Jus Delima Putih Membantu Mengatasi Sariawan


Buah delima putih yang di jus, bisa dipergunakan untuk membantu mengatasi sariawan mulut lumayan parah, yang sempat saya alami beberapa waktu lalu.

Akhirnya Terjawab, Penantian Terhadap Rasa Penasaran Pada Jenis Delima Yang Ditanam.

Beberapa tahun lalu, saya sempat begitu penasaran dengan tanaman dan buah delima. Akhirnya, saya memutuskan untuk menanamnya di rumah.

Beberapa bulan belakangan ini, tanaman delima yang saya tanam itu, mulai berbuah lumayan banyak.

Buah Delima Putih_YSalam
Buahnya sih lumayan, yang jadi objek foto, hanya dia 😳 .

Awalnya, si buah delima muda kulitnya berwarna hijau, kalau sudah tua (matang) terlihat menjadi agak kekuningan dan kelopak di ujung buah berwarna agak kemerahan.

Dari penampakan kulit buahnya yang tidak merah tapi hanya kekuningan, dan tentunya juga setelah dipetik buah yang matang, akhirny terjawab sudah rasa penasaran selama ini, bahwa delima yang saya tanam adalah delima jenis putih. Bukan delima bewarna merah yang sebelumnya sempat sangat saya harapkan.

Setelah melihat buah delima yang berjuntai di batangnya itu, saya tetap merasa bahagia. Mau delima merah atau putih, rasanya tetap rasa buah delima. Apalagi bisa metik dari pohon yang selama ini dijaga ❤ .
Alhamdulillah. Nikmat mana lagikah yang kau pertanyakan? 😳 .

Makanan & Tindakan Lain Yang Bersahabat Dengan Sariawan, Selain Jus Delima

Yang pernah mengalami sariawan di mulut lebih dari dua, akan tahu bagaimana tidak enaknya rasa mulut.

Jangankan dipakai untuk mengunyah makanan, menelan air mineral biasa aja, terasa perih.

Apalagi kalau mulut dipakai buat ngobrol, bawaannya meringis mulu.

Hikmah lain sariawan, jadi irit mbawel dan ngedumel serta malas makan 😳 .

Oiya, sering sariawan mulut ini sepertinya saya dapatkan dari almarhum bapak.

Kena gigi dikit, atau sikat gigi ‘kepeleset’ saat menggosok gigi, bisa berujung sariawan.

Apalagi kalau saya sudah ‘bandel’ melahap semua jenis makanan, mana hormon wanitanya juga lagi kurang benar, jadi deh tuh sariawan mulut.

Bulan kemaren itu adalah sariawan terparah dan terbanyak yang pernah saya alami.

1.Biasanya, kalau cepat terdeksi ada ‘calon’ sariawan di mulut yang disebabkan oleh luka, saya langsung mengatasinya dengan menempelkan gula pasir. Yang udah-udah, biasanya tidak akan berlanjut menjadi sariawan yang perih.

2. Kemudian, saya juga mulai mengkonsumsi potongan tomat yang dikasih sedikit gula pasir dan siraman air hangat. Ini bermanfaat jika sariawan karena peradangan gusi.

3. Selanjutny juga diselengi dengan mengkonsumsi air rebusan kacang hijau.

Kalau saya sih sekalian makan sama ampas rebusan kacang ijonya, alias diolahnya menjadi bubur kacang hijau, tapi tanpa santan. Saat merebus kacang hijau, cukup dikasih sehelai daun pandam, seiris jahe, sepotong kayu manis, sejumput garam dan gula pasir sesuai selera.

Dengan tambahan asupan makanan tersebut diatas, biasanya sariawan yang dialami akan pulih dalam kisaran waktu kurang dari sepuluh hari.

4. Kadang, juga diikuti dengan tindakan, segera mengganti semua peralatan pembersih mulut, seperti sikat gigi dan odol :mrgreen: .

Jus Delima Putih Membuat Mulut Yang Sariawan Terasa Lebih Segar.

Jus Delima Putih Untuk Sariawan_YSalma
Jus delima dengan penampakan sederhana. Tapi, sangat terasa segar ❤ .

Walaupun bukan delima merah, tapi buah kaya antioksidan hasil metik dari pohon depan rumah ini sudah sangat saya rasakan langsung manfaatnya. Yaitu, membuat mulut yang lagi terkena sariawan parah terasa nyaman, setelah meminum jus buah delima putih.

Buah delima yang isinya boleh dibilang biji yang dibalut kulit daging yang tipis, di rumah saya, tidak ada yang mau memakannya langsung.

Tapi, setelah biji-biji delima di haluskan, alias diolah menjadi jus, semua anggota keluarga pada suka meminumnya.

Padahal, tidak ada bahan khusus yang ditambahkan ketika memblender si biji delima ini.

Resep jus delima segar yang membuat sariawan lumayan terasa adem.

  • 2 buah delima matang, ambil bijinya.
  • Es batu, secukupnya.
  • Air mineral, secukupnya (me, 3 gelas).
  • Sejumput kecil garam.
  • Gula pasir, sesuai selera.

*Blender semua bahan hingga halus.
*Saring ke gelas saji.
*Nikmati rasa khas delima yang kaya manfaat itu.

Selain mengkonsumsi makanan yang tepat saat mengalami sariawan agar tidak bertambah parah, tentunya juga dibarengi dengan ‘istirahat pikiran’.

Sebab, sariawan itu juga dipicu oleh perubahan hormon, juga karena stres mikirin kamu 😳 .

Sariawan juga disebabkan oleh kekurangan vitamin B (yang banyak terdapat dalam kacang hijau).

Sariawan bisa jadi juga indikasi penyakit lain yang berhubungan dengan imun atau daya tahan tubuh. Atau ,karena adanya infeksi bakteri ataupun virus.

Bisa juga karena reaksi alergi terhadap bahan makanan ataupun terhadap pasta gigi yang dipakai.

So, kenali penyebab sariawan yang dialami, sebelum mengambil tindakan pencegahan ataupun pengobatannya. Amannya sih diskusi dengan dokter langganan keluarga masing-masing.

Tetap sehat ya temans, jangan pernah ngalamin yang pernah saya alami bulan lalu, ya sariawan, ya kena bisul di punggung. Berkurang sudah aura cantik mu 😆 * karena keseringin meringis * .

Iklan

4 comments

    • Iya, secara alami.
      Sariawannya lumayan ‘rutin’ saat imun tubuh lagi ga bagus, saya ga berani ngobatin dengan cara instan :mrgreen: .
      Ternyata Kenalog ga kayak albothyl yaa. Siip, kalo ntar perlu sembuh instan, perlu dicoba ini.

  1. Halo mbak Salma,

    Aku lagi sariawan gara-gara kegigit pas makan. Aduh besoknya jadi berlubang dan perih. Sakit buat makan. Biasanya aku oles madu dan minum air putih yang lebih banyak dari biasanya. Pola makan lebih perhatian, hihi.. Tapi waktu untuk sembuh masih proses dan lumayan lama.

    Btw, buah delima ini sudah sangat jarang di daerahku. Yang aku ingat dulu waktu kecil aku punya tetangga yang punya pohon delima. Aku suka mengambil buahnya.

    • Hallo jg mba Nur,,

      Makasih untuk tips tambahan perawatan terhadap mulut yang sariawan ya mbak.
      Bener banget, dioles madu juga bisa, tapi agak perih dikit ya.

      Oiya, saya juga ingat, pernah juga dengan kumur-kumur menggunakan air suam-suam kuku yang sudah dicampur garam, juga lumayan bikin adem sariawan.
      Sehat-sehat terus kita yaa mbak.

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.