Pisang Gunung Keju


Hmmm,, apapula ini Pisang Gunung keju??

Ini adalah menu paling mudah di siapkan dan pasti disukai oleh anak-anak yang doyan susu dan keju. Tapi tidak  semua anak bisa menghabiskan satu buah  pisang secara langsung, termasuk juniornya ysalma.

Padahal Pisang sangat banyak manfaatnya. Emaknya yang harus kreatif menyiasati tampilan dari makanan yang disediakan. Yang mudah-mudah dan ga pakai ribet,, yang penting anak suka dan tentunya harus sehat 😀

Bahan:

  • 2 Buah Pisang (boleh pisang sunrise, pisang ambon, pisang uli)
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju Parut

Caranya: Pisang dikupas, potong serong, tarok dipiring, kemudian siram dengan susu kental manis, terakhir taburi dengan parutan keju. Awalnya sih secukupnya aja, namanya pisang keju. Tapi berdasarkan request yang mau makan, parutan kejunya sampai berbentuk gunung. Jadilah dinamakan Pisang Gunung Keju, siap disantap,, yummy,,,  😀

photo Pisang Gunung Keju

Sering dengar kalo pisang kaya manfaat,, penasaran, untuk memastikannya jadilah googling, dan ternyata benar sodara-sodara.

Dalam satu buah pisang sudah bisa mencukupi kebutuhan gizi minimal tubuh. Jadi pisang bagus untuk pengganti sarapan, atau dikonsumsi setelah selesai berolah raga. Secara kandungan gula buah (karbohidrat sederhana)  dan mineralnya, cepat di serap tubuh.

Sehingga bisa cepat mengembalikan tenaga dan stamina. Kalium yang dikandungnya memberikan pasokan tenaga darurat pada otot sebelum tubuh mendapatkan pasokaan energi dari menu utama. Tak heran menu pisang banyak dimanfaatkan khasiatnya oleh atlet tenis, sebelum pertandingan atau ditengah jeda pertandingan.

Pisang kaya kalium, dan juga mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin, dan yang paling penting bebas natrium. Pisang yang kaya kalium dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Satu buah pisang bisa mengurangi resiko terhadap stroke  sampai 40%.

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan untuk kesehatan mental, seseorang akan mudah lelah, mudah marah dan susah tidur kalau tubuhnya kekurangan vitamin B6 ini. Satu setengah buah pisang setiap hari memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B6, karena kaya kalium juga, maka juga menghilangkan rasa nyeri, ngilu pada persendian.

Pisang juga makanan yang sangat-sangat dianjurkan bagi penderita mag. Ini dimungkinkan karena pisang mengandung pektin yang tinggi , sehingga dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung.

Pisang juga kaya serat makanan, yang sangat diperlukan tubuh untuk memperlancar buang air besar dan sangat baik untuk mencegah kanker usus besar.

Jangan ragu lagi untuk menyelipkan pisang dalam menu harian teman-teman, sajikan menjadi pisang gunung keju. Siapa yang doyan pisang hayooo,, 😀

<Sumber Manfaat Pisang di peroleh dari Google>.

Iklan