Kegiatan Anak Sekolah Waktu Libur


Libur sekolah semester ganjil anak SD sudah dimulai dari tanggal 20 Desember. Anak dengan suka cita menyambut waktu libur itu. Banyak kegiatan dan hal-hal ajaib yang dilakukan saat libur sekolah tersebut.

Kegiatan Saat LiburSebagai emak saya punya pengalaman dengan anak sendiri, juga mencermati kegiatan yang dilakukan beberapa keponakan. Hal berikut sering dilakukan saat libur anak sekolah, diantaranya :

Berlibur dan Wisata

Kegiatan satu ini tentu sudah menjadi agenda utama. Tidak perlu jau-jauh. Cukup berlibur bersama keluarga beberapa hari keluar kota di akhir pekan, atau berkunjung ke objek wisata yang belum pernah dikunjungi di seputar tempat tinggal, anak sudah cukup senang. Atau berlibur ke rumah Kakek-Nenek, Om, Tante atau Bude yang kebetulan tinggal berlainan kota atau pulau. Orangtua tinggal nganterin, nanti menjemput lagi jika waktu libur sudah hampir selesai.

Sunatan

Kegiatan sunat untuk anak lelaki kelas 5 kebawah ini sering dilaksanakan jika sudah masuk libur sekolah. Walau metode sunat semakin canggih, setelah sunat bisa langsung pakai celana, tetap aja yang namanya luka pada bagian tubuh menimbulkan perasaan ngilu bagi anak. Pun jika ingin dipestakan atau dibuat syukuran untuk ‘pengantin sunat’, libur sekolah merupakan waktu yang paling tepat yang dipilih para orangtua.

Botakin Rambut

Kegiatan botak ini khusus junior. Semakin gede, semakin ga mau memotong rambut sangat pendek jika tidak libur sekolah, dengan alasan ntar diketawain ‘si botak’ sama teman-teman. Sehingga waktu libur merupakan saat yang pas untuk mencoba potongan rambut botak, biar kepala enteng, ga bakal kayak orang bangun tidur terus kalau lagi malas nyisir.

Bermain dan Nonton Sepuasnya

Secara libur sekolah, anak-anak merasa ‘merdeka’ menggunakan waktunya untuk bermain dan nonton sepuasnya, baik main aktivitas diluar ruangan atau main game bersama teman-teman yang ga libur, atau teman baru di tempat libur. Baik nonton di bioskop bersama orangtua, saudara atau hanya beli dvd bajakan dan nonton dirumah.

Malas Mandi

Entah kenapa libur sekolah mereka jadi malas mandi, selama ini ternyata rajin mandi itu karena mau berangkat sekolah aja πŸ˜› . Jika tidak berenang, main air *sok rajin siram tanaman*, atau main tanah, mulut emaknya nyuruh mandi hanya akan dijawab, “mandinya entar sore aja”.

Rajin Bangun Pagi

Waktu sekolah, walau tidur udah dari sore, bangunin di pagi hari tetap aja susah. Begitu libur kegiatan sekolah, udah siangnya capek bermain, malam tidurnya larut, besok pagi sebelum subuh bisa bangun sendiri, kadang malah membangunkan emaknya yang ketiduran. Ternyata sebelum tidur anak-anak memotivasi dirinya akan bangun lebih pagi, biar waktu bermainnya lebih cepat. Duh, motivasi diri sendiri lebih mempan untuk anak daripada cuap-cuap dari mulut emak.

Bagaimana dengan anak, keponakan atau mungkin kau sendiri sobat, kegiatan ajaib apa yang mendadak atau menunggu dilakukan, saat libur sekolah?

Iklan