Gaya Bermain dan Permainan Anak Sekarang


Gaya Bermain dan Permainan Anak Sekarang berbeda dengan anak-anak jaman dulu. Ini dipengaruhi oleh lingkungan dan jenis permainan yang mereka mainkan.

Contoh perbedaan permainan yang sangat mencolok antara anak sekarang dan anak jaman dulu adalah :

  • Anak jaman dulu lebih banyak memainkan permainan berkelompok dan umumnya di lakukan di luar rumah, dihalaman atau dilapangan. Rata-rata mainan hasil rakitan beramai-ramai, seperti: mainan mobil-mobilan yang dibuat dari pelepah pisang, kayu atau kaleng bekas. Kalau musim layangan, harus bikin dulu, baru kemudian dimainkan di tanah lapang.
  • Anak jaman sekarang lebih banyak bermain di dalam ruangan, memainkan permainan yang sudah jadi, tinggal beli, yang banyak ragamnya, seperti main PS, game online atau game di gadget hasil unduhan. Memainkan mobil-mobilan buatan pabrik yang menggunakan baterai dan remote control.
  • Kalaupun sekali-sekali musim main layangan ditandai dengan banyaknya yang berjualan layangan. Anak sekarang kalau mau ikut main layangan di antara ruang kosong perumahan (baca: jalan), anak sekarang tinggal minta dibelikan sama orangtua. Mudah dan cepat. Sebab mau mencari bambu untuk rangka layangan lebih sulit untuk saat ini.
Sekali-sekali main catur :)
Sekali-sekali main catur ๐Ÿ™‚

Tetapi semua kembali ke orangtua masing-masing anak. Kalau orangtuanya dulu adalah anak yang suka bermain dan mengenal banyak jenis permainan, sedikit banyak anak-anaknya akan diberi tau juga jenis permainan jadul itu, seperti main gundu, main gasing atau main congklak *orangtua kenalnya permainan itu :mrgreen: *. Orangtua akan bela-belain mencarikan alat permainan tersebut untuk diperkenalkan kepada anak-anaknya *sekalian bernostalgia, kayaknya ๐Ÿ˜› * .

Contoh permainan yang tak jauh berbeda antara anak jaman dulu dengan anak jaman sekarang, seperti main bola bagi anak laki-laki, main sepeda rame-rame di sore hari atau hari libur.

Perbedaannya paling pada perlengkapan yang digunakan saat bermain. Kalau dulu yang penting ada bola atau yang menyerupai bola dan aman untuk dioper-oper, permainan langsung dilaksanakan, mau nyeker, mau pakai celana tanpa kaos, permainan bola seru akan berlangsung.

Anak jaman sekarang kalau mau main bola di sore hari, umumnya sudah dengan kostum bola dari klub kesayangan masing-masing, lengkap dengan sepatu. Gaya berpenampilan boleh berbeda jauh, keseruan permainan itu tetap sama.

Anak-anak sekarang sudah terpapar oleh beragam informasi, mereka sedikit banyak sudah merasa cukup tahu dari menonton informasi. Ditambah lagi ‘lingkungan luar’ rumah untuk bermain leluasa, untuk sekarang itu kadang tak ramah juga pada mereka. Ini juga akan mempengaruhi gaya bermain anak sekarang.

Gaya anak saya bermain dengan teman-teman sekolahnya yang rumahnya lumayan jauh. Mereka janjian di sekolah, ntar sore mau main di rumah siapa. Kalau ngumpulnya di rumah temannya, jadilah emaknya tukang ojek mengantarkannya ke sana *alasannya malas gowes*.

Kalau ngumpulnya di rumah, jadilah emak jadi tukang ojek untuk menjemput antar temannya yang orangtuanya pada kerja *alasannya, ntar temannya ga dikasih izin kalau ga dijemput ๐Ÿ˜› *.

Permainan yang dimainkan? PS lagi!

Gaya bermainnya bagaimana?

Heboh, penuh semangat, teriak-teriak. Kalau ada yang ga kebagian main, jadi supporter, belum dikasih main juga walau sebelumnya sudah dibuat kesepakatan bersama, mereka juga pada ngambek. Sebentar doang, udah itu baikan lagi. Tapi kalau ada yang iseng menggoda dengan kata-kata, ‘gitu aja ngambek’. Ngambeknya agak lebih lamaan, tapi besok udah janjian buat main lagi.

Senang aja melihat anak-anak yang bermain, hal yang wajar jika saat bermain itu terkadang terjadi sedikit terjadi gesekan, nangis, ngambek, berbaikan lagi, tertawa bersama lagi. Itu hal biasa.

Kebiasaa anak-anak bermain, berbeda jauh dengan kelakuan orang dewasa di beberapa tempat, apalagi kalau sudah jadi emak-emak atau bapak-bapak.

Anaknya ribut ketika bermain, eh orangtuanya bisa ikutan saling berantem juga. Justru orangtua lah yang sangat mudah tersulut emosinya, kenapa ya? Apa orang tua stres dengan target hidup yang tinggi?

Padahal, kan para orangtua itu pernah melewati masa-masa bermain sekaligus berantem dengan teman bermainnya ketika menjadi anak-anak dulu โ“

Selamat menjadi anak dan orangtua jaman sekarang ๐Ÿ™‚ .

19 comments

  1. anak-anak masih bersih pikiran dan emosinya, makanya kalau saat main berantem… marahan… besok udah baikan lagi.

    kalau orang dewasa… susah ngelupain… marahnya bersambung dan bersambung

    Suka

  2. Emang beda banget anak jaman sekarang ama anak jaman dulu. Kalopun kitanya dah nyoba kenalin permainan jaman dulu belom tentu ada temennya yang mau ikutan main ya Mba Y

    Suka

  3. Alhamdulillah aku masih sempat merasakan main permainan anak dulu, Mbak. Seperti main petak umpet, kejar-kejaran, congklak, bola bekel, kasti, apa lagi ya? Lebih seru ketimbang hanya main PS di rumah.

    Suka

    • Iya, semuanya dapat dari permainan jaman dulu itu ya, cara bersosialisasi, menyelesaikan pertikaian, bergerak, atur strategi biar kelompok menang dan yang pasti, ketawa senang bersama.

      Suka

  4. anak jaman sekarang dan dulu memang sedikit berbeda. dan sebagai anak yang merasakan jaman dulu (tepat: tahun 90’an), saya sangat bersyukur bisa ada di masa transisi anak jaman dulu dan sekarang! ๐Ÿ˜€

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.