Destinasi Wisata Impian, Macau


Destinasi Wisata Impian, Macau harus dimasukkan kedalam daftar wajib kunjung bagi yang mengaku penggemar traveller.

Macau-NightMaksud Destinasi Wisata Impian adalah tujuan wisata yang diidamkan.
Sedangkan pengertian wisata menurut pemahaman saya adalah aktivitas seseorang atau berkelompok, dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan rekreasi, yang dapat menenangkan diri dan pikiran, tetapi juga bisa memberikan semangat untuk lebih mengembangkan diri setelah terinspirasi dari destinasi wisata yang dikunjungi.

Jadi wisata itu bukan hanya sekedar menempati kamar hotel nyaman dan makan enak.
Apalagi kalau untuk berwisata itu kita harus mempersiapkan waktu, tenaga dan tentu saja uang. Sayang kalau cuma untuk pindah tempat tidur dan makan doang.

Makanya harus pintar memilih destinasi wisata, harus yang sesuai dengan tujuan wisata.

Kenapa Macau ( Why Macau) ?

Sudah sejak lama saya penasaran dengan Macau, semenjak mengenalnya lewat film-film Mandarin. Dalam pikiran saya, Macau itu merupakan sebuah kota modern unik di Asia dengan sentuhan Eropa, yang menjadi tujuan kaum jet set berlibur dan memanjakan diri.

Ngiler dong ya, dan boleh mimpi melihat daerah Asia yang kental dengan pembauran Eropanya itu. Pastilah akan menjadi sebuah perjalanan menarik di tempat yang sangat eksotik.

***
Macau adalah salah satu dari dua Daerah Administratif Khusus Republik Tiongkok selain Hongkong. Macau terletak sekitar 64 km di sisi Barat dari Delta Sungai Pearl di seberang Hong Kong dan juga berbatasan dengan Provinsi Guangdong di Utara dan Laut Cina Selatan dibagian Timur dan Selatan.

Macau adalah koloni Eropa tertua di Tiongkok, sejak abad ke-16. Karena Macau sempat disewakan oleh Dinasti Ming kepada Portugal pada abad ke 16 sampai akhir 1999, sebagai pelabuhan perdagangan. Pada 20 Desember 1999 Macau mendapatkan kedaulatannya dibawah Republik Rakyat Tiongkok melalui Deklarasi Bersama Sino-Portugis.

Menurut Bank Dunia, Macau adalah salah satu kota terkaya di dunia , dengan PDB per kapita tertinggi dengan paritas daya beli pada 2013. Perekonomian Macau sangat bergantung pada pariwisata yang berskala internasional, serta manufaktur.

Penduduk Makau kebanyakan bertutur dalam Bahasa Kantonis, selain itu juga menggunakan Bahasa Mandarin, Bahasa Portugis dan Bahasa Inggris.

Dan menurut The World Factbook , penduduk Macau memiliki harapan hidup tertinggi kedua di dunia .

***
Sudah dapat dibayangkan ya, bagaimana tampilan Macau. Macau itu sebuah kota modern dengan perpaduan kental antara budaya Timur dan Eropa, dengan penduduk yang tetap memiliki harapan hidup tinggi. Tentunya ini bisa tercapai, kalau semua aspek yang dibutuhkan manusia untuk hidup, terpenuhi.

Dalam bayangan saya, pastinya sangat unik, gabungan masyarakat Tiongkok yang terkenal disiplin dengan etos kerja tinggi, berpadu dengan seni Eropa. Hmmm, semakin membuat penasarankan.

Di Macau juga tersedia berbagai tujuan wisata menarik seperti wisata museum, wisata kuil, wisata hiburan pertunjukan dan tentu saja wisata belanja khas berkelas dunia.

Mari kita lihat satu persatu tawaran destinasi wisata istimewa di Macau :

Macau Warisan Budaya Dunia

Macau memiliki lebih dari 20 monumen kuno dan alun-alun kota yang terletak di jantung kota yang masuk Daftar Warisan Dunia pada tahun 2005. Monumen yang tetap terawat sebagai saksi hidup perpaduan antara budaya timur dan barat yang sudah terjalin unik dalam catatan sejarah.

Macau Sebagai Wisata Kuil

Macau merupakan rumah harta karun berupa kuil Cina kuno, yang telah dijadikan sebagai tempat penting ibadah selama ratusan tahun. Kuil di Macau merupakan kuil Buddha, Tao dan agama rakyat Macau. Kelestarian kuil-kuil itu tetap terjaga dengan baik, karena semuanya saling menghormati.

Salah satu kuil yang terkenal di Macau adalah A-Ma Temple.

Macau A-Ma Temple
Nama Macau sendiri berasal dar A-Ma-Gau yang berarti Tempat A-Ma. Kuil ini di dekasikan untuk tempat tinggal dewi pelaut dari awal abad ke-16. A-Ma Temple sudah ada, sebelum kota Macau terbentuk.

Wisata Hiburan Pertunjukan

Macau sebagai kota modern memiliki berbagai pertunjukan kelas dunia. Dengan memasukan unsur budaya tradisional setempat dalam kemasan pertunjukkan modern.

Diantaranya yang terkenal adalah The House of Dancing Water.

Macau Wisata PertunjukanSebuah acara berbasis air yang sangat memukau, pertunjukan yang terinspirasi dari akar budaya kepercayaan Konghucu klasik. Sebuah antraksi pertunjukan modern dengan diilhami budaya Tiongkok.

Wisata Kuliner

Puas keliling museum, kuil dan melihat pertunjukan, tentunya perut bakal minta di isi. Jangan kuatir semua jenis masakan tersedia. Mulai dari kuliner tradisional, khas Macau sampai kuliner internasional.

Kuliner Khas Macau merupakan kombinasi khusus dari masakan Portugis dan Cina. Dengan racikan kombinasi bahan dan bumbu dari Eropa, Afrika dan Asia Tenggara.
Sudah terbayangkan rasanya? Rasa dari hasil perpaduan unik campuran budaya.

Menurut informasi yang saya baca, yang paling terkenal adalah ‘Galinha Γ  Africana’ (ayam Afrika) dan Udang Chilli Macau.

Macau Wisata Kuliner KhasWisata Belanja

Setelah mengagumi keindahan warisan budaya dunia, menonton pertunjukan dan icip-icip kuliner khasnya. Wisata akan terasa kurang lengkap kalau belum belanja!

Baik untuk dipakai sendiri ataupun mencari cenderamata sebagai oleh-oleh *orang kampung kalau wisata ke kota, begini nih, pasti banyak titipan oleh-oleh, walau cuma gantungan kunci :mrgreen: *. Cenderamata ini juga berfungsi sebagai ajang pamer terselubung, memberitahu secara tak langsung kalau sudah berkunjung ke daerah tersebut πŸ˜†

Nah, sebagai destinasi wisata kaum jet set, Macau tentu menyediakan surga wisata belanja *Alamak, dompet aja yang harus di pertebal atau CC yang dibuat unlimited ya πŸ˜› *

Salah satunya yang terkenal adalah Shoppes Grand Canal.

Macau Shoppes Grand CanalSebuah mal mewah dalam ruangan lebih dari 330 toko, yang menampilkan merek terkenal di dunia. Dan butik kelas atas yang menawarkan fashion, perhiasan, hadiah, aksesoris olahraga dan restoran. Selain belanja dalam nuansa romantis dan kemegahan mal, pengunjung juga dapat menikmati kejenakaan warna-warni pemain Streetmosphere, akrobat ‘patung hidup’ dan musisi saat mereka berkeliaran di streetscapes Venesia yang berkelok-kelok.

Kalau saya, yang penting sampai disana, bisa mendapatkan foto-foto suasana orang belanja dan denyut kehidupan disekitar dari hasil jepret sendiri, sudah merupakan kepuasan tersendiri *khas Indonesia banget ya πŸ˜† *

Bagaimana dengan kamu sobat, penasaran juga dengan Macau kan? Kunjungi aja link Macau Government Tourist Office (MGTO) ya πŸ˜‰ .

Artikel ini diikutkan dalam lomba blog kerjasama Macau Government Tourist Office (MGTO) dan Portal VIVA.co.id dengan tema “Why Macau“.

***

SumberΒ  bahan tulisan dan foto :
http://en.wikipedia.org/wiki/Macau
http://id.macautourism.gov.mo/

Iklan