5 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat ke Bali Timur


Hallo para traveler.

Kamu tentunya mengetahui bahwa hampir semua masyarakat Indonesia mengenal Bali. Begitupun dengan turis mancanegara. Tapi? Kamu pastinya juga mendengar bahwa diantara para turis itu ada yang tidak mengetahui bahwa Bali adalah bagian dari negeri tercinta Indonesia ini. Miriskan? Kamunya pasti gregetan mau menceritakan bahwa Indonesia itu terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Kamu sebagai pejalan dan ingin memberitahu pada dunia tentang keindahan negerimu, tentunya kamu harus lebih mengenal daerah-daerah di Indonesia terlebih dahulu.

Baca juga wisata pantai Lagoi yang ada di Pulau Bintan Kepulauan Riau yang juga punya magis tersendiri bagi wisman untuk berkunjung.

Kegiatan Seru Saat ke Bali Timur

Nah, kamu sebagai masyarakat Indonesia yang baik harus lebih mengenal Bali, karena Bali yang masih jadi primadona dan incaran turis mancanegara,

Kamu tahukan kalau objek wisata di Bali itu terbagi ke dalam lima bagian, diantaranya Bali Utara, Selatan, Timur, Barat dan Tengah. Diantara lima bagian objek wisata tersebut, kawasan Bali Timur merupakan destinasi yang bisa menghadirkan suasana tenang, jauh dari keramaian turis. Meskipun banyak turis yang datang, jumlahnya tidak akan seramai jika dibandingkan Kuta.

Selain Sanur, masih banyak objek wisata dan kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Bali Timur. Jangan khawatir dengan penginapan, Hotel termurah di Bali pun bisa kamu temukan di kawasan Bali Timur.

Berikut ini lima kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung di Bali Timur:

1. Menjelajahi Batur Geopark

Geopark singkatan dari Geological Park atau dalam bahasa Indonesia artinya Taman Geologi. Salah satu yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Pasalnya, UNESCO telah menetapkan Kawasan Gunung dan Danau Batur sebagai Geopark dunia pertama di Indonesia sejak 2012 silam.

Jika telah ditetapkan menjadi Geopark, berarti ada suatu keunikan yang dimiliki kawasan tersebut, baik dari segi arkeologi, budaya maupun ekologinya. Hal ini pun terbukti karena Gunung Batur memiliki tiga area yang indah seperti Danau Batur, Kaldera, dan kawah gunungnya. Dari puncak Gunung Batur yang merupakan tertinggi kedua di Bali, kamu dapat menikmati matahari terbenam yang konon adalah tempat terbaik di Indonesia untuk melihatnya.

Jika kamu ingin melihat matahari terbit atau terbenam, serta melihat kemilau Danau Batur dari puncak, silakan siapkan budget Rp 400.000. Itu jika ingin mendaki menggunakan agen wisata yang sudah menyediakan pemandu profesional. Atau, jika ingin mengelilingi Danau Batur, dapat menyewa kapal yang dapat memuat hingga tujuh orang dengan biaya Rp 600.000,- . Perjalanan akan semakin mempunyai nilai lebih jika bersama rombongan orang-orang terdekat.

2. Diving di Tulamben Karangasem

Lokasi Tulamben Karangasem menjadi populer di mata turis mancanegara karena adanya diving bangkai kapal USAT Liberty Glo yang tenggelam sejak 1941 dan telah membentuk karang berwarna-warni dan biota laut di dalamnya. Untuk melihat bangkai kapal tersebut, kamu harus masuk ke kedalaman laut hingga 30 meter dari permukaan laut. Mesipun berada di kedalaman 30 meter, saat menyelam, kamu masih dapat bergerak bebas karena arus airnya yang tidak terlalu deras.

Selain bangkai kapal, keunggulan diving atau snorkeling di Tulamben Karangasem adalah memiliki tujuh titik penyelaman yang jaraknya masih berdekatan. Tulamben Karangasem memang terkenal sebagai tempat snorkeling atau diving, maka dengan mudah kamu untuk menyewa peralatannya. Sewa peralatan sejam dipatok mulai dari Rp 250.000, sedangkan untuk kamera dalam air kamu harus merogoh kocek tambahan lagi sekitar Rp 150.000 per jam.

3. Mengunjungi Desa Tradisional Tenganan Pegringsingan

Bersiap-siaplah menikmati suguhan pemandangan alam dari Denpasar menuju Desa Tenganan selama tiga jam di perjalanan. Sesampainya di Desa Tenganan Pegrisingan kamu dapat melihat rumah-rumah tradisional Bali yang terbuat dari tanah, batu sungai, dan batu merah. Ciri dari rumah tradisional Bali adalah pintunya yang menyatu dengan atap rumah.

Desa Tenganan Bali sangat menjaga nilai leluhur dan adat Bali. Tapi mereka menghapuskan kasta yang masih kental d daerah pedalaman Bali. Bagi masyarakat di Desa Tenganan semua orang memiliki kedudukan yang sama. Keunikannya lagi adalah lahan atau area yang dimiliki bukan milik perorangan melainkan desa. Tak ada satupun lahan yang mereka jual ke orang lain. Malah, jika di antara penduduk desa yang menikah dan belum memiliki lahan untuk membangun rumah, mereka memberikannnya lahan.

Kearifan lokal yang harus tetap terjaga dengan baik agar tanah leluhur tetap diwarisi oleh generasi berikutnya.

4. Menjadi Penduduk Sementara Pulau Lembongan

Pulau Lembongan atau Nusa Lembongan adalah pulau kecil nan indah yang terletak di Selat Badung. Nusa Lembongan memiliki pantai-pantai yang indah dengan hamparan pasir putih. Berbagai kegiatan snorkeling, diving atau mengelilingi pulau dengan perahu dan speed boat bisa kamu lakukan di sini.

Tak hanya pantai, di Nusa Lembongan juga terdapat hutan mangrove yang masih terjaga dengan rapi. Untuk menuju Nusa Lembongan, kamu dapat menuju Pelabuhan Tri Buwana daerah Bali Timur menggunakan kapal dengan tujuan Bias Munjul, Nusa Ceningan Kangin.

5. Menikmati Sunrise di Pantai Amed

Dari pusat Kota Karangasem, hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk tiba di Pantai Amed. Tempat terindah untuk melihat sunrise di Bali, ada di Pantai Amed ini. Jika kamu pemburu foto sunrise jangan sampai melewatkan destinasi satu ini. Surganya sunrise ada disini.

Selain sunrise, ada juga keindahan bawah laut Pantai Amed yang bisa dinikmati dengan snorkeling atau diving. Pantai Amed memang paket lengkap untuk berwisata, pantai ini mampu memberikan ketenangan dengan keindahannya juga karena pengunjungnya yang masih sepi, tapi memiliki alam yang masih asri dan alami.

Gimana, daerah Bali memang menyimpan objek wisata dan kegiatan-kegiatan seru untuk dilakukan dan ekplorasi kan? Di Bali Timur aja tidak cukup hanya satu hari untuk bisa menjelajahi semua objek wisata diatas. Kamu harus persiapkan dan rencanakan perjalananmu. Lebih baik booking hotel termurah melalui Reservasi.com dan perkecil pencarian hanya di kawasan timur.

Jadikan kunjunganmu ke Bali Timur sebagai perjalanan berkesan dan selalu bisa menyunggingkan senyum saat mengingatnya.

Selamat merencanakan perjalananmu para pejalan πŸ™‚ ❀ .

 

Iklan