5 Jenis Tanaman Alami Untuk Pengobatan Asam Urat


5 Tanaman Alami Untuk Pengobatan Asam Urat

Salah satu pengobatan asam urat yang banyak dicari-cari dikalangan masyarakat di dalam penyembuhan penyakit asam urat adalah pengobatan asam urat secara alami. Banyak sekali obat asam urat yang beredar di pasaran, akan tetap setiap obat yang Anda minum pasti memiliki efek samping tertentu. Tidak ada salahnya jika Anda mulai beralih pada obat-obatan penyembuh asam urat secara alami atau tradisional.

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang pengobatan asam urat secara alami. Apa 5 jenis tanaman obat-obatan yang dapat menjadi obat mujarab asam urat tanpa efek samping, mari kita simak informasi detailnya:

1. Kumis Kucing atau (orthosiphon aristatus).

Salah satu tanaman yang mujarab untuk penyembuhan asam urat adalah kumis kucing atau orthosiphon aristatus. Karena di dalamnya terdapat kandungan seperti halnya garam kalium, yang dapat digunakan sebagai penghancur batu saluran kencing.

2. Daun Salam (Syzygium polyanthum).

Tidak hanya sebagai bumbu dapur saja, namun daun salam ini sangat banyak kasiatnya. Salah satunya adalah untuk mengobati sakit asam urat. Pada daun salam ini terdapat kandungan senyawa minyak atsiri, flavonoid serta tannin yang dapat memberikan manfaat sebagai tanaman obat-obatan asam urat dan juga kolesterol.

3. Sambiloto (Andrographis paniculata).

Tanaman yang terkenal dari Negara India ini juga dapat menyembuhkan penyakit asam urat. karena di dalamnya terkandung senyawa seperti alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga mineral seperti kalium, natrium.

4. Meniran (Phyllanthus urinaria).

Pada tanaman meniran ini sudah terpercaya sebagai obat penambah daya tahan tubuh. Kandungan deuretinya mampu untuk mengobati asam urat.

5. Tanaman Anting-anting.

Tanaman ini memiliki manfaat salah satunya adalah untuk anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, dan lain-lain. Pada tanaman ini juga memiliki karakter deuretik, yang mampu membantu di dalam penyembuhan asam urat.

Demikian beberapa ulasan tentang obat asam urat alami paling ampuh secara alami dengan menggunakan beberapa jenis tumbuhan tradisional. Itulah beberapa tumbuhan obat asam urat, yang dapat dipilih sebagai alternatif pengganti obat asam urat. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, dengan memilih alternatif ini maka anda juga akan terhindar dari segala efek samping yang terjadi apabila anda menggunakan obat asam urat kimia. Jadi tidak ada salahnya anda lebih memilih menggunakan pengobatan tradisional.

***
Walaupun pengobatan menggunakan tanaman alami dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat secara turun temurun, untuk pengolahan dan takarannya tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing menurut anjuran terapis Anda. Dalam pengobatan tradisional, umumnya pengolahan tanaman ini dengan merebusnya.

Jangan lupa memantau reaksi tubuh saat mengkonsumsinya.

Selalu diklaim bahwa sesuatu yang alami tidak mempunyai efek samping, tapi harus diingat bahwa tubuh yang sakit sudah tidak lagi sehat, kita tidak tahu apa saja yang sudah tersimpan didalamnya dari makanan kurang baik yang selama ini dikonsumsi. Alarm dari tubuh mutlak diperhatikan.

Ingat juga bahwa tidak ada yang instan di dunia ini. Semua perlu proses. Menjaga kesehatan jauh lebih mudah daripada mengobati penyakit. Bukan begitu?
Salam sehat 🙂 ❤ .

30 comments

  1. Iya benar, bapakku juga sering ngerebus daun kumis kucing untuk mengobati asam urat. Dan, efeknya bisa meredakan penyakit asam urat. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • Sepakat, Kang. Ini hanya semacam informasi bahwa ada tanaman disekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Jika mau mencoba memanfaatkannya, harus tetap konsultasi dengan ahlinya 🙂

      Suka

  2. Selama ini aku tahunya hanya kumis kucing, ternyta banyak juga tanaman lainnya buat pengobatan asam urat. Baiknya juga sih menghindari penyebab/makanan pemicu asam uratnya 😉 .

    Disukai oleh 1 orang

    • Kalo kita2 yang biasa ‘nyemak’, sering ketemu pastinya Kak. Hanya selama ini kurang ngeh aja 🙂
      Ditunggu foto-foto ciamiknya tentang tanaman anting-anting 🙂

      Suka

  3. Yah terima kasih ya mbak atas tipsnya… ini akan sangat bermanfaat… soalnya ayah saya menderita asam urat… dengan bahan alami yang mudah di jumpai seperti itu,, maka bakal lebih mudah sembuh asam urat ayah saya…

    Disukai oleh 1 orang

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Ysalma….

    Ternyata tanaman yang ada disekeliling kita dan tidak kita kenali itu banyak khasiatnya. Contohnya Kumis (sini sebutnya misai) Kucing, banyak di temui, tetapi tidak diketahui manfaatnya. Setelah membaca, baru mengetahuinya. Terima kasih mbak berkongsi manfaat tumbuhan herba.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • Waalaikummussalam, bunda Fatimah.
      Wah, jadi tahu nama sebutan tanaman Kumis Kucing di Malaysia. Makasih, Bund.
      Alam menyediakan yg kita butuhkan yaa, bund. Tinggal ambil manfaat secukupnya.

      Suka

    • Iya, banyak yg merasa agak asing dgn namanya. Ternyata banyak tanaman yg dimanfaatkan sebagai tanaman obat oleh masyarakat yg generasi kita ajak kurang mengenal, gimana nantinya ya?

      Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.