Punya Buah Pisang Terlalu Matang? Jadikan Bolu Nan Legit Aja!

Bolu pisang legit enak manis
Penampakan bolu pisang

Punya buah pisang sampai terlalu matang karena gak dimakan? Pastinya pada jawab sangat jarang. Tapi pada penjual pisang sangat banyak ditemukan pisang yang kematangan itu. Boleh banget dimanfaatkan untuk bahan bolu yang enak dan legit lho.

Pisang termasuk salah satu jenis buah yang baik dan sangat dianjurkan untuk sarapan sehat. Itu secara teori.

Akan tetapi berdasarkan pengalaman saya dengan keluarga yang lidah dan perutnya pada Indonesia banget, apabila belum sarapan berat (nasi) dibilang belum makan (baca: itu baru camilan aja).

Oleh sebab itu tidak semua anggota keluarga akan merasa cukup bersemangat untuk sarapan hanya dengan dua buah pisang, kalau belum ditambah dengan nasi uduk, atau nasi kuning, atau lontong sayur, atau ketoprak, lengkap dengan gorengan bala-bala/bakwannya 😳 .

Akibatnya, kalau di rumah punya buah pisang hasil boleh beli, sering menjadi terlalu matang. Akhirnya menjadi kurang menarik untuk dimakan secara langsung.

Atau, ada yang ngasih pisang yang kurang nikmat kalau dikunyah langsung, sehingga si pisang dibiarkan tergeletak begitu saja hingga semakin matang dan lunak.

Tetapi buah pisang kematangan itu kalau di rumah saya tidak pernah kebuang percuma sih, selalu diolah jadi camilan. Salah satunya dijadikan bolu nan legit, hanya dengan tambahan beberapa bahan lain aja. Proses mengolahnya juga tidak rumit.

Dan yang terpenting, bolu rasa pisang itupun ludes tanpa menunggu waktu lama. Beda banget saat masih dalam kondisi pisang kematangan 😳 .

Bahkan terkadang demi membuat bolu pisang, anak remaja saya dengan senang hati mencari pisang yang sudah terlalu matang pada penjualnya 😆 .

Bolu Pisang Pagang Choco chips
Bolu pisang masih dalam loyang

Bolu Pisang Legit Hanya Dengan Beberapa Bahan

Beberapa waktu lalu di rumah ada pisang uli yang sudah sangat matang. Saya pun teringat sama salah satu teman yang jago bikin bolu dan meminta resep bolu pisang sederhana yang kira-kira mudah saya praktekkan sendiri. Dan syarat tambahan lainnya rasa bolunya itu harus oke di lidah, lembut, legit, ga seret di telan :mrgreen: .

Simak juga tulisan: Pisang Uli Goreng Kriuk

Bahan Bolu Pisang

  • Pisang yang sudah sangat matang, 250 gr (saya menggunakan pisang uli, sekitar 10 buah).
  • Butter, 120 gr.
  • Gula pasir, 120 gr.
  • Telur, 4 butir.
  • Susu bubuk, 30 gr.
  • Tepung terigu, 200 gr.

Bahan Topping: Choco chips secukupnya.

Cara Mengolah:

  • Panaskan oven sekitar 170*C. (Saya menggunakan oven tangkring, menggunakan api sedang dengan bagian atas tertutup).
  • Siapkan loyang ukuran 18 cm X 18 cm dengan mengolesinya menggunakan mentega, (atau alas dengan kertas roti), pilih salah satu yang tersedia di rumah aja.
  • Cairkan butter dengan menggunakan api kecil. Sisihkan.
  • Lumatkan pisang dengan sendok, atau garpu, atau bagian bawah gelas. Tidak usah terlalu halus. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula halus hingga mengambang dan kental berjejak.
  • Masukkan pisang. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
  • Masukkan susu bubuk, aduk rata kembali dengan spatula.
  • Masukkan tepung terigu secara bertahap, aduk rata hingga habis.
  • Masukan butter cair. Aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang.
  • Terakhir beri taburan choco chips di atasnya.
  • Masukkan ke dalam oven. Panggang sekitar 30 – 45 menit (tergantung kondisi oven yang digunakan). Atau hingga bolu berwarna kecoklatan.
  • Matikan api kompor, keluarkan loyang dari oven. Biarkan dingin pada suhu ruang.
  • Pindahkan bolu dari loyang ke piring kue. Potong sesuai ukuran yang diinginkan. Sajikan bolu berteman air putih atau teh tawar.
  • Bolu pisang siap dinikmati bersama orang tersayang.

Saya sudah sering sekali membuat bolu pisang ini karena pesanan dari orang rumah 😆 .

Olahan Bolu Pisang Panggang Nikmat
Bolu pisang siap untuk disantap :3
Cara Asik Makan Bolu Pisang ala Anak remaja

Walaupun bolu pisang ini manis dan legitnya sudah pas di lidah, tapi anak remaja saya tetap aja punya cara sendiri menikmatinya. Bolu pisang di potong kotak seukuran bisa sekali masuk mulut, ditata di piring, kemudian disiram dengan krim ataupun susu kental manis.
Rasanya?
Saya ga berani coba makan bolu dengan cara seperti ini, melihatnya aja udah berasa sangat manis duluan di lidah 😳 .

Kesimpulan:

Resep bolu pisang sederhana ini menurut saya salah satu cara terbaik mengolah pisang yang sudah terlalu matang. Bolunya dijamin sangat cocok dengan setiap lidah yang mencicipinya.

Bagaimana denganmu sahabat YSalma, punya resep bolu pisang yang mudah dipraktekkan jugakah? Boleh dong kita berbagi informasi. Terima kasih 🙂 .

11 comments

    • Iya. Antioksidannya jg tinggi.
      Tapi, kalau untuk sarapan sebelum olahraga bukan pisang yg terlalu matang ini ya. Lebih baik pisang yg masih diawal kematangan katanya, seratnya jauh lebih tinggi tapi rasanya belum terlalu manis.

      Suka

    • OOo,,, kalau resep yang itu tentu sudah pasti.
      Selalu ada takarannya dalam setiap masakan.
      Makanya, harus dgn senang hati menikmati setiap masakan yg disuguhi seorang ibu 🙂

      Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.