Daerahmu Sering Mati Listrik? Benda Berikut Wajib Ada Untuk Menyiasatinya


Tinggal di daerah yang sering mati listrik? Serasa kembali ke jaman dulu. Terputus dari informasi dunia luar. Apalagi koneksi internet dayanya juga tergantung pada listrik, serasa berada di daerah terisolir. Padahal, hanya beberapa kilometer dari pusat kota *pengalaman pribadi 😳 * .

Saat ini, batasan siang dan malam sudah dilampui oleh gemerlapnya cahaya buatan yang dihasilkan energi listrik.

Apalagi di daerah perkotaan, malam tidak lagi sepenuhnya dikuasai oleh cahaya bintang dan rembulan serta sayup-sayup suara jangkrik.

Wajib Ada Ketika Mati Lampu

Malam tidak lagi harus gelap gulita dan sepi dari aktivitas kehidupan.

Gaya dan kebutuhan hidup sudah berubah.

Di lokasi-lokasi tertentu, seperti pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, gedung hiburan, mereka yang sudah berada di dalamnya, akan mengetahui pergantian siang dan malam hanya melalui angka yang ditunjukan oleh jarum jam.

Bahkan, saat ini, karena keterbatasan lahan, ruangan di dalam rumah pun pencahayaannya sangat tergantung pada cahaya buatan tersebut.

Betapa manusia saat ini sangat bergantung pada penerang dari cahaya lampu yang dihasilkan listrik.

Bayangkan, Apa Jadinya Jika Listrik Sering Mati Terhadap Generasi Zaman Now?

Untuk generasi sekarang, karena listrik sudah sebuah kebutuhan pokok, bukan hanya terhambatnya produktivitas yang akan terjadi, tapi juga akan berakibat pada ketimpangan respon tubuh dan pikiran alias bertambahnya tingkat stres, karena semua peralatan rumah dikendalikan teknologi berbasis energi listrik.

Listrik mati beberapa jam saja, mereka sudah pada panik.
Apalagi jika listrik mati berhari-hari, bisa stres berat. Tapi, mereka senang mencari tempat makan romantis dengan lilin sebagai penerang 😳 .

Alat Penerang Zaman Dulu

Mereka yang hidup di daerah, pada tahun 90-an kebelakang, tentunya masih pada sempat melihat alat penerang tradisional dimasa lalu yang dipergunakan oleh masyarakat.

Zaman saya kecil, saya masih menemukan penduduk yang menggunakan alat bantu penerang berikut :

Β· Obor dari daun kelapa kering, dilipat dua, diikat sedemikian rupa, sehingga bisa dipegang dengan baik, kemudian salah satu ujungnya dibakar, siap dipergunakan sebagai penerang.

Β· Obor dari bambu, bersumbu kain perca bekas, berbahan bakar minyak tanah.

Β· Lampu kaleng, kaleng bekas ditutup dengan seng bekas yang berlubang, diisi minyak tanah kemudian diberi sumbu kain perca bekas.

Β· Lampu teplok dan Petromaks. Jenis lampu yang sangat berjaya dimasanya ditengah-tengah masyarakat sebagai alat penerang saat kegelapan.

Jika zaman sekarang masih menggunakan penerang jadul diatas, di lokasi yang padat penduduk dan kurang hati-hati, bisa terjadi kebakaran hebat πŸ˜₯ .

Perubahan penghasil energi listrik terus terjadi, mulai dari pembangkit listrik dengan kincir air, tenaga diesel dan batu bara.

Mungkin, nanti daerah-daerah di Indonesia juga akan akrab dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi dan tenaga surya yang ramah lingkungan.
Semoga.

Benda Yang Wajib Ada Untuk Menyiasati Mati Listrik di Zaman Now.

Teknologi boleh sangat canggih, tapi, untuk menyiasati rasa gelap yang menghantui ketika listrik mati pada zaman sekarang, masih di dominasi oleh benda-benda nuansa masa lalu dalam kemasan kekinian.

1. Senter

Benda ini sudah ada dari jaman dulu, berbagai ukuran, mulai dari berbahan besi putih dan menggunakan baterai hingga menggunakan rangka plastik terbaik. Walau di ponsel benda satu ini juga tersedia aplikasinya, tapi, tetap wajib ada secara fisik, minimal satu. Mau yang menggunakan beterai biasa, yang bisa di-charge, terserah. Senter sangat membantu jadi alat penerang saat mati lampu.

2. Lilin

Selain sebagai benda untuk antisipasi alat penerang ketika mati lampu, saat ini, lilin juga ada dalam berbagai kemasan menarik yang beraroma terapi dan warna-warni. Menggunakan lilin sebagai penerang zaman ini bisa sembari memanfaatkan suasananya sebagai terapi jiwa yang letih oleh aktivitas tiada henti :mrgreen: .
Menggunakan lilin sebagai penerang harus dijauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar.

3. Emergency Lamp

Sekarang tersedia berbagai bentuk, sesuai kebutuhan. Ada yang seperti bohlam, jika energi listrik terputus akan otomatis menyala. Ada yang portabel, sehingga bisa dibawa-bawa seperti senter.

4. Genset

Ketiga benda diatas hanyalah benda-benda yang mengeluarkan cahaya dari bahan bakar yang sudah dikemas sedemikian rupa dan hanya beberapa voltage saja.

jual-genset-perkins

Sementara genset, lebih merujuk kepada pembangkit atau generator listrik. Mesin yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

Genset bisa digunakan untuk menyalakan beberapa alat sekaligus yang menggunakan sumber energi listrik.

Dulu, genset mungkin hanya digunakan di pabrik-pabrik skala besar untuk membantu produksi.

Saat ini, genset juga sudah tersedia dalam berbagai ukuran dan biasa digunakan dalam skala kecil bahkan untuk keperluan rumah tangga.

Bagi saya, karena tinggal di lokasi yang masih sering mati listrik, genset ini benda yang sudah lama harus dipunya, tapi masih menunggu dan mencari-cari.

Padahal, teman saya sudah ada merekomendasikan tempat Jual Genset yang sangat boleh untuk diperhitungkan, ABC Power Genset. Penyedia genset produk orisinil, berkualitas dan bergaransi. Mana purna jual juga menjadi prioritas mereka, padahal mereka sudah menjual produk yang terpercaya dan teruji.

Ternyata, ABC Power tidak hanya menyediakan layanan jual gensetΒ berkualitas, tetapi juga menyediakan layanan sewa genset harian, mingguan dan bulanan.

Wuihh,, dunia gelap dan aktivitas seakan terhenti oleh masalah mati listrik akan segera berlalu jauh dibelakang ❀ .

Berkaca dari pengalaman di rumah orang tua di kampung, yang sangat terbantu dengan adanya sebuah genset yang selalu stand by.

Kita tidak merasa khawatir lagi dengan listrik yang hidup mati ga jelas tanpa pemberitahuan. Apalagi jika pada ngumpul ketika ada acara keluarga. Suasana yang menyenangkan tetap terjaga hingga acara usai.

Genset sebagai pembangkit tenaga listrik sudah menjadi kebutuhan masyarakat zaman now.

Kalau menurutmu temans, benda apalagi yang wajib dimiliki untuk menyiasati kendala listrik di zaman sekarang?

Iklan