Hanya Sharing: Cara dan syarat Mengirim Tulisan ke Republika


Tulisan ini hanya sharing pengalaman saya tentang Cara dan syarat Mengirim Tulisan ke Republika untuk teman-teman yang suka menulis, tapi belum mendapatkan informasinya. Tidak harus seorang blogger. Terbuka bagi siapa saja yang mempunyai bahan tulisan yang sesuai dengan tema yang di sediakan, juga mempunyai data dokumentasi yang cukup berupa foto. Penulis disini bercerita pengalaman yang pernah di lalui dan dilakukannya.

Oiya, koran Leisure itu merupakan ‘bonus’ dari koran Republika untuk pembacanya, yang di terbitkan setiap hari Selasa setiap minggunya.

Dari yang saya baca-baca informasinya *cari tau, karena ikutan penasaran* ngintip sharing teman-teman yang sudah terlebih dahulu mengirim tulisannya ke Republika *saya baru ngeh, saat pada heboh di awal-awal November  😳 *.

Ada tiga kategori yang disediakan koran Republika yang bisa kita isi, yaitu Buah Hati, Kuliner dan Jalan-Jalan.

Saya sendiri baru mengirim 2 tulisan di pertengahan November dan baru satu yang di muat yaitu wanita salihah di kategori buah hati.

Contoh-contoh tulisan di setiap kategori, teman-teman bisa beli koran Republikanya langsung.

Cara Mengirim dan syarat tulisannya bagaimana?

  • Tulisan di ketik di MS Word, aturan normal, spasi 1.5 atau dua, Font Arial atau TNR, font size 12. Tulisan untuk kategori buah hati sekitar 3500 karakter dalam bentuk dialog orangtua dan buah hatinya. Untuk kuliner sekitar 550 kata, sedangkan untuk tulisan jalan-jalan 8500-11000 karakter.
  • Untuk tulisan buah hati, sertakan foto sibuah hati. Kalau kategori lain, foto resolusi tinggi wajib ada, minimal 500 KB. Sedangkan untuk kategori jalan-jalan (minimal 10 foto), juga harus menambahkan foto profil si penulis. Semua foto di pisah dengan tulisan.
  • Kirim lewat email ke leisure@rol.republika.co.id dengan subjek email sesuai kategori yang mau diisi misalnya [Tulisan Buah Hati] . Email di beri kata pengantar standar, bukan pedekate yang membuat jijai πŸ™‚ .
  • Oiya di akhir tulisan, tulis biodata singkat penulis, sekalian pajang judul tulisan yang pernah dimuat sebelumnya, jika ada. Sertakan juga Nomor rekening lengkap dan NPWP, bukan mau narsis tapi memang aturan umumnya seperti itu :mrgreen:
  • Tinggal tunggu tulisan dimuat. Tidah ada pemberitahuan kalau tulisan mau dimuat. So, rajin melototin Republika aja setiap hari Selasa *setiap hari juga boleh* πŸ˜† .
  • Jika tulisan sudah di muat, tinggal tunggu kiriman honor. Katanya jika belum terima dalam waktu dua minggu, tinggal email lagi ke alamat email yang sama. Langsung ditindak lanjuti. Beres.

Semoga bermanfaat bagi yang memerlukan dan ingin menjajalnya juga. Semakin banyak dan beragam tulisan yang masuk ke tim redaksi, semakin banyak pilihan dan semakin bingung redaksinya memilih, piss ah tim redaksi πŸ™‚ .

Selamat menulis, saya mau ‘bersih-bersih’ rumah maya ini dulu πŸ˜€ .

Iklan