diberi toping susu keju ini menjadikan menu buka Ramadhan terasa lengkap *pikiran jangan terlalu dituruti, mak* 😳 .

Sssttt,,, hati-hati, kebiasaan santap orang-orang terdekat itu ternyata bisa ‘menular’ 😳 .

Asyik. Pisang Uli Ternyata Salah Satu Jenis Pisang Raja

Jenis gorengan yang paling saya sukai adalah pisang 😳 .
Saya tahunya dari dulu itu, pisang yang enak buat digoreng adalah pisang raja. Rasa pisang gorengnya lebih legit, empuk dan manis. Beda dengan goreng pisang kepok kuning. Tapi, kedua jenis pisang goreng ini lidah saya cinta.

Pisang Uli Cocok Untuk Digoreng_YSalma

Akan tetapi, hingga sejauh ini (baca: “tua”), walaupun sering makan pisang goreng raja hasil dari membeli itu, saya belum tahu bentuk penampakan mentah (sebelum diolah) dari pisang raja yang rasanya enak menurut lidah saya tersebut. *tepok jidat*.

Sehingga, ketika ibunda berkunjung dan ingin membuat pisang goreng ala beliau, saya selalu mencarikan pisang kepok kuning yang lebih familiar.

Kemaren, ketika saya sendiri ingin membuat olahan pisang goreng sebagai camilan buat berbuka, saya tidak melihat pisang kepok kuning ataupun pisang tanduk.

Jika sampai gagal membuat menu pisang goreng olahan sendiri pada hari itu, bisa membuat kecewa pasukan di rumah, karena sebelumnya saya sudah membuat woro-woro menu buka 😳 .

Maka, saya bertanya pada mamang penjual tentang persedian pisang yang enak buat dijadikan goreng.

Si mamang mengatakan bahwa pisang yang enak buat digoreng itu adalah pisang uli.

Saya pun bingung (ga familiar dengan nama pisangnya), diam dan menunggu sesaat 😆 .

Datang bapak-bapak yang langsung disambut si mamang penjual dengan kalimat, “biasa. 15 ribu ya?”.

Si bapak mengangguk sembari menyodorkan uang, dan menerima sekantong plastik pisang.

Si mamang menoleh ke arah saya, “bapak ini biasa beli pisang uli buat digoreng. Enak kok”.

Si bapak tersenyum ketika saya menoleh ke arahnya.

Pisang Uli Goreng Kriuk Renyah_YSalma
Pisang goreng uli kriuk tanpa toping.

Saya masih agak kurang percaya ucapan si mamang penjual pisang, karena sebelumnya saya juga pernah berada dalam situasi seperti ini.

Saya pernah beli pisang kepok sama beliau. Saya nyari yang kepok kuning, dia adanya kepok putih yang penampakannya sangat bagus.

Kalau menurut saya, kepok putih itu untuk pakan burung. Menurut beliau saat itu, pisang kepok putih yang dijualnya itu juga enak buat direbus atau digoreng.

Ternyata, setelah diolah. Saya kurang begitu suka rasanya, apalagi orang-orang rumah.

Karena kali ini saya malas ke tempat lain, saya memutuskan membeli pisang uli.

Jika bulan puasa si mamang ternyata berbohong juga, dalam hati saya sudah berjanji ga bakal merepet setelah memakannya nanti.

Biarlah.

Anggap aja itu kemampuan si mamang menawarkan dagangannya pada calon pembeli seperti saya ini 😀 .

Cara Mengolah Pisang Uli Goreng_YSalma

Pisang Goreng Enak Itu Tergantung Jenis Pisang Yang Digunakan

Mari kita mengenali jenis pisang raja dulu sebelum membuat pisang goreng 😆 .

Setelah saya cari tahu, kali ini ucapan si mamang ada benarnya. Yeay,,, saya ga kena bohong 😳 .

Pisang uli adalah salah satu dari jenis pisang raja.
Nama tepatnya adalah pisang raja uli, habitatnya daerah Bogor dan sekitarnya. Sangat cocok buat digoreng.

Alhamdulillah, ga salah beli.

Jenis pisang raja lain yang terkenal adalah :

  • Pisang raja bulu, kulit lebih tebal, kalau matang berwarna kuning dengan bintik coklat, cocok dimakan langsung, atau dengan cara lain makan pisang pakai toping keju juga.
  • Pisang raja sereh, berkulit tipis, rasa sangat legit bilang matang sempurna. Kalau menurut saya, rajanya pisang legit yang bisa dimakan langsung. Saya sangat suka.
  • Kemudian, ada pisang raja nangka yang lebih cocok untuk olahan keripik.
  • Pisang raja udang, berkulit merah keunguan. Dimakan langsung agak terasa asam. Direbus lumayan. Tapi kurang cocok untuk pisang goreng.
  • Pisang raja lawe, ukurannya paling besar diantara jenis pisang raja.
Adonan Pisang Uli Berbalut Tepung Roti_YSalma
Pisang sudah berbalut tepung roti.

Resep Pisang Goreng Kriuk Yang Menarik Mata Anak-Anak

Pada dasarnya, resep untuk membuat olahan pisang goreng itu hampir sama.

Ibu saya selalu menambahkan sejumput air kapur sirih, vanili dan sebutir telur ayam dalam olahan adonan tepungnya. Tepung yang digunakan adalah tepung beras. Beliau tidak menggunakan gula pasir, cukup garam sebagai penguat rasa. Hasil pisang goreng beliau selalu enak menurut kita-kita ❤ .

Resep pisang uli goreng yang YSalma olah dan berharap menggugah selera berbuka anak :

Bahan :

2 sisir pisang uli (sekitar 16 buah)
9 sdm tepung beras
12 sdm tepung terigu
3 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 gr vanili (sebungkus kecil).

200 gr tepung roti
Secukupnya air dingin (dari lemari pendingin)
Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Bahan Toping (boleh di-skip)

Secukupnya susu kental manis putih/coklat.
Secukupnya keju parut.

Cara Mengolah Pisang Uli Goreng Kriuk Renyah :

  • Campur semua bahan dalam wadah agak besar, kecuali tepung roti, tambahkan air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan kental. Jangan sampai encer.
  • Kupas pisang, satu buah pisang uli dipotong serong menjadi tiga bagian.
  • Potongan pisang langsung dimasukkan ke dalam adonan tepung. Tujuannya agar pisang tidak menghitam kalau kelamaan dikupas.
  • Pisang yang sudah diberi adonan tepung kental, gulingkan satu persatu ke dalam tepung roti. Lakukan sampai potongan pisang habis.
  • Pisang yang sudah berbalut tepung roti disimpan dulu di freezer selama lebih kurang 30 menit. Tujuan penyimpanan agar tepung roti lebih menempel.
  • Panaskan minyak dengan api sedang. Jangan dengan api besar yang membuat bagian luar pisang terlihat gosong, tapi bagian dalam belum matang sempurna. Jumlah minyak harus bisa merendam potongan pisang yang mau digoreng.
  • Masukkan pisang satu persatu. Masak hingga berwarna kuning keemasan.
  • Tata pisang uli goreng kriuk pada piring saji. Penampakannya seperti nuget yang disukai anak-anak . Oleskan bagian atas dengan sedikit susu kental manis. Kemudian beri taburan keju.
  • Santap pisang uli goreng krispi selagi hangat.

Pisang Uli Goreng Keju_YSalma

Kesimpulan :

  • Pisang uli enak buat digoreng. Tapi, ini bukan jenis pisang raja yang akrab dengan lidah saya.
  • Tanpa diberi toping, pisang uli goreng renyah ini juga sangat nikmat disantap langsung. Apalagi pas lagi hangat.
  • Jika sudah dingin? Enak juga disantap, tapi,,, udah ga kriuk lagi 😆 .
    Gorengan apapun, jika udah dingin lama dalam suhu ruang, tapi masih kriuk-kriuk, itu justru perlu diwaspadai.
  • Porsi seperti di atas bagi saya dan keluarga bisa untuk dua kali goreng. Pisang yang sudah berbalut tepung roti dimasukkan dalam wadah tertutup dan disimpan di freezer. Esoknya bisa digoreng kembali. Tetap berasa lazisnya pisang goreng.

Temans lebih suka mengolah pisang uli menjadi penganan apakah?
Selamat mempersiapkan menu bagi keluarga tercinta ya.

Bunda, emak, kau harus bisa mengolah makanan yang kau dan keluargamu sukai. ❤ .

Iklan

17 comments

  1. Aku baru tahu ada nama pisang uli, selama ini familiarnya sama pisang kapok & pisang raja kalo dibikin olahan 😅

  2. Wan, mantap nih resepnya, Terima kasih Mbak.
    Selama ini saya goreng pisang, hanya pakai tepung pisang goreng (pantesan gak kriuk 😆). Kemudian tambahkan keju parut, susu kental manis, sama ceres. 😋

      • Rasa pisang goreng, sensasinya berbeda, karna ada kriuknya 😀

        Jangan dibayangin Mbak
        Bikin saja nanti pas buka puasa 😄

        • memang kriuk yg bikin penasaran ya, mba Ai 😀 .

          Bukanya udah diganti dengan pisang yg dipagang di atas wajan, siram skm, taburin coklat dan keju, jadi deh, mba. Lebih simple 😀

            • dan tidak terlalu banyak minyak, walau bakarnya diolesin margarin.
              Dan, lebih cepat ludes, krn terlihat lebih sedikit secara ga berbalut tepung.

              Ternyata, pisang aja kalau dibahas, bisa panjang yaa 😀 😀 .

            • Mantaaap 😁

              Iya, Mbak. Itu baru satu jenis bahan makanan, yg bisa di buat bermacam-macam menu camilan 😄

            • Iya Mbak, mereka selalu punya ide dan tanpa kehabisan ide memasak.
              Mungkin Mbak Ysalma juga salah satu yang hobi masak?

              Kalau saya hobi makan Mbak 🤦‍♀️😆

            • saya rombongan malas masak, mbak Ai, sebab saya merasa bisa makan dgn lalapan sayur mentah atau rebus2 😀 .

              Memasak krn orang rumah doyan ngunyah aja.

            • Saya juga kalau untuk sendiri lebih happy makan lalapan mentah, dan rebus2 *tooos*
              sayangnya orang rumah pada gak doyan, jadi mestilah masak dan bikin camilan macam bakwan dan kawan-kawan 😆

            • Naah, itu dia, sama, mba.
              Masih belum bisa menularkan kebiasaan makan lalapan ini, kecuali gado2, pecel, keredok, atau asinan sayur *eits, kalau dituliskan ternyata beragam juga 😀 *

            • Wah, alhamdulillah kalau bisa menularkan makanan gado-gado, pecel, keredok, asinan, tapi kalau lalapan kayaknya susah ya mba nularinnya 😂

Tinggalkan Balasan ke ysalma Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.