Persiapan Penting Ketika Ada Anggota Keluarga yang Dirawat Inap


Persiapan Penting Ketika Anggota Keluarga Dirawat Inap

Saling support antar anggota keluarga termasuk terapiΒ  yang ampuh bagi si sakit. (foto via Pexels)

Premi asuransi kesehatan kini tidak lagi membebani kondisi finansial kita. Jika kita dan anggota keluarga sudah memiliki asuransi kesehatan, maka urusan rawat inap pasti tidak sesulit yang kita bayangkan. Asuransi akan memproteksi kondisi kesehatan kita sesuai dengan kesepakatan yang ada pada polis.

Jika ada anggota keluarga yang harus dirawat inap di rumah sakit, maka sebaiknya kita sudah memahami beberapa persiapan penting berikut ini :

Menyiapkan Kartu Debit dan Uang Tunai

Kartu debit dan uang tunai adalah dua alat pembayaran yang mesti kita siapkan. Kalau tidak ada mesin EDC (Electronic Debit Card), maka kita harus mengandalkan uang tunai untuk berbagai proses pembayaran. Ada asuransi kesehatan yang memberlakukan sistem reimburse. Sehingga kita mesti menyiapkan uang sebelum mengajukan klaim asuransi.

Kartu Administrasi Pasien

Selain membawa kartu BPJS, kartu administrasi rumah sakit juga wajib disiapkan. Supaya proses administrasi anggota keluarga kita bisa berlangsung cepat dan lancar. Simpanlah kartu administrasi beserta kelengkapan identitas pasien di tempat yang mudah dijangkau. Agar perlengkapan tersebut tidak tercecer ketika kita akan menggunakannya.

Membawa Perlengkapan Tidur

Perlengkapan tidur akan membuat kita merasa nyaman ketika menjaga pasien yang dirawat inap. Oleh karena itu, kita wajib menyiapkan beberapa perlengkapan tidur seperti selimut dan bantal untuk mendukung kenyamanan ketika tidur. Jangan sampai kita ikut sakit karena kekurangan waktu tidur selama berada di rumah sakit.

Asupan Makanan Bergizi dengan Porsi Seimbang

Asupan makanan bergizi bukan hanya dibutuhkan oleh pasien, tetapi juga kita yang menjaga pasien. Berada di rumah sakit kerap membuat kita jadi lupa makan. Sebaiknya kita sudah menyiapkan makanan yang kandungan gizinya seimbang. Jangan lupa pula minum air dalam jumlah cukup. Sehingga kita tidak dehidrasi dan mengalami gangguan kesehatan yang serius.

Premi asuransi kesehatan murah serta kemampuan kita menjaga pasien dan diri sendiri dengan baik akan membuat kita tidak terbebani. Agar kita tidak terlalu kelelahan saat menjaga pasien, jangan lupa untuk menjaga secara bergantian dengan anggota keluarga. Semoga anggota keluarga kita yang sedang sakit lekas pulih seperti sedia kala.

Simak juga tulisan Perbandingan Asuransi Kesehatan Terbaik untuk referensi selagi masih sehat πŸ™‚ .

***

Tetap ingat petuah bijak, ingat sehat sebelum sakit. Mengobati penyakit jauh lebih sulit dan memerlukan waktu dan biaya daripada menjaga kesehatan. Serta jangan pernah lupa untuk bersyukur bahwa nikmat sehat itu merupakan sebuah rizki yang kadang sering terlupakan.

Sebagai penguat diri, katanya sakit itu juga sebuah pertanda bahwa Dia Sang Penguasa Semuanya, sedang ‘memperhatikan’ kita. Tinggal yang sedang dikasih kurang sehat dan yang menjaga serta merawat bisa tidak merespon perhatian itu dengan baik πŸ™‚ ❀ ❀ ❀ .

Iklan