Catatan Tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Catatan Tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan mungkin sudah sering di lihat dan di baca. Karena dari dulu jeruk nipis sudah menjadi bagian dari kehidupan di masyarakat, digunakan sebagai ramuan tradisional dalam kesehatan maupun kecantikan.

Jeruk nipis sangat akrab dengan para emak dan dapur. Apalagi kalau mau memasak ikan, untuk menghilangkan bau amis, pengganti jeruk lemon. Juga memberikan cita rasa khas kepada masakan olahan ikan tersebut.

Jeruk nipis termasuk tanaman perdu. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah perasan isi buahnya, yang berasa asam dan agak sedikit pahit. Banyak mengandung vitamin C.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan :

Dari dulu jeruk nipis sudah dipercaya secara turun temurun di kampung saya, dari mulut kemulut. Bisa mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, meredakan batuk, radang tenggorokan, bibir pecah-pecah dan sariawan. Ramuan yang sudah terkenal untuk mengatasi penyakit tenggorokan tersebut adalah meminum campuran kecap dan jeruk nipis.

Biasanya kalau sudah merasakan badan agak lemas ga jelas, saya suka minum perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, tanpa tambahan yang lain. Tingkat rasa asamnya tergantung kondisi badan, kalau terlalu asam, kan ga bakal kuat meminumnya 😛 . Apabila di minum menjelang tidur, pagi harinya badan menjadi segar dan enakan.

Setelah baca-baca ternyata badan bisa menjadi berasa enakan itu, karena jeruk nipis mengandung asam folat, yang sangat baik untuk proses metabolisme tubuh.

Jeruk nipis juga banyak mengandung antioksidan semacam zat aktif yang dikenal dengan nama naringenin yang dapat mempertahankan berat badan ideal dan meningkatkan insulin dalam darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jeruk NipisManfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan :

Ini juga sudah di kenal lama. Bahkan banyak produk-produk kecantikan seperti sampho ataupun krim pemutif kulit yang memanfaatkan si jeruk nipis ini.

Kalau saya pertama kali bersentuhan dengan jeruk nipis ini untuk urusan kecantikan sebagai pembersih kuku.

Dulu di rumah orangtua punya pohonnya, kalau sudah berbuah, sangat banyak dan ga pernah berhenti, tinggal metik. Waktu itu belum tau sih kalau nih jeruk memang dimanfaatkan orang untuk kecantikan. Pokoknya kuku kalau di bersihkan dengan ini jeruk jadi bersih dan berkilau.

Kemudian sebelum keramas, kalau rambut di olesin dulu dengan perasan air jeruk nipis, didiamkan sampai  kering. Rambut terasa agak kaku. Tapi begitu sudah di keramasin, rasa gatal di kepala hilang dan rambut terasa lembut dan bercahaya. Serasa jadi bintang iklan sampho dah *anak kampung pemimpi* 😛 .

Yang namanya anak kampung, tempat bermainnya kalau ga lapangan, ya pematang sawah dan sungai. Selalu ceria, tetapi kulit jadi kering, seperti bersisik dan kalau di garuk meninggalkan garis-garis putih. Mungkin campuran daki dan kulit mati yang sudah menumpuk ya 🙄 . Tak mengenal krim pelembab. Cara mengatasinya cukup dengan mengoleskan air jeruk nipis ke kulit wajah, tangan dan kaki. Setelah di diamkan 10-15 menit baru kemudian di bilas bersih dengan air.

Kalau ada anak perawan yang bau badannya kurang enak. Para orangtua langsung menyarankan untuk menggunakan ramuan kapur sirih di campur jeruk nipis untuk dioleskan ke ketiak. Beberapa kali pemakaian, bau badan tak sedap itu perlahan berkurang.

Kalau ada yang wajahnya ingin kelihatan ‘putih’, tinggal memakai masker dari campuran putih telur dan air jeruk nipis ini. Setelah di diamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat. Terakhir di siram dengan air dingin. Wajah dipercaya akan terlihat lebih bersinar.

Ternyata jeruk nipis yang sangat baik untuk kulit itu karena pengaruh kandungan vitamin C dan mineral lain yang ada dalam jeruk nipis.

Apakah sobat juga pernah memanfaatkan jeruk nipis dalam kehidupan sehari-harinya?

Iklan